2019 Indonesia Krisis Gas Bumi? Lihatlah

Advertisement

Prediksi di Indonesia

Indonesia diprediksi akan mengalami krisis atau kekurangan pasokan gas bumi yang akan terjadi mulai 2019 mendatang. Hal ini terjadi karena sumber daya gas baru di Indonesia belum berproduksi secara maksimal seperti yang ada di Kepulauan Natuna.

Senior Vice President Gas and Power Gas Directorat Pertamina, Djohardi Angga Kusumah, mengatakan bahwa sampai saat ini konsumsi gas indonesia mencapai 3.000-3.500 mmscfd. Angka konsumsi ini naik sekitar 4 sampai 5 persen setiap tahunnya.

Gas Bumi

Gas Bumi

Penurunan pasokan gas di 2019 ini akan terjadi secara alamiah. Penyebabnya, konsumsi terus naik, sedangkan pasokan gas belum mengalami peningkatan. Kekurangan gas di tahun 2019 mendatang, di prediksi akan mencapai 500 mmscfd. Sedangkan di tahun 2030 kekurangan pasokan gas ini mencapai angka 4.000 mmscfd.

Solusi untuk menangani kurangnya pasokan gas yang akan terjadi 2 tahun mendatang ini, maka untuk memenuhinya negara harus mengimpor produksi gas dari negara lain. Jadi, impor gas ini bukan hanya mencari harga yang murah tetapi juga untuk memenuhi konsumsi gas yang terus meningkat.

Karna Gas sudah menjadi kebutuhan pokok manusia yang harus dan wajib ada. Karna dengan memakai gas manusia akan lebih ringan. Gas bumi juga dugunakan untuk produksi gas hidrogen.

Semoga Bermanfaat untuk anda semua.

Advertisement

2019 Indonesia Krisis Gas Bumi? Lihatlah | Rizka Nurul Karimah | 4.5

Leave a Reply