Cara Mudah Membersihkan Telinga Dengan Bahan Yang Ada Disekitar Kita

Advertisement

Telinga adalah organ vital dari sistem sensori tubuh manusia, yang merupakan organ sistem pendengaran dengan fungsi bertanggung jawab untuk indera pendengaran.

Sering kali kita temui dalam telinga kita kotoran telinga yang berlebihan dan terkadang sulit dibersihkan. Menurut para ahli, kekurangan asam lemak Omega 3, seng, dan magnesium dapat menghasilkan kotoran telinga yang berlebih.
Kotoran telinga yang berlebih apabila diabaikan akan menumpuk jauh di dalam saluran telinga dari waktu ke waktu, yang dapat menyebabkan Anda mengalami gangguan ataupun kehilangan pendengaran karena kotoran yang menumpuk tersebut.

Salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan kotoran telinga adalah dengan bantuan menggunakan obat rumahan,dalam artian mudah kita peroleh disekitar kita. Sebagaimana dilansir Boldsky .com , berikut ini uraian beberapa obat yang mudah kita dapat disekitar kita, yang berguna dan mampu untuk menyingkirkan kotoran telinga.

A. Minyak Zaitun

Menggunakan Minyak zaitun merupakan cara yang paling aman dalam mengeluarkan kotoran telinga.
Caranya cukup celupkan sepotong kapas/cotton bud ke dalam minyak zaitun yang hangat. Peras kelebihan minyak dan kemudian tempatkan kapas tersebut ke telinga Anda. Setelah 15 menit, keluarkan kapas dan bersihkan kotoran telinga yang menempel di kapas. Ulangi cara ini sampai kotoran berkurang.

B. Baby Oil

Baby oil merupakan minyak yang lembut dan tidak mempunyai efek samping untuk setiap jenis kulit. Cara menggunakannya mirip dengan cara penggunaan minyak zaitun diatas.

C. Campuran Cuka dan Alkohol

Caranya dengan terlebih dahulu mencampur cuka dan alkohol tersebut secukupnya. Kemudian semprotkan/teteskan ke telinga Anda sebanyak dua tetes. Setelah itu, ambil kapas yang bersih dan lembut, pijatkan ke telinga bagian dalam yang telah ditetsi ramuan tersebut secara perlahan. Ulangilah proses tersebut hingga kotoran telinga yang berlebihan dapat diangkat dan dikeluarkan.

D. Air Hangat

Caranya cukup mudah, yaitu setelah Anda mandi, cuci telinga Anda yang ada kotorannya dengan air hangat, kemudian keringkan dengan cotton bud.

E. Larutan Air garam

Caranya adalah dengan membuat larutan garam menggunakan air suam-suam kuku/hangat terlebih dahulu. Setelah jadi dan siap, miringkan kepala Anda ke samping, dengan posisi telinga yang terdapat kotoran berada diatas dan kemudian teteskan air secara perlahan-lahan ke dalam telinga yang tersumbat kotoran tersebut. Setelah itu, kembalikan kepala Anda pada posisi normal dan gunakan kapas bola/cotton bud ke telinga Anda, guna mengangkat kotoran telinga.

F. Gliserin

Bahan lain yang dapat dengan mudah untuk membersihkan telinga adalah gliserin. Tuangkan 2 atau 3 tetes gliserin ke telinga. Kemudian bersihkan telinga dengan kapas bola/cotton bud, dan ulangi proses tersebut sampai telinga bersih.

G. Bawang putih

Caranya adalah dengan menghancurkan terlebih dahulu bawang putih dengan dirtumbuk halus, setelah itu masukkan bawang putih ke sendok dan panaskan di atas lilin/api sampai keluar minyaknya. Setelah dingin, teteskan minyak tersebut ke telinga. Hal ini akan membantu dalam membersihkan kotoran telinga Anda.

H. Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida memang terkesan bahan yang terlalu kimiawi, akan tetapi hidrogen peroksida sebenarnya adalah bahan alami. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan hidrogen peroksida dengan air dengan perbandingan komposisi yang sama, kemudian tuangkan campuran cairan tersebut ke dalam kapas, kemudian peras kapas, sehingga cairan dapat masuk ke telinga yang hendak dibersihkan.

I. Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan yang efektif guna membersihkan kotoran telinga. Caranya cukup dengan memiringkan kepala Anda ke samping, dengan posisi telinga yang terdapat kotoran pada posisi diatas, kemudian teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel.
Gulung bola kapas di telinga Anda, dan biarkan selama satu jam., kemudian angkat dan bersihkan. Ulangi proses tersebut sampai telinga Anda merasa nyaman dan bersih.

Advertisement

Cara Mudah Membersihkan Telinga Dengan Bahan Yang Ada Disekitar Kita | Imam Tauqit | 4.5

Leave a Reply