5 Penyebab Urine Berwarna Gelap, Ini Penting!!

Advertisement

Pengertian Urine
Urine merupakan sebuah cairan yang dikeluarkan manusia. Urine akan mempengaruhi sebuah kondisi kesehatan. Ada dua warna urine yang dikeluarkan manusia, urine dengan warna gelap dan urine dengan warna terang.

Urine yang terdapat pada tubuh manusia tidak dikeluarkan juga akan membahayakan. Jika urine anda berwarna gelap segeralah minum banyak air putih dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Sebaiknya rajinlah untuk minum air putih, karena air putih sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan agar warna urine juga tidak berwarna gelap. Jangan biarkan tubuh anda mengalami dehidrasi. Selain dehidrasi ada banyak penyebab yang akan membuat warna urine menjadi gelap.

5 Penyebab Warna urine berwarna gelap

Anda banyak mengkonsumsi makanan seperti blackberry, bit, atau wortel, atau makanan lainnya yang berwarna pekat akan membuat warna urine berubah. Jika anda baru saja mengkonsumsi makanan tersebut, maka jangan kaget jika sedang pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil urine anda berwarna gelap.

Obat antibiotik atau obat pencahar dapat membuat warna urine jadi gelap. Dan jika mengkonsumsi suplemen vitamin B akan membuat urine berubah warna menjadi terang.

Urine yang berwarna gelap juga dapat terjadi karena masalah kesehatan atau penyakit hati seperti hepatitis, sirosis, atau penyakit hati lainnya. Jika terus menerus cobalah untuk berkonsultasi pada dokter.

Ketika anda mengalami masalah di perut dan ini karena kantung atau batu empedu, maka urine dapat berubah warna menjadi gelap.

Kanker yang terjadi di kantung empedu atau pankreas akan menyebabkan urine berwarna gelap.

Ada banyak penyebab yang akan membuat urine anda berubah warna menjadi gelap. Jika urine terus-menerus berwarna gelap segeralah untuk pergi ke dokter. Dengan adanya penjelasan dari dokter anda dapat mengethui bahwa kejadian tersebut berbahaya atau tidak.

Kesehatan manusia merupakan hal yang paling utama, karena jika sudah sakit akan membuat anda tidak dapat melakukan apa-apa. Sakit hanya akan menyiksa anda. Sebaiknya ingatlah pepatah”Sedia payung sebelum hujan”. Semoga bermanfaat.

Advertisement

5 Penyebab Urine Berwarna Gelap, Ini Penting!! | Luluk Ismawati | 4.5

Leave a Reply