TOP News
Home » Otomotif » Ini Dia Perlengkapan Pengaman Kendaraan Yang Wajib Dan Harus Selalu Tersedia, Saat Anda Berkendara.

Ini Dia Perlengkapan Pengaman Kendaraan Yang Wajib Dan Harus Selalu Tersedia, Saat Anda Berkendara.

Saat Anda mengendarai mobil pribadi, prioritas utama adalah keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, sehingga Anda akan selamat sampai tujuan. Untuk mencapai tujuan keamanan dan kenyamanan saat berkendara bagi kendaraan roda empat atau lebih, khususnya kendaraan pribadi, maka caranya adalah dengan terpenuhi dan tersedianya Perlengkapan Pengaman Pengendara saat dijalan. Perlengkapan Pengaman Pengendara saat dijalan tersebut, telah tertuang jelas dalam Aturan Tentang Kelengkapan Lalu Lintas pada Pasal 278 UU Lalu Lintas No. 22, Tahun 2009, serta tentang

Perlengkapan Pengaman yang tertuang dalam Pasal 57 ayat 3.
Perlengkapan yang wajib ada di mobil pribadi saat berkendara, terkadang masih sering disepelekan dalam melengkapinya oleh pengemudi. Padahal, meskipun perlengkapan-perlengkapan tersebut sederhana, tetapi sangat penting untuk menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat dijalan. Anda mau tahu apa saja Perlengkapan Pengaman tersebut? Berikut ini macam serta uraian singkatnya, sebagaimana dikutip dari tempo.co:

1. Sabuk Pengaman

Fungsi sabuk pengaman adalah mencegah dan mengurangi resiko saat terjadi kecelakaan. Disamping itu dapat mencegah kepala pengemudi membentur kaca depan, mencegah pengemudi terbentur ke stir atau roda kemudi, mengurangi resiko terlempar dan mencegah membentur dasboard mobil, pada saat terjadi kecelakaan.
Penggunaan sabuk pengaman yang tepat dan benar perlu untuk diperhatikan. Janganlah melingkarkan sabuk di atas pusar/perut, karena Perut manusia adalah bagian tubuh yang lemah, yang tidak mampu menerima benturan. Posisikan sabuk melintang di bawah pusar, menyentuh pangkal paha dan melintas di tulang pinggul.

2. Ban Cadangan

Perlengkapan yang satu ini sering lupa disediakan oleh para pengendara. Ban cadangan sangat penting untuk selalu disediakan, apalagi saat Anda berpergian jauh. Pastikan ban cadangan selalu dalam kondisi yang baik, guna tercapainya kenyamanan saat berkendara di jalan.

3. Segitiga Pengaman

Segtiga Pengaman berfungsi sebagai tanda, dipergunakan dengan memasangnya di dekat mobil yang sedang darurat berhenti di bahu jalan. Pemilihan kualitas segitiga pengaman yang baik juga harus diperhatikan, agar sesuai dengan kondisi jalanan. Pilihlah segitiga pengaman yang benar-benar dapat mereflesikan/memantulkan sinar, terutama dalam kondisi malam hari.

4. Dongkrak

Dongkrak merupakan alat yang sangat penting untuk selalu tersedia dan tersimpan dalam kendaraan Anda. Dongkrak adalah alat bantu yang biasa dibutuhkan dan digunakan dalam memperbaiki kaki-kaki mobil seperti velg, ban, shockbreaker, kampas rem, bahkan juga digunakan dalam memeriksa mesin yang letaknya berada di bawah mobil, serta kebutuhan penting lainnya.

5. Pembuka Roda

Pembuka roda juga penting dipastikan selalu ada di mobil. Penyiapan alat ini harus disesuaikan dengan kebutuhan ukuran roda mobil Anda. Hal ini karena ukuran ban mobil dari berbagai jenis kendaran adalah tidak sama. Pembuka roda sangat dibutuhkan saat Anda hendak mengganti atau bongkar pasang ban saat kempes di tengah perjalanan.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Mobil MPV Menjadi Kegemaran Setiap Keluarga

Mobil MPV Menjadi Kegemaran Setiap Keluarga

okein.com – Penjualannya yang terus meningkat dengan popularitasnya yang semakin melambung. Menjadi primadona pasar persaingan diantara produsen-produsen mobil pun semakin meningkatkan kaunggulan pada produknya masing masing. Sebuat saja dua merek Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Mobil-mobil dengan market tertinggi di Indonesia dan terus meningkat dari tahun ketahun tentu saja menjadi fenomena tersendiri bagi pecinta MPV Read More »

Terdepan, Marquez Juarai Honda Di Balapan Jerman

Terdepan, Marquez Juarai Honda Di Balapan Jerman

okein.com – Honda benar-benar ingin menunjukkan dominasinya ketika menjalani sesi kualifikasi MotoGP Jerman, Sabtu (12/7). Trio pembalapnya yakni Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Stefan Bradl memimpin tiga pole teratas untuk mengawali balapan di Jerman. Mengaspal di Sirkuit Sachsenring, Marquez unggul dengan catatan waktu 1m 20.937s. Disusul oleh Pedrosa dengan waktu 1m 21.233s dan Bradl mencatat Read More »

Indonesia, Bakal Kehadiran Pajero Sport Berbahan Bakar Bensin

Indonesia, Bakal Kehadiran Pajero Sport Berbahan Bakar Bensin

Sejak diluncurkannya pada 2009 di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport hadir dengan mesin diesel. Varian terakhir yang diluncurkan akhir semester 2013 telah memiliki beberapa perubahan. Sang legenda Paris Dakar ini memperoleh ruang bagi pecinta otomotif Indonesia khususnya pecinta SUV. Hal ini terlihat dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor yang tak lama lagi bakal meluncurkan varian Read More »

Wow, Inikah Motor Teraman Dunia?

Wow, Inikah Motor Teraman Dunia?

okein.com – Chak Motors, produsen otomotif asal Rusia, kini tengah mengembangkan Molot motor. Motor ini nantinya bakal mengusung tag line ‘Motor teraman di dunia’ yang telah dibekali teknologi radar. Dengan teknologi radar ini, pengendara dimungkinkan untuk dapat mendeteksi jikalau ada kendaraan yang terlalu dekat dengan motor yang dikendarai. Seperti dilansir dari Visordown, Sabtu (28/02/2014), Molot Read More »