TOP News
Home » Otomotif » Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot
Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot

Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Berbahan Bakar Bensin Melalui Tes Ujung Knalpot

Knalpot mobil merupakan salah satu onderdil penting yang wajib ada pada setiap kendaraan, termasuk mobil. Tahukah Anda dengan memperhatikan dan mengecek kondisi ujung knalpot mobil Anda, Anda dapat mengetahui dan mendeteksi kondisi mesin mobil Anda.

Mau tahu cara dan tanda-tanda keadaan kondisi mesin setelah dicek kondisi ujung knalpotnya? Ikuti uraian berikut ini:

A. Kondisi ujung knalpot bersih, berwarna keabu-abuan.

Jika ujung knalpot kondisinya bersih, maka hal ini menandakan kondisi mesin mobil Anda masih cukup bagus. Memungkinkan semua komponen di dalam mesin masih berfungsi dengan normal.
Campuran udara, bensin dan pemantik api masih dalam kondisi ideal, sehingga pembakaran berjalan baik. Biasanya, hal ini juga ditandai oleh asap mobil yang tidak berwarna sampai berwarna keabu-abuan.

B. Kondisi ujung knalpot yang berwarna hitam.

Dengan kondisi ujung knalpot berwarna hitam, dan biasanya keadaan knalpot seperti ini juga diiringi oleh adanya kerak karbon di knalpot, maka disimpulkan kondisi mesin mobil Anda bermasalah.

Hal tersebut disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar mesin. Ada kemungkinan filter udara kotor, sehingga tidak ideal untuk pembakaran BBM di mesin. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi, sehingga bahan bakar tidak terbakar sempurna dan masuk ke ruang bakar. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak akan ikut terbakar seluruhnya, sehingga sisanya di buang melalui knalpot. Hal inilah yang membuat kerak menempel pada ujung knalpot.

Kondisi mesin mobil yang kurang fit, biasanya juga ditandai dengan asap kendaraan yang berwarna hitam. Ditambah lagi, mobil dapat menjadi lebih boros dari sebelumnya, bahkan mobil menjadi kurang bertenaga.

Sumber: merdeka.com

Comments

Related Post

Suzuki Luncurkan Yoshimura GSX-R750 2014 Limited Edition

Suzuki Luncurkan Yoshimura GSX-R750 2014 Limited Edition

okein.com – Suzuki kembali menghadirkan superbike jagoannya yakni Suzuki GSX-R750 2014 Yoshimura. Dengan mengusung warna cat two-tone – perpaduan gahar antara merah dan hitam menjadikannya lebih berkarakter gagah. Superbike Suzuki GSX-R750 2014 kali ini didesain khusus lengkap dengan aksesoris berkualitas tinggi asal pabrikan Yoshimura. Adapun beberapa bagian yang ada di Suzuki GSX-R750 2014 adalah, knalpot Read More »

Indonesia, Bakal Kehadiran Pajero Sport Berbahan Bakar Bensin

Indonesia, Bakal Kehadiran Pajero Sport Berbahan Bakar Bensin

Sejak diluncurkannya pada 2009 di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport hadir dengan mesin diesel. Varian terakhir yang diluncurkan akhir semester 2013 telah memiliki beberapa perubahan. Sang legenda Paris Dakar ini memperoleh ruang bagi pecinta otomotif Indonesia khususnya pecinta SUV. Hal ini terlihat dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor yang tak lama lagi bakal meluncurkan varian Read More »

Wow, Inikah Motor Teraman Dunia?

Wow, Inikah Motor Teraman Dunia?

okein.com – Chak Motors, produsen otomotif asal Rusia, kini tengah mengembangkan Molot motor. Motor ini nantinya bakal mengusung tag line ‘Motor teraman di dunia’ yang telah dibekali teknologi radar. Dengan teknologi radar ini, pengendara dimungkinkan untuk dapat mendeteksi jikalau ada kendaraan yang terlalu dekat dengan motor yang dikendarai. Seperti dilansir dari Visordown, Sabtu (28/02/2014), Molot Read More »

Wow, Harga Motor Ini Bikin Anda Terkejut

Wow, Harga Motor Ini Bikin Anda Terkejut

Ninja 400 ABS Limited Edition telah adalah motor sport dengan kapasitas mesin 400cc. Model yang diusungnya ini sangat unik yang menjadi ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan model motor sport lainnya. Bodi motor Ninja 400 ABS Limited Edition ini memiliki tampilan sporty dan memiliki mesin silinder ganda untuk menghasilkan performa maksimal. Ninja 400 ABS Limited Read More »