TOP News
Home » Sehat » Sumber Antibiotik Alami Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh (I)

Sumber Antibiotik Alami Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh (I)

Antibiotik merupakan senyawa yang umum digunakan di dunia medis untuk melakukan terapi pengobatan terhadap suatu penyakit.

Ternyata, selain dihasilkan dari produksi dunia medis, antibiotik juga dapat dijumpai pada beberapa tumbuhan dan sumber makanan yang mengandung antibiotik alami yang berkhasiat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan (meningkatkan kekebalan tubuh/immune tubuh) dan melawan penyakit yang dapat menyerang tubuh (obat), selain itu mampu menghambat dan menekan pertumbuhan mikroorganisme (bakteri pathogen dan virus) yang merugikan dan membahayakan kesehatan tubuh secara alami, bahkan bermanfaat mencegah datangnya virus dan bakteri patogen penyebab penyakit.

Anda penasaran apa saja mereka? berikut ini beberapa tumbuhan dan sumber makanan yang mengandung antibiotik alami tersebut :

1. Cabai Rawit

Cabai rawit juga biasa disebut capsicum. Buah dari cabai rawit adalah rempah yang kuat dan telah digunakan selama ribuan tahun untuk penyembuhan dan mempunyai efek seperti antibiotik.

Cabai rawit sangat efektif untuk mengatasi vulvovaginitis, sebuah infeksi yang sangat umum terjadi pada wanita. Minyak esensial yang terkandung dari cabai rawit mempunyai efek anti jamur dan antibiotik.

2. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai nama latin Allium sativum. Bawang putih mentah yang dikunyah mengandung senyawa yang disebut dengan allicin yang memiliki sifat mirip dengan penisilin. Bawang putih diyakini mampu menyembuhkan penyakit ringan seperti flu dan masuk angin, serta mampu menangkal terjadinya penyakit degenaritif seperti stroke dan jantung, karena senyawan allicin dan allin bermanfaat dalam mereduksi kolesterol jahat dalam darah.

Selain sebagai antibiotik, bawang putih juga berfungsi sebagai anti virus, anti parasit, anti jamur dan antioksidan. Selama ribuan tahun, bawang putih telah digunakan sebagai obat penyakit ringan dan bahkan penyakit serius. Beberapa peneliti pernah mengungkapkan bahwa dengan meletakkan irisan bawang pada suatu ruangan, maka ternyata irisan bawang mampu menyerap virus yang ada diruangan tersebut. Mungkin inilah alasan mengapa tradisi orang-orang jaman dahulu di Jawa, selalu meletakkan irisan bawang di sudut ruangan tempat tidur bayi yang baru lahir sampai umur bayi genap 36 hari, meskipun belum ada penelitian terkait yang melaporkan tentang alasan tradisi tersebut secara ilmiah.

3. Bawang Bombay

Bawang Bombay merupakan kerabat bawang merah,dengan ukuran yang lebih besar dari bawang merah. Bawang jenis ini berasal dari China dan India. Dengan mengkonsumsi mentah bawang bombay sangat baik untuk kesehatan tubuh serta bermafaat membangun antibiotik alami.

Terutama bagi Anda yang terkena flue berat, dianjurkan memakan bawang Bombay mentah, karena dapat melegakan hidung yang tersumbat.

4. Madu

Khasiat madu bagi kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi, selain dapat berfungsi sebagai antibiotik, madu juga dapat berfungsi sebagai anti-mikroba, anti-inflamasi, dan anti-septik. Kombinasi unik dari hidrogen peroksida, keasaman, efek osmotik, konsentrasi gula yang tinggi, dan polifenol dapat membantu membunuh sel-sel bakteri patogenik. Madu dapat berasal dari lebah madu ataupun klanceng.

5. Kubis

Sebagai salah satu jenis sayuran hasil persilangan, kubis telah lama diakui memiliki manfaat penyembuhan. Salah satunya adalah kemampuan kubis melawan senyawa belerang. Daun kubis mentah juga dapat digunakan untuk mengatasi kista fibro dan meredakan rasa nyeri pada payudara, saat menstruasi.

6. Kunyit

Kunyit memiliki senyawa yang disebut dengan kurkuminoid yang merupakan anti-inflamasi dan anti-oksidan yang cukup kuat, selain itu kunyit mengandung kurkumin yang merupakan zat bioaktif yang mampu melawan peradangan pada tingkat molekuler, dengan menghalangi molekul asing masuk dan mengganggu fungsi seluler sel tubuh.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

okein.com – Mungkin Anda sempat berpikir untuk menjadi penganut diet vegetarian dan takut akan kebutuhan protein Anda tidak terpenuhi? Mulai kini jangan takut! Pasalnya ternyata terdapat beberapa jenis sayuran yang kaya akan protein di dalamnya seperti sayuran berikut. Kacang-kacangan Kacang-kacangan adalah jenis sayuran yang kaya akan protein di baliknya. Di setiap 100 gram takaran saji, Read More »

Hati-hati! Jajanan Pinggir Jalan Picu Diare

Hati-hati! Jajanan Pinggir Jalan Picu Diare

okein.com – Jajanan pinggir jalan memang memiliki daya tarik tersendiri dan cenderung lebih menggoda. Apalagi rasanya yang enak dan harga yang lebih terjangkau, tentu menjadi pilihan tersendiri bagi siapapun untuk membeli. Namun, tahukah Anda jika Jajanan dipinggir jalan dapat membahayakan kesehatan. Yang harus dipertimbangkan sebelum membeli jajanan di pinggir jalan adalah masalah higienitasnya atau kebersihannya, Read More »

Inilah Bahaya Minum Kopi Yang Belum Kamuu Ketahui

Inilah Bahaya Minum Kopi Yang Belum Kamuu Ketahui

Bagi sebagian orang, kopi memang jadi minuman favorit. Selain dapat mengusir hawa dingin yang menusuk tubuh, minuman ini biasanya nikmat ketika diminum dipagi dan malam hari. Apalagi jika minum kopi bersama teman atau sahabat terdekat. Manfaat dan khasiat kopi memang sudah tidak diragukan lagi, disamping dapat menjadi pengusir hawa dingin dalam tubuh, minum kopi juga Read More »

5 Cara Mudah Deteksi Kesehatan Kaki

5 Cara Mudah Deteksi Kesehatan Kaki

Pengertian Kaki Kaki adalah Bagian Tubuh yang posisinya paling bawak sendiri. Kaki merupakan bagian yang penting dari tubuh. Kaki fungsi Utamanya adalah untuk berjalan. hanya sedikit orang yang teliti menjaga kesehatan kakinya. Karena letaknya di bawah Kesehatan kaki sering tidak diperhatikan bahkan tidak pernah. Mulai sekarang, mulailah memperhatikan kaki kamu, setidaknya dengan memeriksa kesehatannya. Disini Read More »