Cara menghitung weton

Cara menghitung weton

calculator weton | weton jodoh ketemu 25 | aplikasi hitungan weton | weton jodoh menurut islam | weton rejeki | arti weton – cara menghitung weton bisa dilakukan dengan menjumlahkan nilai dari hari dan pasaran yang dimiliki orang, pada weton kelahirannya. Contohnya, jika seseorang mempunyai weton Sabtu Kliwon, maka tinggal menjumlahkan nilai 9 dari hari Sabtu dan nilai 8 dari pasaran Kliwon.

Hitungan Weton dengan Neptu – Bagi orang jawa , istilah neptu sudah tidak asing lagi. Neptu sendiri merupakan sebuah besaran nilai hari pasaran jawa atau besaran nilai hari lahir seseorang yang dapat dijumlahkan dan dihitung. Untuk menghitung weton jodoh biasanya menggunakan pedoman neptu tersebut.

Hari lahir seseorang sama dengan istilah hari yang pada umumnya kita pakai didalam kehidupan sehari-hari, seperti Senin, Selasa, Rabu dan seterusnya sampai dengan hari Sabtu. Sedangkan hari pasaran jawa dalam masyarakat jawa seperti, pon , kliwon, legi, pahing dan wage. Penjumlahan antara hari lahir dan hari pasaran jawa inilah yang sering disebut dengan weton jawa.

Langkah menghitung  weton dengan jumlah neptu :

1. Tentukan nilai (neptu) hari kelahiran dan hari pasaran jawa kedua calon mempelai

Misalnya, calon mempelai wanita lahir dihari Selasa dengan pasaran pon disebut memiliki weton Selasa Pon. Maka nilai hari lahir selasa yaitu (3) dengan nilai pasaran pon yaitu (7). Dari penjumlahan tersebut diperoleh neptu weton jawa sebesar 10.

Sedangkan calon mempelai pria lahir pada hari Sabtu dengan pasaran Kliwon disebut memiliki weton Sabtu Kliwon. Maka nilai hari lahir sabtu yaitu (9) dengan nilai pasaran kliwon yaitu (8). Dari penjumlahan tersebut diperoleh neptu weton jawa sebesar 17.

2. Jumlahkan neptu kedua calon mempelai

Weton rabu pon             = 10

Weton Sabtu Kliwon       = 17

Berarti jumlah weton      = 27

3. Hasil dari penjumlahan weton

1 PEGAT 19 JODOH
2 RATU 20 TOPO
3 JODOH 21 TINARI
4 TOPO 22 PADU
5 TINARI 23 SUJANAN
6 PADU 24 PESTHI
7 SUJANAN 25 PEGAT
8 PESTHI 26 RATU
9 PEGAT 27 JODOH
10 RATU 28 TOPO
11 JODOH 29 TINARI
12 TOPO 30 PADU
13 TINARI 31 SUJANAN
14 PADU 32 PESTHI
15 SUJANAN 33 PEGAT
16 PESTHI 34 RATU
17 PEGAT 35 JODOH
18 RATU 36 TOPO

Berarti hasil penjumlahan weton = 27 adalah jodoh.

Cara menghitung weton jodoh adalah cara tradisional ala primbon Jawa yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui kecocokanmu dan pasangan hanya dari tanggal lahir. Istilah weton dalam primbon Jawa bukanlah sesuatu yang asing dan bahkan dipercaya banyak manfaatnya.

Weton seringkali dijadikan patokan untuk menimbang masalah rezeki, karir, hingga karakter. Perhitungan weton sendiri diadaptasi dari kalender Jawa yang menggunakan dua sistem penanggalan. Pertama yaitu penanggalan kalender Islam yang terdiri dari tujuh hari dari hari Minggu hingga Sabtu. Kemudian ditambah dengan lima hari penanggalan pasaran Jawa atau pancawarna yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Advertisement

Cara menghitung weton | Moh Nurrofiq | 4.5

Leave a Reply