TOP News
Home » Sehat » Sumber Antibiotik Alami Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh (II)

Sumber Antibiotik Alami Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh (II)

Antibiotik merupakan senyawa yang umum digunakan di dunia medis untuk melakukan terapi pengobatan terhadap suatu penyakit.

Ternyata, selain dihasilkan dari produksi dunia medis, antibiotik juga dapat dijumpai pada beberapa tumbuhan dan sumber makanan yang mengandung antibiotik alami yang berkhasiat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan (meningkatkan kekebalan tubuh/immune tubuh) dan melawan penyakit yang dapat menyerang tubuh (obat), selain itu mampu menghambat dan menekan pertumbuhan mikroorganisme (bakteri pathogen dan virus) yang merugikan dan membahayakan kesehatan tubuh secara alami, bahkan bermanfaat mencegah datangnya virus dan bakteri patogen penyebab penyakit.

Anda penasaran apa saja mereka? berikut ini beberapa tumbuhan dan sumber makanan yang mengandung antibiotik alami tersebut :

7. Temu Lawak

Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) termasuk dalam marga rimpang-rimpangan, bentuknya mirip dengan kunyit atau jahe (ber-rimpang dan berwarna kuning cerah) tetapi temu lawak ukuranya lebih besar. Tumbuhan ini oleh masyarakat Jawa sejak dahulu dipakai untuk pengobatan. Diantaranya dipercaya bermanfaat menyembuhkan penyakit hepatitis, tipus, dan obat anti radang.

Temu lawak dipakai untuk antibiotik dan meningkatkan immune tubuh, guna melawan virus yang masuk dalam tubuh manusia. Misalnya mampu menangkal peradangan hati, yang disebabkan oleh virus hepatitis. Kemudian temu lawak juga bersifat dieuretik mampu melancarkan air seni, sehingga sangat baik bagi kesehatan ginjal.

8. Teh Hijau

Teh hijau atau green tea merupakan salah satu minuman yang bermanfaat sebagai antibiotik alami. Teh jenis ini diambil teh jenis Camellia sinensis dari pucuk daun muda, diproses tanpa menggunakan bahan pewarna dan bahan pengawet. Warna hijau pada air teh, berasal dari klorofil daun.

Masyarakat Jepang dan China sejak ratusan tahun lalu memiliki kebiasaan meminum teh hijau ini. Kandungan antioksidannya sangat tinggi yang bermanfaat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu kandungan katekin bermanfaat mampu menghambat pertumbuhan sel jahat penyebab tumor dan kanker.

Teh hijau juga bermanfaat mencegah stroke, jantung koroner dan menjaga kesehatan organ vital, serta dipercaya berkhasiat untuk melangsingkan tubuh.

9. Lidah Mertua

Lidah mertua adalah salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai tanaman penghias rumah. Akan tetapi ternyata daunnya bermanfaat sebagai antibiotik alami. Daun lidah mertua mengandung senyawa yang disebut dengan Abamagenin. Senyawa inilah yang berguna untuk membantu memperlancar pernafasan, untuk mengurangi keluhan batuk dan juga menyembuhkan radang. Selain itu, tanaman lidah mertua ini juga bersifat polutan yaitu dapat membersihkan dan menetralkan udara disekitar tumbuhan tersebut dari polusi.

10. Sambiloto

Sekilas Sambiloto mirip dengan tanaman liar,tetapi sangat berkhasiat bagi kesehatan. Daun Sambiloto berkhasiat dapat mencegah penyakit kanker dan berkhasiat untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh/immun. Sambiloto juga mengandung senyawa flavonoid yang sangat baik dalam membantu melancarkan peredaran darah, dan juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

11. Kayu manis

Kayu manis atau cinnamon merupakan salah satu rempah-rempah populer di Indonesia dan dunia. Bagian yang berkhasiat bagi kesehatan adalah kulit kayu manis. Kulit kayu manis mengandung antibiotik alami, karena berkhasiat mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan meredakan gejala berbagai macam penyakit seperti influenza dan sinusitis. Minyak yang terkandung di dalamnya juga dapat bermanfaat sebagai aromaterapi. Cara memanfaatkannya adalah dengan merebus kulit kayu manis bersama air dan meminumnya secara teratur.

12. Jahe

Jahe atau ginger (Zingiber officinale) merupakan-rempah yang dapat dijadikan sebagai bahan membuat obat herbal, bahan minuman dan bumbu masak. Jenis jahe antara lain jahe emprit, jahe gajah serta jahe merah.

Rimpang yang masih segar biasa digunakan sebagai bahan membuat minuman. Jahe mempunyai rasa yang menghangatkan badan dan dapat berkhasiat menyembuhkan batuk dan masuk angin. Caranya cukup dengan merebus jahe sampai mendidih, kemudian dituangkan dalam gelas, dan ditambah perasan jeruk nipis, kemudian diminum.

Jahe merah saat ini menjadi salah satu tanaman herbal favorit, yang diketahui mempuyai kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh apabila rutin mengkonsumsinya.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

okein.com – Siapa bilang kesehatan itu hanya milik orang-orang yang bekerja fisik. Tidak perlu kawatir bila saat ini ada diantara kita yang bekerja dengan pikiran dengan duduk berjam-jam. Aktivitas main game yang berlebihan, pekerja kantoran dengan aktivitas fisik yang sangat terbatas harus mengetahui cara duduk yang baik agar terhindar dari berbagai keluhan-keluhan kesehatan. Bila pekerjaan Read More »

Ingin Otot Awet Muda? Simak Rahasianya Berikut Ini

Ingin Otot Awet Muda? Simak Rahasianya Berikut Ini

Setiap orang pasti akan mengalami tua seiring bertambahnya usia. Namun tak jarang pula orang yang ingin selalu tampil awet muda dan memiliki otot yang kuat. Jika Anda adalah seseorang yang ingin tetap awet muda, maka sebaiknya membiasakan diet rendah kalori. Hal tersebut disebabkan karena dengan melakukan diet rendah kalori secara rutin dipercaya dapat mencegah penuaan Read More »

Buah Jamblang, Ampuh Atasi Diabetes

Buah Jamblang, Ampuh Atasi Diabetes

Buah Jamblang atau duwet yang memiliki nama latin Syzygium cumini ini ternyata dapat dijadikan obat diabetes. Seperti dikabarkan dari laman merdeka.com (Jumat, 17 April 2015 05:35) bahwa salah satu khasiat buah Jamblang / duwet ini adalah dapat menjadi obat herbal diabetes. Buah ini diketahui memiliki indeks glikemik rendah, yang menjadikannya dapat jadi pilihan tepat untuk Read More »

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi Anda masih berwarna kurang putih, meski telah rutin melakukan gosok gigi setiap hari? Mungkin dengan menyimak dan melakukan beberapa cara memutihkan gigi secara alami dengan bahan bahan berikut ini, masalah gigi Anda yang kurang putih dapat teratasi . berikut beberapa bahan alami tersebut: 1. Arang Kayu Meski Arang kayu berwarna hitam, namun cara memutihkan Read More »