TOP News
Home » Sehat » Sumber Antibiotik Alami Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh (I)
Sumber Antibiotik Alami Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh (I)

Sumber Antibiotik Alami Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh (I)

Antibiotik merupakan senyawa yang umum digunakan di dunia medis untuk melakukan terapi pengobatan terhadap suatu penyakit.

Ternyata, selain dihasilkan dari produksi dunia medis, antibiotik juga dapat dijumpai pada beberapa tumbuhan dan sumber makanan yang mengandung antibiotik alami yang berkhasiat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan (meningkatkan kekebalan tubuh/immune tubuh) dan melawan penyakit yang dapat menyerang tubuh (obat), selain itu mampu menghambat dan menekan pertumbuhan mikroorganisme (bakteri pathogen dan virus) yang merugikan dan membahayakan kesehatan tubuh secara alami, bahkan bermanfaat mencegah datangnya virus dan bakteri patogen penyebab penyakit.

Anda penasaran apa saja mereka? berikut ini beberapa tumbuhan dan sumber makanan yang mengandung antibiotik alami tersebut :

1. Cabai Rawit

Cabai rawit juga biasa disebut capsicum. Buah dari cabai rawit adalah rempah yang kuat dan telah digunakan selama ribuan tahun untuk penyembuhan dan mempunyai efek seperti antibiotik.

Cabai rawit sangat efektif untuk mengatasi vulvovaginitis, sebuah infeksi yang sangat umum terjadi pada wanita. Minyak esensial yang terkandung dari cabai rawit mempunyai efek anti jamur dan antibiotik.

2. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai nama latin Allium sativum. Bawang putih mentah yang dikunyah mengandung senyawa yang disebut dengan allicin yang memiliki sifat mirip dengan penisilin. Bawang putih diyakini mampu menyembuhkan penyakit ringan seperti flu dan masuk angin, serta mampu menangkal terjadinya penyakit degenaritif seperti stroke dan jantung, karena senyawan allicin dan allin bermanfaat dalam mereduksi kolesterol jahat dalam darah.

Selain sebagai antibiotik, bawang putih juga berfungsi sebagai anti virus, anti parasit, anti jamur dan antioksidan. Selama ribuan tahun, bawang putih telah digunakan sebagai obat penyakit ringan dan bahkan penyakit serius. Beberapa peneliti pernah mengungkapkan bahwa dengan meletakkan irisan bawang pada suatu ruangan, maka ternyata irisan bawang mampu menyerap virus yang ada diruangan tersebut. Mungkin inilah alasan mengapa tradisi orang-orang jaman dahulu di Jawa, selalu meletakkan irisan bawang di sudut ruangan tempat tidur bayi yang baru lahir sampai umur bayi genap 36 hari, meskipun belum ada penelitian terkait yang melaporkan tentang alasan tradisi tersebut secara ilmiah.

3. Bawang Bombay

Bawang Bombay merupakan kerabat bawang merah,dengan ukuran yang lebih besar dari bawang merah. Bawang jenis ini berasal dari China dan India. Dengan mengkonsumsi mentah bawang bombay sangat baik untuk kesehatan tubuh serta bermafaat membangun antibiotik alami.

Terutama bagi Anda yang terkena flue berat, dianjurkan memakan bawang Bombay mentah, karena dapat melegakan hidung yang tersumbat.

4. Madu

Khasiat madu bagi kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi, selain dapat berfungsi sebagai antibiotik, madu juga dapat berfungsi sebagai anti-mikroba, anti-inflamasi, dan anti-septik. Kombinasi unik dari hidrogen peroksida, keasaman, efek osmotik, konsentrasi gula yang tinggi, dan polifenol dapat membantu membunuh sel-sel bakteri patogenik. Madu dapat berasal dari lebah madu ataupun klanceng.

5. Kubis

Sebagai salah satu jenis sayuran hasil persilangan, kubis telah lama diakui memiliki manfaat penyembuhan. Salah satunya adalah kemampuan kubis melawan senyawa belerang. Daun kubis mentah juga dapat digunakan untuk mengatasi kista fibro dan meredakan rasa nyeri pada payudara, saat menstruasi.

6. Kunyit

Kunyit memiliki senyawa yang disebut dengan kurkuminoid yang merupakan anti-inflamasi dan anti-oksidan yang cukup kuat, selain itu kunyit mengandung kurkumin yang merupakan zat bioaktif yang mampu melawan peradangan pada tingkat molekuler, dengan menghalangi molekul asing masuk dan mengganggu fungsi seluler sel tubuh.

Comments

Related Post

7 Khasiat Teh Hijau Yang Belum Kamu Ketahui

7 Khasiat Teh Hijau Yang Belum Kamu Ketahui

okein.com – Manfaat dan khasiat teh hijau sudah sejak dulu diketahui, namun tak jarang yang mengetahui 7 khasiat teh hijau terhadap kesehatan berikut ini. Teh hijau kaya akan berbagai zat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh misalnya saja seperti polifenol. Polifenol adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tubuh terkena efek radikal bebas, radikal bebas sendiri Read More »

Jaga Kesehatan Ginjal Anda dengan Buah Ini

Jaga Kesehatan Ginjal Anda dengan Buah Ini

Minum jus buah segar tak hanya sekedar menghilangkan dahaga saja. Namun mengkonsumsi jus buah juga sangat menyehatkan tubuh manusia, seperti menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Berikut adalah daftar buah yang dapat dikonsumsi sebagai jus untuk menjaga kesehatan ginjal seperti dilansir dari laman Okezone, Sabtu (18/4/2015). Jus buah anggur Khasiat buah anggur memang sudah bukan rahasia Read More »

Inilah Manfaat Daun Kelor Yang Tak Kamu Ketahui

Inilah Manfaat Daun Kelor Yang Tak Kamu Ketahui

okein.com – Khasiat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan ternyata tidak hanya sebatas mampu untuk jadi obat herbal diabetes saja, namun juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Seperti dilansir dari laman disehat.com bahwa daun kelor ampuh untuk menjadi obat diabetes. Hal tersebut dikarenakan daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Selain menjadi obat Read More »

Terlalu banyak minum kopi tingkatkan resiko terkena diabetes!

Terlalu banyak minum kopi tingkatkan resiko terkena diabetes!

okein.com – Ternyata mengonsumsi kopi terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan. Seperti yang diungkap dari sebuah penelitian bahwa mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes tipe-2,trutama bagi penderita tekanan darah tinggi dan orang yang memiliki metabolism lambat. Hal tersebut diungkap setelah peneliti mengamati 1.180 pasien berusia 18 hingga 45 tahun yang Read More »