Perusahaan Mobil Vauxhall Motors Tarik Kembali 220.000 Unit Mobil Zafira B Dari Pasaran

Advertisement

Perusahaan mobil kenamaan asal London Inggris, Vauxhall Motors baru-baru ini mengumumkan, bahwa pihaknya akan menarik mobil dengan model Zafira B dari pasaran. Hal ini disebabkan hingga kini telah tercatat sekitar 200 unit mobil model Zafira B tersebut terbakar. Dengan kondisi tersebut Vauxhall setidaknya akan menarik dari pasaran sekitar 220.000 unit kendaraan, untuk mengurangi agar insiden terbakarnya mobil yang mengerikan tidak lebih parah.

Dilansir dari BBC, kebakaran pada mobil model Zafira B tersebut diduga terjadi karena ada permasalahan sistem penghangat ruangan dan ventilasi mobil. Lebih parahnya, kebakaran itu terjadi secara tiba-tiba dan nyaris tidak ada waktu untuk menyelamatkan diri bagi pengemudi atau orang didalamnya, jika mereka dalam kondisi lengah dan terlalu panik.

Mobil model Zafira tersebut merupakan mobil yang diproduksi antara tahun 2005 sampai dengan tahun 2014. Semua mobil ini memiliki sistem kemudi yang berada di kanan, transmisi manual, dan tidak memiliki AC di dalamnya.

Beberapa insiden kebakaran yang disebabkan oleh Zafira B salah satunya dialami oleh Lisa Taperek dari Wiltshire. Secara tiba-tiba dia melihat asap yang keluar dari mobil, sementara di dalam mobil tersebut ada anak kecil berusia 10 bulan. Dia berusaha menyelamatkan bayi tersebut dan berhasil. Dalam jangka waktu 30 detik, asap berubah menjadi api besar yang menyala-nyala.

Sebelumnya, seorang pria bernama, Jason Williams yang kala itu bersama putrinya di dalam Zafira B, juga mengaku mengalami hal yang sama, yaitu secara tiba-tiba mobil tersebut terbakar. Jason pun harus memecahkan kaca jendela mobilnya tersebut, agar dapat keluar.

Vauxhall melalui pernyataan resminya mengungkapkan, bahwa pihaknya ingin bertanggung jawab atas apa yang menimpa para pelanggan. Ketua dan Direktur pengelola Vauxhall, Rory Harvey, menjelaskan bahwa teknisi perusahaannya akan memeriksa dengan teliti, untuk mengatasi masalah ini. Perusahaan menawarkan biaya pemeriksaan dan perbaikan secara gratis. Sementara itu, Harvey juga menghimbau para pelanggannya, agar tidak menggunakan pemasa atau pendingin udara dahulu, hingga masalah pada mobil tersebut dapat teratasi.

Advertisement

Perusahaan Mobil Vauxhall Motors Tarik Kembali 220.000 Unit Mobil Zafira B Dari Pasaran | Imam Tauqit | 4.5

Leave a Reply