TOP News
Home » Otomotif » Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot

Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot

Knalpot mobil merupakan salah satu onderdil penting yang wajib ada pada setiap kendaraan, termasuk mobil. Tahukah Anda dengan memperhatikan dan mengecek kondisi ujung knalpot mobil Anda, Anda dapat mengetahui dan mendeteksi kondisi mesin mobil Anda.

Mau tahu cara dan tanda-tanda keadaan kondisi mesin setelah dicek kondisi ujung knalpotnya? Ikuti uraian berikut ini:

A. Kondisi ujung knalpot bersih, berwarna keabu-abuan.

Jika ujung knalpot kondisinya bersih, maka hal ini menandakan kondisi mesin mobil Anda masih cukup bagus. Memungkinkan semua komponen di dalam mesin masih berfungsi dengan normal.
Campuran udara, bensin dan pemantik api masih dalam kondisi ideal, sehingga pembakaran berjalan baik. Biasanya, hal ini juga ditandai oleh asap mobil yang tidak berwarna sampai berwarna keabu-abuan.

B. Kondisi ujung knalpot yang berwarna hitam.

Dengan kondisi ujung knalpot berwarna hitam, dan biasanya keadaan knalpot seperti ini juga diiringi oleh adanya kerak karbon di knalpot, maka disimpulkan kondisi mesin mobil Anda bermasalah.

Hal tersebut disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar mesin. Ada kemungkinan filter udara kotor, sehingga tidak ideal untuk pembakaran BBM di mesin. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi, sehingga bahan bakar tidak terbakar sempurna dan masuk ke ruang bakar. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak akan ikut terbakar seluruhnya, sehingga sisanya di buang melalui knalpot. Hal inilah yang membuat kerak menempel pada ujung knalpot.

Kondisi mesin mobil yang kurang fit, biasanya juga ditandai dengan asap kendaraan yang berwarna hitam. Ditambah lagi, mobil dapat menjadi lebih boros dari sebelumnya, bahkan mobil menjadi kurang bertenaga.

Sumber: merdeka.com

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Wow, Harga Motor Ini Bikin Anda Terkejut

Wow, Harga Motor Ini Bikin Anda Terkejut

Ninja 400 ABS Limited Edition telah adalah motor sport dengan kapasitas mesin 400cc. Model yang diusungnya ini sangat unik yang menjadi ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan model motor sport lainnya. Bodi motor Ninja 400 ABS Limited Edition ini memiliki tampilan sporty dan memiliki mesin silinder ganda untuk menghasilkan performa maksimal. Ninja 400 ABS Limited Read More »

Terdepan, Marquez Juarai Honda Di Balapan Jerman

Terdepan, Marquez Juarai Honda Di Balapan Jerman

okein.com – Honda benar-benar ingin menunjukkan dominasinya ketika menjalani sesi kualifikasi MotoGP Jerman, Sabtu (12/7). Trio pembalapnya yakni Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Stefan Bradl memimpin tiga pole teratas untuk mengawali balapan di Jerman. Mengaspal di Sirkuit Sachsenring, Marquez unggul dengan catatan waktu 1m 20.937s. Disusul oleh Pedrosa dengan waktu 1m 21.233s dan Bradl mencatat Read More »

All-New Nissan X-Trail Segera Mengaspal Di Tanah Air

All-New Nissan X-Trail Segera Mengaspal Di Tanah Air

okein.com – Mobil Nissan X-Trail generasi terbaru sudah mendapatkan banyak polesan baru, dimana seluruh karakter mobil berubah total, All-New. Seri yang satu ini disebut-sebut memiliki cita rasa yang lebih mantap yang tak lama lagi segera mengaspal di Indonesia. Seperti dikabarkan dari MDK (12/07), bahwa informasi ini berhembus dalam acara buka bersama Nissan Group Jakarta yang Read More »

Xenia Diharapkan Hingga 40 Tahun, Layaknya Kijang

Xenia Diharapkan Hingga 40 Tahun, Layaknya Kijang

okein.com – Diluncurkannya kijang memang menjadi keunikan tersendiri di Indonesia. Penjualan yang tak ada hentinya menunjukkan jika Toyota telah menjawab keinginan masyarakat terhadap mobil yang mereka inginkan. Kini kendaraan Kijang ini sudah hampir berumur 40 tahun, dan saat ini level Kijang naik yang hadir dalam sosok Innova, yang saat ini harganya tidak lagi murah seperti Read More »