TOP News
Home » Sehat » Cara Mudah Detoks Dengan Tumbuhan Herbal Yang Alami

Cara Mudah Detoks Dengan Tumbuhan Herbal Yang Alami

Dengan semakin banyaknya polusi (di udara dan air) disekitar kita, serta mengkonsumsi makanan berbahan pengawet sintesis, menyebabkan tubuh kita rentan terkena racun/toxin yang membahayakan kesehatan tubuh.

Sebenarnya secara alami tubuh memiliki sistem filtering terhadap racun/toxin tersebut dan mampu mengeluarkannya dari dalam tubuh melalui organ-organ vital di dalam tubuh. Mekanisme atau sistem untuk proses mengeluarkan toxin (racun) dalam tubuh lazim disebut dengan istilah detoks. Proses ini melibatkan empat organ utama tubuh, yaitu hati, ginjal, saluran pernapasan dan kulit.

Meskipun tubuh kita telah mempunyai mekanisme tersebut, masih sangat perlu untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan makanan yang sehat, pola hidup sehat dan menghindari stres berlebih, agar terjaga dengan baik fungsi organ utama tubuh tersebut. Jika diperlukan, mengkonsumsi beberapa makanan yang berkhasiat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dapat kita dilakukan.

Berikut ini beberapa jenis tumbuhan atau sayur herbal alami, yang dapat dipilih guna membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita (detoks herbal):

A. Daun Kemangi

Daun Kemangi sangat baik bagi kesehatan ginjal. Kemangi adalah tanaman herbal yang mampu membantu membersihkan racun yang terjebak didalam ginjal, sehingga kinerja ginjal dalam mekanisme detoks tubuh dapat tetap berjalan dengan baik. sebagaimana kita ketahui, bahwa ginjal memainkan peranan yang sangat penting dalam menetralisir dan menghilangkan produk limbah dan racun yang ada dalam aliran darah kita saat proses metabolisme.

Cara menikmati Kemangi adalah dapat dengan memakannya langsung sebagai lalapan, sebagai campuran masakan sayuran ataupun campuran smoothies sayuran.

B. Daun Mint

Daun Mint diketahui mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu selama ribuan tahun dipercaya berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan dalam usus.

Saat proses pencernaan berlangsung tidak sempurna, akan mengakibatkan timbulnya racun yang merangsang rasa sakit pada lambung dan usus. Dengan mengkonsumsi Daun Mint, aliran empedu dalam saluran pencernaan akan meningkat, sehingga akan membantu dan melancarkan proses pencernaan makanan, yang berkhasiat lebih jauh lagi terhadap mampu terseretnya keluar dari tubuh racun pada saluran pencernaan tersebut.

Daun Mint juga dapat melakukan detoksifikasi melalui kulit kita. Dalam artian, Daun Mint dapat berkhasiat sebagai detoks herbal, hanya dengan menggosokkan Daun Mint pada kulit perut kita.

C. Daun Ketumbar

Daun Ketumbar merupakan daun rempah yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kemampuan detoksifikasi yang dimiliki oleh Daun Ketumbar, dipercaya adalah yang terbaik. Daun Ketumbar mampu mengikat logam berat yang ada dalam tubuh kita dan mampu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Logam berat masuk dalam tubuh melalui makanan dan air yang kita konsumsi dan akan tertahan dalam tubuh kita, meskipun dalam jumlah yang kecil.

Cara memanfaatkan Daun Ketumbar sebagai detoks herbal, khususnya detoks terhadap logam berat tersebut adalah dengan menambahkan Daun Ketumbar dalam resep smoothies jeruk. Ataupun anda dapat mengkonsumsi daun ketumbar secara langsung jika memungkinkan.

D. Daun Peterseli

Daun Peterseli dipercaya berkhasiat membantu organ utama filter tubuh (kandung kemih, ginjal, dan hati) dalam peran detoksifikasi. Dengan mengkonsumsi Daun Peterseli, kandungan nutrisinya akan membantu mempermudah proses detoksifikasi pada ketiga organ diatas.

Cara menikmatinya adalah dengan menjadikannya sebagai bahan tambahan resep smoothies hijau, ataupun dapat sebagai lalap mentah, jika Anda menyukainya.

Sumber:merdeka.com

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Ini Dia Kandungan Nutrisi Dalam Cokelat Hitam

Ini Dia Kandungan Nutrisi Dalam Cokelat Hitam

okein.com – Cokelat hitam adalah jenis cokelat yang belum tercampur dengan bahan tambahan lainnya. Sebatang cokelat hitam biasanya terbuat dari 70-85% kakao yang mengandung 11 gram serat, 67% iron, 58% magnesium, 89% tembaga, 98% mangan, serta kalium, fosfor, seng, dan selenium. Cokelat hitam diketahui kaya akan zat antioksidan seperti flavanol, polifenol dan catechin yang efektif Read More »

Kacang-Kacangan Berikut, Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur

Kacang-Kacangan Berikut, Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur

okein.com – Mengonsumsi kacang-kacangan jenis tertentu dapat membuat Anda terbebas dari sejumlah penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Disamping itu, mengonsumsi jenis kacang-kacangan tertentu, seperti yang dilansir dari grandparents.com, mampu menjadikan Anda lebih panjang umur. Berikut kacang-kacangan yang dipercaya dapat menambah panjang umur: Kacang Walnut (Kenari) Kacang ini diperkaya dengan nutrisi omega 3 yang mampu Read More »

Selain Susu, Beberapa Makanan Berikut Jadi Sumber Kalsium

Selain Susu, Beberapa Makanan Berikut Jadi Sumber Kalsium

Makanan sumber kalsium selain susu – Kalsium adalah mineral yang sangat banyak ditemukan pada tubuh manusia. Zat yang satu ini sangat diperlukan tubuh guna menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan pembuluh darah, serta produksi hormon. Jika berbicara tentang kalsium, tentu selama ini pikiran orang hanya terpaku dalam susu dan produk susu. Hal ini tentu Read More »

Pepaya Muda, Ampuh Lindungi Saluran Kemih Dari Infeksi

Pepaya Muda, Ampuh Lindungi Saluran Kemih Dari Infeksi

okein.com – Buah pepaya adalah buah yang kaya akan manfaat dan kini banyak dicari-cari oleh sebagian orang untuk digunakan obat herbal seperti melancarkan sistem pencernaan. Manfaat buah pepaya memang sudah tidak diragukan lagi. Disamping rasanya yang manis ketika matang, buh yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan meski belum matang. Dimana buah ini ampuh untuk Read More »