7 Kebiasaan Buruk Yang Akan Membuat Gigi Anda Rusak

Advertisement

Semua orang memiliki mulut yang indah. Jika orang tersebut tersenyum akan menambahkan sebuah pesona yang sangat menawan. Orang yang tersenyum akan lebih terlihat cantik. Senyum akan terlihat cantik jika gigi yang kuat dan gusi yang sehat tersebut dapat terlihat.

Banyak orang yang menyukai senyuman dengan menunjukan sebuah gigi dan gusi. Dengan menunjukan dua hal tersebut orang akan terlihat sangat bahagis ketika tersenyum. Jika gigi dan gusi berwarna coklat atau tidak bersih akan membuat orang jijik untuk melihatnya, karena terlihat kotor.

Untuk mendapatkan gigi putih sikat gigi saja tidak cukup. Jika anda ingin gigi putih dan gusi bersih maka anda harus rutin berkumur dan harus tetap rajin berkumur dengan moutwash. Dengan kegiatan tersebut juga akan membuat nafas anda menjadi segar. Bayangkan jika gigi putih tapi tidak segar, hal tersebut juga akan mempengaruhi senyuman dan pandangan seseorang.

Hindari Kebiasaan Buruk Agar gigi tetap sehat dan cantik

1. Menggunakan sikat gigi lama
Menggosok gigi dengan sikat gigi yang sudah lama umurnya adalah kebiasaan buruk yang paling umum dilakukan. Sebaiknya anda segera mengganti sikat gigi setelah lebih dari 3 bulan pemakaian. Sebab sikat gigi tua memiliki bulu yang lusuh dan tidak efektif digunakan untuk membersihkan gigi. Sikat yang sudah lama tidak dapat menggosok kotoran di gigi dengan bersih.

2. Terlalu cepat menggosok gigi
Selain teknik dalam menggosok gigi, anda juga harus memperhatikan durasi menggosok gigi. Anda disarankan untuk menggosok gigi setidaknya selama 3 menit agar proses pembersihan berlangsung lebih maksimal.

3. Terlalu sering menggosok gigi
Menggosok gigi terlalu sering ternyata juga berbahaya. Sebab tindakan yang berlebihan ini akan menyebabkan erosi pada enamel gigi. Cobalah untuk sikat gigi dengan 3x saja.

4. Tidak membersihkan lidah
Lidah adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kesehatan gigi. Kebanyakan orang melewatkan untuk membersihkan lidah ketika menggosok gigi mereka. Padahal lidah yang jarang dibersihkan akan membuat kuman menumpuk yang akhirnya bisa membuat gigi berlubang dan napas bau.

5. Berlebihan konsumsi cuka apel
Cuka apel memiliki manfaat luar biasa yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Sebab minum cuka apel akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Namun kandungan asam asetat dalam cuka apel akan menyebabkan erosi email gigi yang membuat sensitivitas gigi menjadi lebih lemah.

6. Merokok
Merokok tidak hanya merugikan paru-paru, jantung, serta sistem kardiovaskular saja. Merokok juga dapat menyebabkan masalah gigi dan gusi seperti resesi gusi, gigi keropos, dan kekuatan gigi berkurang. Oleh karena itu hentikan kebiasaan merokok jika kamu ingin punya gigi kuat dan sehat.

7. Kurang mengonsumsi kalsium dan vitamin D
Mineral sangatlah penting untuk mendukung kesehatan gigi dan gusi. Sehingga penuhi kebutuhan mineral seperti kalsium dan vitamin D.

Jangan lupa untuk tetap merawat gigi dengan teratur Jika gigi rusak akan membuat penampilan anda menjadi tidak semenawan dulu lagi. Hindari dan jagalah sebelum banyak gangguan akan menempel pada gigi dan akan merugikan anda. Jika ada masalah gigi cobalah untuk cepat pergi dan berkonsultasi pada dokter gigi.

Advertisement

7 Kebiasaan Buruk Yang Akan Membuat Gigi Anda Rusak | Luluk Ismawati | 4.5

Leave a Reply