Bersih Pangkal Selamat, Camkan Baik-Baik!!

Advertisement

Dalam aturan beragama, sudah pasti kita sering mendengar slogan “Bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman”. Tidak bisa di pungkiri bahwa hal tersebut sangat manusiawi jika di telaah lebih dalam, dalam slogan tersebut agama mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari keimanan yang kita miliki. Ternyata hal ini juga sangat penting bagi kita untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Kebersihan dir memang sesuatu yabg utama, tapi kebersihan lingkungan juga tidak dapat lepas dari campur tangan kita. Jika kita melihat lingkungan sekitar, saat ini sudah berubah dari zaman dimana kita kecil dulu. Saat ini sampah lebih banyak berserakan dimana-mana, apalagi di sungai-sungai atau selokan. Hal ini secara tidak langsung akan menimbulkan datangnya banjir, sudah banyak kita lihat berita-berita di televisi bahwa faktor utama penyebab banjir adalah sampah yang menyumbat saluran air. Hal tersebut berawal dari ulah manusia itu sendiri dan jika sudah demikian, manusi jugakan yang di rugikan??

Untuk itulah penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dan keseimbangan alam. Sekarang ini banyak bencana alam yang terjadi di luar batas normal, seperti terjadinya badai, angin topan, tanah longsor dan lain sebagainya. Itu semua bermula dari ulah manusia yang merusak keseimbangan alam, seperti semakin mebingkatnya polusi udara, semakin banyak.ny pabrik berdiri yang tidak maksimal mengolah limbah. Hal ini akan semakin memperburuk terjadinya global warming.

Global warming sendiri adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menandai kerusakan yang terjadi di bumi. Semakin banyak populasi manusia, namun keadaan bumi bukannya bertambah baik namun hal sebaliknya yang terjadi.

Sebagai orang yang beriman marilah kita menjaga kebersihan, menjaga keaeimbangan alam. Karena ini semua memang pemberian tuhan yang harus kita jaga dan kita lestatikan. Semoga informasi diatas bisa sedikit menggerakkan hati kita untuk selalu menjaga titipan tuhan, bukankah kita di dunia hanya sementara?

Advertisement

Bersih Pangkal Selamat, Camkan Baik-Baik!! | Luluk Ismawati | 4.5

Leave a Reply