Fisika: Aki (ACU) yang dapat menciptakan arus listrik

Fisika: Aki (ACU) yang dapat menciptakan arus listrik

Aki memiliki bentuk seperti bak kecil dan terbuat dari karet yang keras atau plastik. Bak kecil ini berisi larutan asam sulfat encer.

Di dalam bak terdapat dua kerangka timbal yang berlubang-lubang sebagai kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif dilapisi timbal-peroksda berwarna coklat, sedangkan kutub-kutub positif dan negatif aki bermacam-macam, misalnya 6Volt dan 9 Volt.
Ketika aki dipakai untuk mengalirkan arus, energi kimia yang terkandung di dalamnya berubah menjadi energi listrik. Lapisan timbal dan timbal-peroksida sedikit demi sedikit berubah menjadi timbal-sulfat. Akibatnya, kemampuan aki untuk menghasilkan energi listrik berkurang.

Supaya aki dapat menghasilkan energi listrik dengan baik, energi aki harus dipulihkan kembali dengan menyetrumnya, Caranya yaitu dengan mengalirkan arus listrik searah dari sumber arus yang lain. Arus berlawanan dengan arah arus yang dihasilkan akai.
Timbal-Sulfat akan berubah kembali menjadi timbal dan timbal-peroksida.
Ketika aki memberikan arus listrik, energi kimia berubah menjadi energi listrik. Ketika aki disetrum atau diisi, energi listrik berubah menjadi energi kimia.

Advertisement

Fisika: Aki (ACU) yang dapat menciptakan arus listrik | Sri Widayati | 4.5

Leave a Reply