TOP News
Home » Sehat » Selain Nasi, 5 Karbohidrat Ini Ternyata Sangat Menyehatkan! Mau Coba?
Karbohidrat Menyehatkan Selain Nasi

Selain Nasi, 5 Karbohidrat Ini Ternyata Sangat Menyehatkan! Mau Coba?

Sebagai orang indonesia, tentu saja nasi adalah makanan pokok. Bahkan sebagian besar orang indonesia akan sulit merasa kenyang sebelum makan nasi meskipun sudah banyak mengkonsumsi banyak makanan.

Makan nasi memang sah-sah saja, namun yang harus di perhatikan adalah takarannya. Sebab nasi mengandung banyak glukosa yang akan meningkatkan kadar gula darah dan berujung pada obesitas atau diabetes.
Sebagai makanan alternatif pengganti nasi yang tetap mempertimbangkan asupan karbohidrat, berikut adalah beberapa pilihannya.

Spagehtti squash
Spaghetti adalah jenis pasta yang paling umum, biasanya spaghetti terbuat dari gandum yang tinggi zat tepung. Nah, jika kamu seorang penggemar spaghetti namun ingin lebih sehat, kenapa kamu tidak mencoba mengkonsumsi spaghetti dari squash?
Squash adalah tumbuhan sejenis labu yang ketika di serut memnjang akan terlihat seperti spaghetti. Untuk mengolahnya kita hanya perlu tambahan minyak zaitun, rempah-rempah segar, tomat atau keju feta.

Spiralized vegetable noodles
Mi juga termasuk panganan yang terbuat dari tepung. Namun revolusi dunian pangan sehat berhasil mengganti bahan pembuat mi menjadi lebih sehat yang terbuat dari butter squash, mentimun, ubijalar, hinggan zucchini.
Untuk membuat mi sehat ini, gunakan food processor yang bisa mengubah bentuk sayuran diatas menjadi seperti mi. Tentu saja harus segera dikonsumsi stelah mengolahnya.

Roti gandum
Kamu sering mengkonsumsi roti sebagai pengganti nasi? Pilihan yang tepat adalah dengan mengkonsumsi roti gandum, roti yang terbuat dari gandum utuh lebih banyak mengandung serat dan nutrisi ketimbang roti biasa.

Kembang kol
Menggunakan nasi dari kembang kol atau biasa di sebut cauliflower rice menjadi pillihan pangannan yang sehat.
Untuk membuat nasi kembang kol, masukan kembang kol dalam food processor yang akan mengubah benruknya menjadi seperti bulir-bulir nasi. Kemudian kamu bisa menkonsumsinya dengan lauk atau sayuran lainnya.
Satu cangkir nasi kembang kol memiliki 25 kalori, sedangkan beras merah memiliki 215 kalori.

Lettuce wraps
Siapa bilang bahwa karbohidrat hanya di dapat dari makanan bertepung. Sayuran pun ternyata bisa mengenyangkan perutmu dengan cara yang tepat lho. Salah satunya adalah lettuce wraps atau cara mengkonsumsi makanan dengan cara di bungkus menggunakan selada. Selain sehat, rasanya pun menyegarkan.

Jadi makanan mana yang menjadi pilihan untuk resolusi sehatmu guys? Selamat mencoba

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Makan Sebelum Jam Ini, Datangkan Banyak Manfaat

Makan Sebelum Jam Ini, Datangkan Banyak Manfaat

Saat ini semakin banyak saja orang yang menderita masalah yang berkaitan dengan pencernaan penyebabnya adalah pilihan makanan yang kurang sehat dan pola makan yang tidak teratur. Salah satunya adalah pola jam makan, salah satu jam makan yang rentan membahayakan kesehatan adalah jam makan malam. Terlebih ketika Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan berat sebagai menu utama Read More »

Manfaat Dan Khasiat Daun Salam

Manfaat Dan Khasiat Daun Salam

okein.com – Daun salam adalah jenis rempah-rempah yang berasal dari pohon salam atau tumbuhan yang memiliki nama latin Syzygium polyanthum. Daun salam pada umumnya dimanfaatkan untuk penyedap alami dalam masakan. Hal tersebut dikarenakan daun salam memiliki aroma sedap yang khas. Tidak hanya itu, daun salam ternyata diketahui juga bermanfaat bagi kesehatan. Daun salam kaya akan Read More »

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

okein.com – Mungkin Anda sempat berpikir untuk menjadi penganut diet vegetarian dan takut akan kebutuhan protein Anda tidak terpenuhi? Mulai kini jangan takut! Pasalnya ternyata terdapat beberapa jenis sayuran yang kaya akan protein di dalamnya seperti sayuran berikut. Kacang-kacangan Kacang-kacangan adalah jenis sayuran yang kaya akan protein di baliknya. Di setiap 100 gram takaran saji, Read More »

6 Makanan Berikut Jadi Obat Asam Lambung Alami

6 Makanan Berikut Jadi Obat Asam Lambung Alami

okein.com – Bila ada yang mengalami gangguan kesehatan maag, pada umumnya akan bermasalah dengan asam lambung. Naiknya asam lambung dapat dipicu oleh berbagai alasan dan setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda. Untuk menanganinya, berikut merupakan enam makanan yang dapat meredakan asam lambung, seperti dilansir WebMD. 1. Pisang Dalam buah pisang terdapat pH 5,6 yang sangat Read More »