Pola asuh anak yang tepat

Advertisement

Image result for gambar ibu ana

Bunda, sudahkah anda memberikan pola asuh yang tepat pada anak??
Mungkin hanya segelintir orang pernah mendapat pertanyaan tersebut, namun pertanyaan tersebut adalah sebuah pertanyaan yang jika Anda menelaah lebih dalam akan susah untuk di jawab.

Pola asuh yang tepat bisa berawal dari kesiapan mental orang tua. Simak beberapa ulasan berikut untuk memberikan pola asuh tepat untuk buah hati .

1. Orang tua harus selalu ada
Orang tua adalah orang pertama yang harus menemani, menjaga dan mengasihinya. Bagi mereka orang tua adalah sebaik-baik manusia. Orang tua harus selalu bisa mendengarkan apapun yang mereka katakan.

2. Menjaga gaya bicara
Orang tua harus selalu berkata baik, benar dan tidak boleh berbohong. Apapun yang kita bicarakan, anak akan langsung merekamnya dan tertanam pada otak mereka. Jadi sekali kita berbicara bohong, anak akan langsung memfonis bahwa orang tuanya adalah seorang pembohong. Begitu juga sebaliknya, sekali kita berbicara benar dan tidak berbohong anak juga akan langsung mengingat bahwa orang tuanya bukan seorang pembohong dan selalu berkata jujur. Apapun yang kita lakukan, akan tertanam di otak anak dan akan mengikutinya. Nah, bunda masih mau berkata bohong??

3. Pendidikan agama
Pendidikan agama merupakan fondasi dasar yang kelak bisa menentukan sikap si anak, jika sejak kecil si anak sudah terbiasa dengan pendidikan agama yang tepat hal ini akan berdampak pada masa depannya. Memberikan penndidikan agama merupakan suatu kewajiban dan tanggung jawab orang tua, tapu jangan asal menasukan anak le sekolah agama tanpa mengetahui basic agama orang tua. Lingkungan juga berpengaruh terhadap berkembangan dan kejiwaan anak lho buun, jadi sebisa mengkin berikan mereka lingkungan yang mendukung tumbuh kembang dan pembangunan karakter ya bundaa.

4. Siapkan pendidikan tepat pada saat menginjak remaja
Memberikan pendidikan pada anak usia puber memang gampang-gampang susah ya bun, hal ini terjadi karena pola pemikiran mereka juga tengah berkembang apalagi di zaman globalisasi ini.
Seperti yang sudah mendarah daging, pada masa sekarang sudah banyak orang tua yang memberikan Gadget pada anak dengan akses internet yang menyebar dimana-mana, kita perlu berhati-hati dengan yang satu ini. Anak akan dengan mudah bisa mengakses situs-situs sampah yang terkadang belum mereka ketahui, dalam hal ini peran orang tua sangat di butuhkan. Orang tua tidak hanya mendampingi lalu bermain Gadget sendiri, namun orang tua harus mendampingi dan mengarahkan pada hal-hal positif. Jadi, orang tua harus lebih pandai dalam mengaplikasikan Gadget dari pada si anak.

4 hal diatas merupakan dasar dalam mengasuh buah hati ya bunda, semoga mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat ,hebat dan kelak akan berguna bagi bangsa. ?

Advertisement

Pola asuh anak yang tepat | Rizka Nurul Karimah | 4.5

Leave a Reply