TOP News
Home » Otomotif » Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot
Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot

Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot

Knalpot mobil merupakan salah satu onderdil penting yang wajib ada pada setiap kendaraan, termasuk mobil. Tahukah Anda dengan memperhatikan dan mengecek kondisi ujung knalpot mobil Anda, Anda dapat mengetahui dan mendeteksi kondisi mesin mobil Anda.

Mau tahu cara dan tanda-tanda keadaan kondisi mesin setelah dicek kondisi ujung knalpotnya? Ikuti uraian berikut ini:

A. Kondisi ujung knalpot bersih, berwarna keabu-abuan.

Jika ujung knalpot kondisinya bersih, maka hal ini menandakan kondisi mesin mobil Anda masih cukup bagus. Memungkinkan semua komponen di dalam mesin masih berfungsi dengan normal.
Campuran udara, bensin dan pemantik api masih dalam kondisi ideal, sehingga pembakaran berjalan baik. Biasanya, hal ini juga ditandai oleh asap mobil yang tidak berwarna sampai berwarna keabu-abuan.

B. Kondisi ujung knalpot yang berwarna hitam.

Dengan kondisi ujung knalpot berwarna hitam, dan biasanya keadaan knalpot seperti ini juga diiringi oleh adanya kerak karbon di knalpot, maka disimpulkan kondisi mesin mobil Anda bermasalah.

Hal tersebut disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar mesin. Ada kemungkinan filter udara kotor, sehingga tidak ideal untuk pembakaran BBM di mesin. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi, sehingga bahan bakar tidak terbakar sempurna dan masuk ke ruang bakar. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak akan ikut terbakar seluruhnya, sehingga sisanya di buang melalui knalpot. Hal inilah yang membuat kerak menempel pada ujung knalpot.

Kondisi mesin mobil yang kurang fit, biasanya juga ditandai dengan asap kendaraan yang berwarna hitam. Ditambah lagi, mobil dapat menjadi lebih boros dari sebelumnya, bahkan mobil menjadi kurang bertenaga.

Sumber: merdeka.com

Comments

Related Post

Terdepan, Marquez Juarai Honda di Balapan Jerman

Terdepan, Marquez Juarai Honda di Balapan Jerman

okein.com – Honda benar-benar ingin menunjukkan dominasinya ketika menjalani sesi kualifikasi MotoGP Jerman, Sabtu (12/7). Trio pembalapnya yakni Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Stefan Bradl memimpin tiga pole teratas untuk mengawali balapan di Jerman. Mengaspal di Sirkuit Sachsenring, Marquez unggul dengan catatan waktu 1m 20.937s. Disusul oleh Pedrosa dengan waktu 1m 21.233s dan Bradl mencatat Read More »

Ini Dia Bentuk Monster Sedan Mewah dari Nissan

Ini Dia Bentuk Monster Sedan Mewah dari Nissan

okein.com – Apa jadinya jika mobil mewah Nissan dirubah jadi Mutan. Mutan adalah gambaran makhluk mengerikan bak alien dari luar angkasa. Seorang penggila otomotif yang sekaligus memiliki skill dan software khusus telah mendesain mobil sedan mewah Nissan Maxima jadi mobil ‘Mutan’. Dikabarkan dari laman englishrusia, Selasa (04/03/2014), pria yang tak dikatakan namanya itu telah menggunakan Read More »

Wow, Mobil Ini Punya Tenaga Super

Wow, Mobil Ini Punya Tenaga Super

okein.com – Produsen mobil asal Swedia, Koenigsegg baru saja merayakan kiprah mereka dalam dunia otomotif selama 20 tahun dengan menciptakan mobil mega pertama di dunia yang dinamai Koenigsegg Agera One:1. Mobil ini diklaim bertenaga super. Koenigsegg Agera One:1 memiliki dapur pacu V8 dengan kapasitas silinder 5,0 liter plus twin-turbo charged ini mempunyai tenaga maksimal 1.341 Read More »

Indonesia, Bakal Kehadiran Pajero Sport Berbahan Bakar Bensin

Indonesia, Bakal Kehadiran Pajero Sport Berbahan Bakar Bensin

Sejak diluncurkannya pada 2009 di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport hadir dengan mesin diesel. Varian terakhir yang diluncurkan akhir semester 2013 telah memiliki beberapa perubahan. Sang legenda Paris Dakar ini memperoleh ruang bagi pecinta otomotif Indonesia khususnya pecinta SUV. Hal ini terlihat dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor yang tak lama lagi bakal meluncurkan varian Read More »