Pengertian sejarah menurut para ahli

Pengertian sejarah menurut para ahli

Pengertian Sejarah

Secara umum sejarah dapat diartikan sebagai asal-usul, cerita, ataupun peristiwa yang terjadi pada waktu lampau.

Peristiwa yang dimaksud adalah peristiwa yang benar-benar terjadi dan berdasarkan secara fakta.

Biasanya dalam sejarah kejadian di masa lampau diceritakan dan diuraikan secara rinci, agar orang-orang bisa membayangkan kejadian dengan benar-benar jelas.

Berdasarkan pengertian sejarah tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa sejarah dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai kejadian di masa lampau.

Hal ini dikarenakan uraian pada sejarah sudah bisa membuat Anda membayangkan dan merasakan apa yang pernah terjadi di zaman lampau.

  • Herodotus

Herodotus adalah ahli sejarah pertama dunia yang berkebangsaan Yunani. Herodotus adalah The Father of History atau Bapak Sejarah.

Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibarkan oleh keadaan manusia.

  • Roeslan Abdulgani

Sejarah adalah salah satu bidang ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta segala kejadian-kejadiannya.

Dengan maksud untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan atau pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres masa depan.

Ilmu sejarah ibarat penglihatan tiga dimensi yaitu penglihatan ke masa silam, ke masa sekarang dan masa yang akan datang.

Dalam penyelidikan masa silam tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan-kenyataan masa sekarang yang sedang dihadapi dan sedikit banyak tidak dapat melepaskan diri dari perspektif masa depan.

  • Moh Yamin

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.

  • Thomas Carlyle

Sejarah adalah peristiwa masa lampau yang memelajari biografi orang-orang terkenal. Mereka adalah penyelamat pada zamannya. Mereka merupakan orang-orang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah.

  • Ibnu Khaldun

Sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

  • R Moh Ali

Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian di masa lampau.

Sejarah adalah kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia, yaitu menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia.

Sejarah yaitu cerita yang tersusun secara sistematis (teratur dan rapi).

Perumusan sejarah

Untuk mengungkap kehidupan manusia masa lampau, perumusan sejarah melalui enam pertanyaan, yaitu:

  1. What (apa) yang menunjuk kepada peristiwa yang terjadi pada masa lampau.
  2. Who (siapa) yang menunjuk tentang tokoh atau orang yang terlibat dalam peristiwa.
  3. When (kapan) yang menunjuk waktu terjadinya persitiwa tersebut.
  4. Where (di mana) yang menunjuk kepada tempat peristiwa terjadi.
  5. How (bagaimana) yang menunjuk kepada proses terjadinya peristiwa tersebut.
  6. Why (mengapa) yang menunjuk kepada keterkaitan sebab akibat peristiwa tersebut.

Advertisement

Pengertian sejarah menurut para ahli | Moh Nurrofiq | 4.5

Leave a Reply