TOP News
Home » Sehat » Makan Sebelum Jam Ini, Datangkan Banyak Manfaat
Makan tepat waktu itu menyehatkan (img: medicaldaily.com)

Makan Sebelum Jam Ini, Datangkan Banyak Manfaat

Saat ini semakin banyak saja orang yang menderita masalah yang berkaitan dengan pencernaan penyebabnya adalah pilihan makanan yang kurang sehat dan pola makan yang tidak teratur. Salah satunya adalah pola jam makan, salah satu jam makan yang rentan membahayakan kesehatan adalah jam makan malam.

Terlebih ketika Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan berat sebagai menu utama makan malam Anda. Padahal di jam tersebut semua sistem kerja dalam tubuh akan berhenti. Karena itulah ada beberapa manfaat jika kita melakukan makan malam lebih awal yakni sebelum jam 7 malam.

Adapun beberapa manfaat yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut:
1. Menghindari naiknya asam lambung
Jika kita makan makanan berat sebelum tidur, maka kita akan merasa tidak nyaman ketika berbaring di tempat tidur. Selain itu, hal tersebut juga bisa memicu naiknya asam lambung yang berdampak menyebabkan rasa seperti terbakar di ulu hati.
Memberikan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan, makanan dalam perut akan lebih mudah dicerna ketika kita masih dalam keadaan duduk atau tidak berbaring, sebab ketika kita tidur proses pencernan makanan tidak sempurna dan hal tersebut dapat memicu timbulnya serangkaian masalah pencernaan.

2. Menghindari obesitas
Penelitian menunjukan bahwa makan malam dan obesitas adalah dua hal yang sangat berkaitan, hal ini di karenakan ketika malam hari proses pencernaan tubuh tidak bisa berjalan maksimal dan dan sistem metabolisme tubuh melambat.

3. Mengurangi kecenderungan makan berlebih
Hal ini di karenakan jarak antara makan siang dan makan malam tidak terlalu lama, sehingga kita tidak merasa terlalu lapar dan hal tersebut juga pasti berdampak pada porsi makan kita.

Tubuh sebenarnya memiliki jam alami dalam hal pencernaan, di atas jam 5 sore adalah waktu dimana tubuh mencerna makanan. Sehingga ketika kita mengkonsumsi makanan berat atau makan terlalu banyak hal tersebut akan membebani kerja sistem pencernaan dan sudah pasti kita akan mengalami masalah atau gangguan pencernaan.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Penting

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Penting

okein.com – Seperti diketahui bahwa, mangga adalah tanaman buah tahunan berupa pohon asal India kaya dengan vitamin. Tanaman ini menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mengonsumsi jus mangga segelas sehari dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 60-100%. Disamping itu kandungan vitamin A dalam buah ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Tidak hanya itu, Read More »

Kacang Hijau, Bantu Cegah Kanker Payudara

Kacang Hijau, Bantu Cegah Kanker Payudara

Kesehatan – Manfaat kacang hijau sangatlah banyak, baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan seperti menjadikan rambut dan kulit lebih berkilau, penyerap kolesterol jahat serta pembunuh sel kanker. Nutrisi yang terkandung dalamnya sangat baik untuk membantu menyerap kolesterol berlebihan dalam tubuh serta membersihkan usus. Jika usus sehat maka tentu saja tekanan darah juga jadi lebih stabil Read More »

Beginilah Cara Termudah Menghilangkan Varises

Beginilah Cara Termudah Menghilangkan Varises

okein.com – Varises merupakan sebuah kelainan otot yang disebabkan membengkak dan membesarnya vena, yang mengakibatkan pengumpulan darah di pembuluh darah. Varises biasanya muncul di pergelangan kaki, betis, dan paha. Para Wanita lebih rentan terhadap varises dibandingkan para pria. Lebih lanjut dikutip dari viva.co.id, Varises juga disebabkan oleh pembuluh darah dan katup yang rusak. kerusakan ini Read More »

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

okein.com – Mungkin Anda sempat berpikir untuk menjadi penganut diet vegetarian dan takut akan kebutuhan protein Anda tidak terpenuhi? Mulai kini jangan takut! Pasalnya ternyata terdapat beberapa jenis sayuran yang kaya akan protein di dalamnya seperti sayuran berikut. Kacang-kacangan Kacang-kacangan adalah jenis sayuran yang kaya akan protein di baliknya. Di setiap 100 gram takaran saji, Read More »