Golongan Darah Non O Berisiko Terkena Serangan Jantung

Advertisement

Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang yang dikarunia dengan otak yang pandai. Manusia juga memiliki banyak organ yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan banyak aktivitas. Di dalam tubuh manusia juga memiliki darah yang mengalir. Golongan darah di setiap orang akan memiliki banyak perbedaan.

Golongan darah manusia identik dengan masing-masing individu. Golongan darah dapat memiliki fungsi yang dapat mendeteksi sifat masing-masing orang yang berbeda. Golongan darah memiliki kemampuan untuk memprediksi penyakit yang akan datang. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan di University Medical Centre Groningen, Belanda menemukan bahwa mereka yang bergolongan darah non golongan darah O memiliki risiko tinggi untuk terkena serangan jantung karena penyakit kardiovaskular.

Golongan darah yang dimiliki manusia banyak terdapat erbedaan. Mereka yang memiliki golongan darah non O seperti golongan darah A, B, atau AB berisiko 9% lebih tinggi untuk menderita serangan jantung dan kematian karena penyakit kardiovaskular.
Peneliti menemukan dan menunjukkan bahwa golongan darah O memiliki konsentrasi von Willebrand (protein pembekuan darah yang berhubungan dengan sifat trombotik) lebih tinggi dibandingkan golongan darah lain.

ÔÇťOrang yang lahir dengan golongan darah A diketahui memiliki tingkat kolesterol yang lebih tinggi. Mereka yang bergolongan darah non O juga memiliki galectin 3 (protein yang berkaitan dengan inflamasi dalam tubuh) lebih banyak. Hal tersebut yang kemudian meningkatkan risiko penyakit jantung, terutama infark miokard,” ungkap Tessa Kole, penulis utama penelitian ini.

Selain golongan darah, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab tingginya risiko penyakit jantung. Faktor tersebut meliputi kandungan kolesterol darah, usia, jenis kelamin, dan tekanan darah sistolik.
Kebanyakan orang yang memiliki penyakit jantung jika kaget akan menyebabkan kematian. Karena rasa kaget tersebut mampu menyerang jantung dan manusia akan merasa sangat kesakitan. Sakit yang menyerang jantung secara tiba-tiba akan dapat menyebabkan kematian.

Advertisement

Golongan Darah Non O Berisiko Terkena Serangan Jantung | Luluk Ismawati | 4.5

Leave a Reply