Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot

Advertisement

Knalpot mobil merupakan salah satu onderdil penting yang wajib ada pada setiap kendaraan, termasuk mobil. Tahukah Anda dengan memperhatikan dan mengecek kondisi ujung knalpot mobil Anda, Anda dapat mengetahui dan mendeteksi kondisi mesin mobil Anda.

Mau tahu cara dan tanda-tanda keadaan kondisi mesin setelah dicek kondisi ujung knalpotnya? Ikuti uraian berikut ini:

A. Kondisi ujung knalpot bersih, berwarna keabu-abuan.

Jika ujung knalpot kondisinya bersih, maka hal ini menandakan kondisi mesin mobil Anda masih cukup bagus. Memungkinkan semua komponen di dalam mesin masih berfungsi dengan normal.
Campuran udara, bensin dan pemantik api masih dalam kondisi ideal, sehingga pembakaran berjalan baik. Biasanya, hal ini juga ditandai oleh asap mobil yang tidak berwarna sampai berwarna keabu-abuan.

B. Kondisi ujung knalpot yang berwarna hitam.

Dengan kondisi ujung knalpot berwarna hitam, dan biasanya keadaan knalpot seperti ini juga diiringi oleh adanya kerak karbon di knalpot, maka disimpulkan kondisi mesin mobil Anda bermasalah.

Hal tersebut disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar mesin. Ada kemungkinan filter udara kotor, sehingga tidak ideal untuk pembakaran BBM di mesin. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi, sehingga bahan bakar tidak terbakar sempurna dan masuk ke ruang bakar. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak akan ikut terbakar seluruhnya, sehingga sisanya di buang melalui knalpot. Hal inilah yang membuat kerak menempel pada ujung knalpot.

Kondisi mesin mobil yang kurang fit, biasanya juga ditandai dengan asap kendaraan yang berwarna hitam. Ditambah lagi, mobil dapat menjadi lebih boros dari sebelumnya, bahkan mobil menjadi kurang bertenaga.

Sumber: merdeka.com

Advertisement

Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot | Imam Tauqit | 4.5

Leave a Reply