TOP News
Home » Sehat » Yuk! Mengenal 8 Organ Alami Penjaga Tubuh
8 Organ Alami Penjaga Tubuh

Yuk! Mengenal 8 Organ Alami Penjaga Tubuh

Tanpa kita sadari, tubuh juga rentan sekali terhadap gangguan virus, bakteri maupun kuman penyakit. Namun kita tidak perlu khawatir, sebab tubuh juga memiliki organ tubuh dan mekanisme alami yang bisa melindungi diri kita. Berikut adalah beberapa organ tubuh yang berfungsi menjaga tubuh dari berbagai macam ancaman penyakit.

Kulit
Kulit merupakan salah satu alat panca indra dan merupakan organ terbesar dalam tubuh yang berfungsi sebagai penghalang tubuh dari berbagai macam gangguan penyakit yang menyerang tubuh.

Lendir
Setiap anggota bagian tubuh yang terbuka dan tidak dilindungi oleh kulit, otomatis mereka memiliki selaput lendir seperti yang ada pada mulut, hidung, dan mata. Membran ini mengeluarkan bahan kimia yaitu lisozim dan protein yang reaktif untuk membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit.

Cilia
Cilia atau silia adalah susunan rambut kecil yang melapisi bagian dalam dari sistem pernafasan kita. Silia dan lendir akan menciptakan perangkap untuk menangkap kotoran penyebab penyakit.

Asam

Perut dan beberapa organ tubuh kita mengandung asam untuk membunuh virus dan kuman yang masuk kedalam tubuh.

Sel darah putih
Sel darah putih merupakan pertahanan utama dalam tubuh. Ada 3 jenis sel darah putih dalam tubuh,yang pertama adalah fagosit yanng bermanfaat sebagai penelan dan serta penghancur virus, yang kedua adalah sel pembunuh yang mampu menghancurkan sel tubuh anda yang terinfeksi oleh kuman dan bakteri.

Peradangan
Bila bagian tertentu dari tubuh kita terluka, maka luka tersebut dapat berubah menjadi merah, dan bengkak maka akan muncul peradangan. Peradangan ini membuat kita luka menjadi perhatian utama dan sistem kekebalan tubuh untuk segera disembuhkan.

Antibodi
Zat antibodi berkumpul menjadi satu hingga membentuk fagosit untuk mengenali dan membunuh sel penyakit. Semakin kuat penyakitnya, maka kebutuhan antibody juga semakain besar.

T-sel
T-sel membantu antibody dengan menggunakan sinyal kimia yang kompleks untuk memberi tahu mereka harus melakukan penyerangan dan ikut menentukanzat anti body apa yang dilakukan untuk membunuh bakteri penyebab penyakit.

Sebenarnya tubuh kita telah memiliki mekanisme pertahanan alami untuk melindungi dari penyebab penyakit. Pertahanan alami untuk melindungi dari bakteri dan virus penyebab penyakit, pertahana alami akan semakain kuat ketika kita menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat dan pola tidur yang cukup.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Air Tebu, Aman Diminum Oleh Ibu Hamil

Air Tebu, Aman Diminum Oleh Ibu Hamil

Air tebu adalah jenis minuman yang banyak dijumpai di kalangan masyarakat Indonesia. Selain menyegarkan dan manis, jarang yang tahu jika air tebu memiliki manfaat untuk kesehatan untuk ibu hamil. Berdasarkan pendapat para ahli, mengonsumsi air tebu aman diminum untuk ibu hamil selama tak memiliki gejala atau penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena air tebu banyak Read More »

Waspada Anak Sulung Beresiko Diabetes

Waspada Anak Sulung Beresiko Diabetes

okein.com – Mungkin banyak yang belum tau ternyata susunan kelahiran dalam keluarga berpengaruh pada kesehatan tiap anak, lho. Setidaknya hal inilah yang ditemukan oleh sebuah penelitian di Selandia Baru. Anak sulung diduga mengalami resiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung dan diabetes ketimbang saudaranya yang lain. Sensitivitas insulin pada si sulung 33% lebih rendah daripada Read More »

Makan Sebelum Jam Ini, Datangkan Banyak Manfaat

Makan Sebelum Jam Ini, Datangkan Banyak Manfaat

Saat ini semakin banyak saja orang yang menderita masalah yang berkaitan dengan pencernaan penyebabnya adalah pilihan makanan yang kurang sehat dan pola makan yang tidak teratur. Salah satunya adalah pola jam makan, salah satu jam makan yang rentan membahayakan kesehatan adalah jam makan malam. Terlebih ketika Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan berat sebagai menu utama Read More »

Cara Alami Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh Yang Paling Diburu

Cara Alami Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh Yang Paling Diburu

Cara membersihkan darah dari lemak berbahaya dengan minuman alami – Detoksifikasi atau sering dimaknai sebagi suatu cara untuk membersihkan tubuh terutama darah dari lemak berbahaya, racun atau radikal bebas saat ini sangat perlu dilakukan. Hal ini karena makanan, minuman, serta pola hidup sehari-hari disertai polusi dapat menimbulkan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Bahaya Read More »