Kopi!! Manfaat Dan Bahaya Pengancam Kesehatan

Advertisement

Pengertian Kopi
Kopi adalah minuman yang sangat populer dan disukai banyak orang. Kopi sudah sangat terkenal dan macam namanya sangat banyak. Kopi bila sering diminum akan tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Kopi berasal dari bahasa Turki kahveh, yang kemudian dikenal dalam bahasa Belanda sebagai kaffie, diikuti dengan bahasa Inggris dengan sebutan coffie. Bangsa Arab mengenalnya dengan qahwah, artinya kekuatan. Kemudian bahasa Indonesia membakukannya menjadi kata kopi.

Minuman kopi semakin populer, dan menarik para ahli kesehatan untuk menelitinya. Mereka mendapati bahwa kopi memiliki lebih dari 500 senyawa kimia, yang salah satunya dinamakan sebagai kafestol. Bahan kimia tersebut muncul saat bubuk kopi dituangi oleh air panas. Kafestol adalah senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia

Kafein, kandungan senyawa dalam kopi yang juga berbahaya mengakibatkan orang sulit mengendalikan emosi, hingga menjadi salah satu pemicu kanker.

Kopi sebagai penyebab penyakit maag, tukak lambung, dan tukak usus halus, dikarenakan kopi meningkatkan asam dalam lambung dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat Minum Kopi
1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer
2. Mengurangi resiko penyakit Parkinson
3. Meningkatkan Kemampuan Cognitive
4. Sebagai bahan Analgesic (mengurangi rasa sakit)
5. Sebagai bahan Anti Oksidan
6. Minum kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe dua.
7. Kopi dapat memberi keuntungan bagi kesehatan jantung,
8. Kopi dapat membantu mencegah serangan asma
9. Kopi dapat membantu mengatur maupun menanggulangi depresi
10. Kopi bubuk masak dapat menjadi sumber serat yang baik
11. Kopi dapat membuat seseorang merasa nyaman dan senang

Gejala dan Bahaya Kebanyakan Minum Kopi
1. Berdebar-debar Tak Karuan
Jantung akan terasa berdebar-debar bila terlalu banyak minum kopi, karena dalam kadar tertentu kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat di otak.
2. Urin berwarna Kuning Gelap
Kopi bersifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi karena memicu Anda untuk banyak mengeluarkan jumlah urin, sehingga mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan
3. Selalu Gelisah
petunjuk bahwa Anda telah overdosis kafein. Kafein dapat memperburuk stres dan depresi karena mengganggu zat penenang kimia pada otak yang disebut adenosin.
4. Gangguan Pencernaan
Kafein itu sendiri memang meningkatkan produksi asam di lambung.
5. Berhalusinasi
Anda kelebihan mengonsumsi kafein.
6. Sakit Kepala
campuran kafein karena dalam jumlah sedikit senyawa ini memang memiliki khasiat anti nyeri
7. Insomnia
tidak bisa tidur. Bagi remaja atau orang paruh baya, efek ini mungkin hanya akan memicu rasa lelah namun bisa berdampak serius bagi kesehatan kaum lanjut usia.
8. Keringatan
kafein merangsang sistem saraf pusat, yang mengaktifkan kelenjar keringat. Sehingga, makin tinggi kandungan kafein, makin banyak keringat yang diproduksi.

Semoga anda bisa mengontrol agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Semoga Bermanfaat bagi anda semua.

Advertisement

Kopi!! Manfaat Dan Bahaya Pengancam Kesehatan | Luluk Ismawati | 4.5

Leave a Reply