Rahasia Olahraga Sehat Adalah Perut Kosong, Ini Alasannya!

Advertisement

Olahraga merupakan hal yang wajib bagi semua orang untuk tetap menjaga kesehatan dalam tubuh. Banyak orang yang melakukan olahraga setiap hari. Dan ada pula yang berolahraga hanya ketika hari libur saja dikarenakan pekerjaan yang selalu selesai malam, tidak sempat untuk melakukan olahraga. Hidup di dunia akan memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Ada banyak oranga yang berolahraga untuk menyehatkan tubuh agar tetap kuat dan sehat. Di dunia ini ada banyak tujuan yang berbeda dalam melakukan olahraga. Ada yang melakukan olahraga untuk membuat ukuran tubuh menjadi proporsional, Jika dengan olahraga menjadi langsing akan membuat sebagian orang senang karena keinginan menurunkan berat badan sudah terkabul, dan ada juga yang bertujuan untuk membuat tubuh tetap fit dan sehat. Menjaga keseimbangan tubuh dengan tetap mengingat olahraga walaupun setiap hari bekerja dan duduk di kantor.

Haruskah makan sebelum olahraga?

Banyak berita dan mitos umum yang berpendapat bahwa makan sebelum olahraga akan membuat perut menjadi sakit, karena perut dipaksa untuk bergerak ketika masih mencerna makanan. Makan sebelum olahraga juga dipandang akan membuat program penurunan berat badan menjadi tak maksimal.

Pentingkah makan sebelum olahraga?

Penelitian dari American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism membuat penelitian dengan melibatkan 10 pria dengan berat badan berlebih yang kemudian ditugaskan untuk berjalan kaki selama 60 menit dengan perut kosong. Di kemudian hari, mereka diharuskan untuk berjalan kaki lagi, namun sebelumnya diberikan menu sarapan berkarbohidrat tinggi 2 jam sebelum olahraga.

Kemudian para pria tersebut diambil sampel darah jaringan adiposa(lemak). Setelah diperiksa para peneliti menemukan bahwa jaringan adiposa tidak terpengaruh apapun dengan gerakan ketika berolahraga. Jaringan lemak akan tetap bertambah banyak setelah anda makan walaupun setelah andaberolahraga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebaiknya anda berolahraga dengan perut yang kosong demi memaksimalkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Sebaiknya jangan makan terlebih dahulu jika anda ingin berolahraga. Karena penelitian telah mencoba mencari pembuktian dengan membuat percobaan di beberapa orang dan sudah diteliti dengan baik. Penelitian telah menemukan bahwa perut yang kosong dapat membakar lemak 20% lebih banyak. Semoga Bermanfaat.

Advertisement

Rahasia Olahraga Sehat Adalah Perut Kosong, Ini Alasannya! | Luluk Ismawati | 4.5

Leave a Reply