Efek Samping Mengkonsumsi Jus Buah Nanas

Advertisement

Nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brasil. Di lndonesia, nanas biasanya ditanam di perkebunan dan untuk diambil buahnya. Subang merupakan daerah penghasil nanas terbesar di lndonesia. Buah nanas selain di makan secara langsung, bisa juga diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula, dibuat selai, atau dibuat sirop. Selain bermanfaat sebagai makanan, buah nanas juga berkhasiat sebagai obat tradisional. Selain itu, kandungan vitamin seperti vitamin C dan mineralnya sangat baik untuk kesehatan.
Meskipun memiliki rasa yang agak asam dan ada sensasi menyengat di lidah, buah yang satu ini tidak ketinggalan penggemar. Bahkan bukan hanya dimakan sebagai buah, nanas juga kerap diolah menjadi masakan atau selai.

Khasiat buah nanas antara lain mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencernakan makanan di lambung, anti-radang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit, (agregasi platelet), dan mempunyai aktifitas fibrinolitik. Buah muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar.

Khasiat & Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan :
1. Membantu Pencernaan dan Mempercepat Penyembuhan :
Buah nanas kaya akan enzim bromelain yang berguna untuk melegakan tenggorokan dan membantu pencernaan. Enzim bromelain mencerna protein didalam makanan dan menyiapkannya agar mudah diserap tubuh. Bromelain membantu proses penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan atau peradangan di dalam tubuh. Nanas adalah pilihan yang baik bagi pasien sebelum dan sesudah menjalani operasi.

2. Berfungsi Sebagai Pembersih :
Nanas bersifat membersihkan. Enzim bromelain membantu membersihkan tubuh dan mengimbangi kadar keasaman dalam darah. Nanas menaikkan kadar basa darah dan membantu meringankan penyakit edema dengan cara mengurangi air berlebih di dalam tubuh. Nanas adalah salah satu dari beberapa buah yang mempunyai kandungan aspartic acid yang cukup tinggi. Asam aspartic berfungsi sebagai asam amino di dalam tubuh kita sehingga membantu proses metabolisme tubuh. Asam ini juga membantu membuang asam ammonia di dalam tubuh. Amonia adalah racun yang berbahaya bagi system syaraf pusat.

3. Memperkuat system imun dalam tubuh, memperkuat otot jantung dan memperlambat penuaan dini :
Nanas mempunyai asam amino esensial dan non-esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi. Zat valine dan leucine yang terdapat di dalam nanas juga dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Zat ini termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita. Zat amino non-esensial, proline, penting untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon serta menguatkan otot jantung. Selain itu, nanas mengandung cystine yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita. Cystine juga membantu memperlambat proses penuaan dini.

4. Dapat Meningkatkan Protein Dalam Tubuh dan Mengurangi Dehidrasi :
Mengkonsumsi sari buah nanas akan meningkatkan protein dalam tubuh. Nanas Juga bisa mengurangi dehidrasi. Buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A (Retinol) masing-mqsing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram. Vitamin C dan A tersebut memiliki aktivitas sebagai anti-oksidan yang mampu menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang diyakini sebagai provokator berbagai penyakit.

5. Mengurangi Stress :
Menurut penelitian yang dilakukan Wen danWroslstad dari Jurusan ilmu dan Teknologi Pangan, Oregon State University (2002), sari buah nanas ternyata memiliki kandungan serotonin sekitar 1,7 miligram – 3,15 miligram per 100 gram. Serotonin ini selain berperan mencegah kanker juga dapat mengurangi stres. Dengan mengosumsi buah nanas 200 gram setiap hari secara teratur selama beberapa minggu, tubuh memperoleh manfaat ganda.
Selain vitamin C sekitar 60 miligram terpenuhi, tubuh akan mengalami rileksasi (terhindar dari strees) karena turunnya kadar kolesterol darah sebesar 10 persen.
6. Mengangkat Sel Kulit Mati :
Buah dan daun nanas ternyata bermanfaat untuk membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement). Enzim dalam daun dan buah nanas ternyata dapat membuat jaringan yang terkena luka bakar sehat kembali.

7. Menurunkan Berat Badan :
Buah nanas ternyata dapat melangsingkan tubuh dan cukup baik digunakan untuk program diet. Caranya adalah sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci bersih. Potong seperlunya lalu dijus atau diparut, kemudian peras airnya. Minum perasan air ini tanpa campuran apapun, lakukan dua kali sehari.

8. Dapat Mengobati Radang Tenggorokan :
Sediakan dua buah nanas masak. Kupas kulitnya, cuci sampai bersih, potong seperlunya, dijus atau diparut, peras airnya, minum 3 kali sehari masing-masing 1/3 bagian.

9. Mengobati Rasa Kembung Perut :
Minum jus nanas sekitar 30 menit sebelum makan, lakukan 3 kali sehari masing-masing sebanyak setengah gelas (150 cc)

10. Menyembuhkan Radang Kutit :
Sediakan l buah nanas yang sudah masak, kupas, cuci bersih, lalu parut. Gosokan parutan nanas pada bagian kulit yang sakit, lakukan pada malam hari menjelang tidur, biarkan semalaman, dan cuci keesokan harinya.

11. Mengatasi Ketombe :
Sediakan setengah buah nanas yang sudah masak, kupas kulitnya, parut, peras lalu saring, tambahkan perasan 1 jeruk nipis ke dalam perasan nanas tadi, aduk rata, kemudian gosok pada kulit kepala, lakukan sebelum tidur, dan keramas keesokan harinya.
Cara lainnya: Kupas lalu parutlah satu buah nanas muda, kemudian lumatkan 12 helai daun galing dan campurkan kedua bahan itu. Selanjutnya, diamkan bahan itu selama dua jam, lalu saringlah dengan kain. Gunakan ramuan ini untuk membilas saat keramas.

12. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Salah satu cara untuk mencegah naiknya tekanan darah adalah dengan memperbanyak konsumsi kalium dengan sedikit tambahan konsumsi natrium. Dan nanas adalah pilihan tepat karena 1 cup nanas mengandung 1 mg natrium dan 195 mg kalium.

13. Kaya Vitamin C
Nanas merupakan salah satu sumber vitamin C alami. Kandungan vitamin C dalam nanas ini akan menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi tubuh terhindar dari berbagai macam serangan penyakit berbahaya.

14. Menjaga Kesehatan Gigi
Masih menjadi salah satu kelebihan vitamin C, yaitu mampu mencegah timbulnya plak pada gigi dan melindungi gusi dari berbagai penyakit.

15. Melancarkan Pencernaan
Karena nanas kaya akan serat, maka dengan mengkonsumsinya berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit bisa diatasi.

16. Menjaga Kesehatan Kulit
Nanas mengandung enzim yang membantu menjaga keelastisan kulit, menjaga kelembaban kulit, dan membantu mengangkat sel kulit mati. Enzim tersebut juga dapat menangkal radikal bebas serta menyamarkan noda kehitaman pada kulit.

Efek Samping Buah Nanas

1. Dapat Merusak kandungan :
Nanas muda berpotensi sebagai abortivum alau sejenis obat yang dapat merusak kandungan. Oleh karena itu, nanas sering digunakan untuk mengatasi haid yang terlambat. Wanita hamil disarankan
untuk tidak mengkonsumsi nanasmuda.

2. Memicu Rematik :
Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. lni bisa memicu kekambuhan rematik. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.

3. Meningkatkan Gula Darah :
Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

Advertisement

Efek Samping Mengkonsumsi Jus Buah Nanas | Moh Nurrofiq | 4.5

Leave a Reply