Ibu Hamil Harus Teliti Dengan Obat Antibiotik

Ibu Hamil Harus Teliti Dengan Obat Antibiotik Ibu Hamil

Okein.com Orang yang sudah menikah, kebanyakan wanita akan hamil karena sudah melakukan hubungan intim. Ketika kehamilan datang wanita harus berhati-hati dalam melakukan kegiatan apapun.

Wanita yang sedang hamil harus dan tetap selalu menjaga janin yang dikandung. Wanita yang menjaga kehamilan selalu berhati-hati dan memperhatikan makanan apapun yang dikonsumsinya. Tidak hanya makanan saja tapi juga banyak wanita yang sedang hamil mengkonsumsi obat-obatan.

Contohnya jika suatu saat serangan bakteri berupa penyakit infeksi saluran kemih(IK) datang.. Untuk mengobati ISK, umumnya wanita memilih untuk mengonsumsi obat antibiotik.

Ketika mengonsumsi obat antibiotik, wanita hamil haruslah berhati-hati. Karena menurut penelitian banyak yang menemukan bahwa di beberapa obat antibiotik bisa meningkatkan risiko keguguran pada awal kehamilan
Ada 5 jenis antibiotik membahayan seperti makrooksida, kuinolon, tetrasiklin, sulfonamida dan metronidazol akan menimbulkan risiko keguguran di awal kehamilan, terutama usia kehamilan di bawah 14 minggu.

Selain dikaitkan dengan risiko kelahiran prematur atau berat lahir rendah, penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi obat antibiotik bisa meningkatkan risiko keguguran hingga 60%,

Dengan demikian tidak semua obat antibiotik membahayakan. Sebagai contoh, penisilin termasuk ampisilin, amoksisilin, dan Augmentin cukup aman dikonsumsi sebagai obat ISK bagi wanita hamil
Sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan kehamilannya untuk tidak mengkonsumsi obat sembarangan Termasuk antibiotik, jika ingin mengkonsumsi obat apapun cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter, karena jika salah mengkonsumsi akan dapat membahayakan janin dan ibunya. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Ibu Hamil Harus Teliti Dengan Obat Antibiotik | Luluk Ismawati | 4.5

Leave a Reply