Yuk! Mengenal 8 Organ Alami Penjaga Tubuh

Advertisement

Tanpa kita sadari, tubuh juga rentan sekali terhadap gangguan virus, bakteri maupun kuman penyakit. Namun kita tidak perlu khawatir, sebab tubuh juga memiliki organ tubuh dan mekanisme alami yang bisa melindungi diri kita. Berikut adalah beberapa organ tubuh yang berfungsi menjaga tubuh dari berbagai macam ancaman penyakit.

Kulit
Kulit merupakan salah satu alat panca indra dan merupakan organ terbesar dalam tubuh yang berfungsi sebagai penghalang tubuh dari berbagai macam gangguan penyakit yang menyerang tubuh.

Lendir
Setiap anggota bagian tubuh yang terbuka dan tidak dilindungi oleh kulit, otomatis mereka memiliki selaput lendir seperti yang ada pada mulut, hidung, dan mata. Membran ini mengeluarkan bahan kimia yaitu lisozim dan protein yang reaktif untuk membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit.

Cilia
Cilia atau silia adalah susunan rambut kecil yang melapisi bagian dalam dari sistem pernafasan kita. Silia dan lendir akan menciptakan perangkap untuk menangkap kotoran penyebab penyakit.

Asam

Perut dan beberapa organ tubuh kita mengandung asam untuk membunuh virus dan kuman yang masuk kedalam tubuh.

Sel darah putih
Sel darah putih merupakan pertahanan utama dalam tubuh. Ada 3 jenis sel darah putih dalam tubuh,yang pertama adalah fagosit yanng bermanfaat sebagai penelan dan serta penghancur virus, yang kedua adalah sel pembunuh yang mampu menghancurkan sel tubuh anda yang terinfeksi oleh kuman dan bakteri.

Peradangan
Bila bagian tertentu dari tubuh kita terluka, maka luka tersebut dapat berubah menjadi merah, dan bengkak maka akan muncul peradangan. Peradangan ini membuat kita luka menjadi perhatian utama dan sistem kekebalan tubuh untuk segera disembuhkan.

Antibodi
Zat antibodi berkumpul menjadi satu hingga membentuk fagosit untuk mengenali dan membunuh sel penyakit. Semakin kuat penyakitnya, maka kebutuhan antibody juga semakain besar.

T-sel
T-sel membantu antibody dengan menggunakan sinyal kimia yang kompleks untuk memberi tahu mereka harus melakukan penyerangan dan ikut menentukanzat anti body apa yang dilakukan untuk membunuh bakteri penyebab penyakit.

Sebenarnya tubuh kita telah memiliki mekanisme pertahanan alami untuk melindungi dari penyebab penyakit. Pertahanan alami untuk melindungi dari bakteri dan virus penyebab penyakit, pertahana alami akan semakain kuat ketika kita menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat dan pola tidur yang cukup.

Advertisement

Yuk! Mengenal 8 Organ Alami Penjaga Tubuh | Rizka Nurul Karimah | 4.5

Leave a Reply