Karakter anak dipengaruhi interaksi orangtua

Karakter anak dipengaruhi interaksi orangtua

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menilai, pola interaksi dan pendidikan orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pencapaian anak di sekolah.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemendikbud Sukiman mengatakan, dari hasil penelitian Bank Dunia di 50 Kabupaten di Indonesia menunjukan interaksi keluarga akan membentuk karakter anak di usia dini.

“Perkembangan anak sangatlah dipengaruhi oleh pola interaksi orang tua, jadi tidak hanya pendidikan formal tapi peran orang tua lah yang utama,” ujar Sukirman.

Untuk mengembangkan pemahaman masyarakat, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) mengajak masyarakat untuk aktif mengikuti lomba menulis.
“Tema tahun ini penguatan keluarga dalam pendidikan anak, seperti lomba yang sudah pernah terlaksanakan,” imbuh Sukirman.

Lomba tersebut dapat diikuti oleh berbagai kalangan dan profesi. Termasuk jurnalis pengamat maupun masyarakat umum. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter dan potensi anak melalui lomba yang akan di laksanakan.

Advertisement

Karakter anak dipengaruhi interaksi orangtua | Rizka Nurul Karimah | 4.5

Leave a Reply