Tata Cara Tayamum (Lengkap) + Niat Beserta Artinya

Tata Cara Tayamum (Lengkap) + Niat Beserta Artinya

Tata cara tayamum yang benar adalah yang sesuai dengan syariat yang diajarkan oleh Nabi, yaitu mematuhi dari syarat, niat, tata cara, hingga hal-hal yang disunahkan dalam tayamum berdasarkan syariat islam.

Tayamum adalah cara yang dilakukan untuk menghilangkan hadas kecil ataupun hadas besar sebagai penganti wudhu tanpa menggunakan air sebab keadaan mendesak.

Keadaan mendesak disini bermaksud bahwa orang islam yang diperbolehkan melakukan tayamum hanyalah orang yang sulit menemukan keberadaan air. Sebaliknya, orang yang masih bisa kemungkinan menemukan sumber air tidak boleh melakukan tayamum.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tayamum digunakan sebagai penganti wudhu atau mandi wajib. Dimana wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat untuk mensucikan diri dari hadas kecil maupun hadas besar.

Hukum Tayamum di Tembok atau Dinding – Namun jika dirasakan sulit mendapatkan debu atau tanah untuk bertayamum, maka tidak mengapa bertayamum di dinding atau tembok. Yakni menepuk dinding atau tembok tersebut dengan kedua telapak tangan, lalu setelah itu mengusap wajah dan kedua telapak tangannya.

Tata cara tayamum

Tata cara tayamum: membaca niat tayamum, lalu menepuk kedua tangan pada area yang suci. Kemudian mengusap wajah serta tepukan kedua untuk mengusap tangan. Apabila orang yang sakit tidak mampu melakukan tayamum dan wudhu, dapat dibantu ditayamumkan oleh orang lain.

Tata cara mengerjakan tayamum sebagai berikut:

  1. Menyiapkan tanah berdebu atau debu yang bersih
  2. Menepukkan kedua telapak tangan ke permukaan tanah dengan sekali pukulan
  3. Mengusapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah disertai dengan niat tayamum dalam hati atau diucapkan dengan surah pelan
  4. Setelah itu, menyapu punggung telapak tangan dengan tangan kiri dan sebaliknya sapu punggung telapak kiri dengan tangan kanan.
  5. Semua usapan baik saat mengusap punggung telapak tangan dan wajah dilakukan sekali usapan saja
  6. Bagian tangan yang diusap sampai pergelangan tangan saja, tidak sama seperti wudhu yang mana dibasuh sampai siku.

Apakah tayamum hanya untuk sekali shalat?
Satu kali tayamum untuk satu kali sholat fardhu. Bersuci dengan tayamum memiliki enam rukun, yakni niat dalam hati, mengusap wajah, mengusap kedua tangan, dan tertib. Berbeda dengan wudhu yang memiliki enam rukun.

Ulama Hanafiyah dan Malikiyah berpendapat bahwa tidak harus menggunakan tanah berdebu, melainkan semua benda di permukaan bumi boleh juga digunakan untuk tayamum, baik berupa tanah, batu, kerikil, pasir dan lain sebagainya.

Meskipun dalam tayammum tersebut niat untuk shalat fardhu dan tidak berniat tayammum untuk shalat sunnah, maka dipebolehkan melakukan sholat sunah, baik sunah qobliyah maupun ba’diyah

Advertisement

Tata Cara Tayamum (Lengkap) + Niat Beserta Artinya | Moh Nurrofiq | 4.5

Leave a Reply