TOP News
Home » Otomotif » Ini Dia Perlengkapan Pengaman Kendaraan Yang Wajib Dan Harus Selalu Tersedia, Saat Anda Berkendara.
Ini Dia Perlengkapan Pengaman Kendaraan Yang Wajib Dan Harus Selalu Tersedia, Saat Anda Berkendara.

Ini Dia Perlengkapan Pengaman Kendaraan Yang Wajib Dan Harus Selalu Tersedia, Saat Anda Berkendara.

Saat Anda mengendarai mobil pribadi, prioritas utama adalah keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, sehingga Anda akan selamat sampai tujuan. Untuk mencapai tujuan keamanan dan kenyamanan saat berkendara bagi kendaraan roda empat atau lebih, khususnya kendaraan pribadi, maka caranya adalah dengan terpenuhi dan tersedianya Perlengkapan Pengaman Pengendara saat dijalan. Perlengkapan Pengaman Pengendara saat dijalan tersebut, telah tertuang jelas dalam Aturan Tentang Kelengkapan Lalu Lintas pada Pasal 278 UU Lalu Lintas No. 22, Tahun 2009, serta tentang

Perlengkapan Pengaman yang tertuang dalam Pasal 57 ayat 3.
Perlengkapan yang wajib ada di mobil pribadi saat berkendara, terkadang masih sering disepelekan dalam melengkapinya oleh pengemudi. Padahal, meskipun perlengkapan-perlengkapan tersebut sederhana, tetapi sangat penting untuk menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat dijalan. Anda mau tahu apa saja Perlengkapan Pengaman tersebut? Berikut ini macam serta uraian singkatnya, sebagaimana dikutip dari tempo.co:

1. Sabuk Pengaman

Fungsi sabuk pengaman adalah mencegah dan mengurangi resiko saat terjadi kecelakaan. Disamping itu dapat mencegah kepala pengemudi membentur kaca depan, mencegah pengemudi terbentur ke stir atau roda kemudi, mengurangi resiko terlempar dan mencegah membentur dasboard mobil, pada saat terjadi kecelakaan.
Penggunaan sabuk pengaman yang tepat dan benar perlu untuk diperhatikan. Janganlah melingkarkan sabuk di atas pusar/perut, karena Perut manusia adalah bagian tubuh yang lemah, yang tidak mampu menerima benturan. Posisikan sabuk melintang di bawah pusar, menyentuh pangkal paha dan melintas di tulang pinggul.

2. Ban Cadangan

Perlengkapan yang satu ini sering lupa disediakan oleh para pengendara. Ban cadangan sangat penting untuk selalu disediakan, apalagi saat Anda berpergian jauh. Pastikan ban cadangan selalu dalam kondisi yang baik, guna tercapainya kenyamanan saat berkendara di jalan.

3. Segitiga Pengaman

Segtiga Pengaman berfungsi sebagai tanda, dipergunakan dengan memasangnya di dekat mobil yang sedang darurat berhenti di bahu jalan. Pemilihan kualitas segitiga pengaman yang baik juga harus diperhatikan, agar sesuai dengan kondisi jalanan. Pilihlah segitiga pengaman yang benar-benar dapat mereflesikan/memantulkan sinar, terutama dalam kondisi malam hari.

4. Dongkrak

Dongkrak merupakan alat yang sangat penting untuk selalu tersedia dan tersimpan dalam kendaraan Anda. Dongkrak adalah alat bantu yang biasa dibutuhkan dan digunakan dalam memperbaiki kaki-kaki mobil seperti velg, ban, shockbreaker, kampas rem, bahkan juga digunakan dalam memeriksa mesin yang letaknya berada di bawah mobil, serta kebutuhan penting lainnya.

5. Pembuka Roda

Pembuka roda juga penting dipastikan selalu ada di mobil. Penyiapan alat ini harus disesuaikan dengan kebutuhan ukuran roda mobil Anda. Hal ini karena ukuran ban mobil dari berbagai jenis kendaran adalah tidak sama. Pembuka roda sangat dibutuhkan saat Anda hendak mengganti atau bongkar pasang ban saat kempes di tengah perjalanan.

Comments

Related Post

Suzuki Luncurkan Yoshimura GSX-R750 2014 Limited Edition

Suzuki Luncurkan Yoshimura GSX-R750 2014 Limited Edition

okein.com – Suzuki kembali menghadirkan superbike jagoannya yakni Suzuki GSX-R750 2014 Yoshimura. Dengan mengusung warna cat two-tone – perpaduan gahar antara merah dan hitam menjadikannya lebih berkarakter gagah. Superbike Suzuki GSX-R750 2014 kali ini didesain khusus lengkap dengan aksesoris berkualitas tinggi asal pabrikan Yoshimura. Adapun beberapa bagian yang ada di Suzuki GSX-R750 2014 adalah, knalpot Read More »

Wow, Inikah Motor Teraman Dunia?

Wow, Inikah Motor Teraman Dunia?

okein.com – Chak Motors, produsen otomotif asal Rusia, kini tengah mengembangkan Molot motor. Motor ini nantinya bakal mengusung tag line ‘Motor teraman di dunia’ yang telah dibekali teknologi radar. Dengan teknologi radar ini, pengendara dimungkinkan untuk dapat mendeteksi jikalau ada kendaraan yang terlalu dekat dengan motor yang dikendarai. Seperti dilansir dari Visordown, Sabtu (28/02/2014), Molot Read More »

Xenia diharapkan hingga 40 Tahun, Layaknya Kijang

Xenia diharapkan hingga 40 Tahun, Layaknya Kijang

okein.com – Diluncurkannya kijang memang menjadi keunikan tersendiri di Indonesia. Penjualan yang tak ada hentinya menunjukkan jika Toyota telah menjawab keinginan masyarakat terhadap mobil yang mereka inginkan. Kini kendaraan Kijang ini sudah hampir berumur 40 tahun, dan saat ini level Kijang naik yang hadir dalam sosok Innova, yang saat ini harganya tidak lagi murah seperti Read More »

Wow, Harga Motor Ini Bikin Anda Terkejut

Wow, Harga Motor Ini Bikin Anda Terkejut

Ninja 400 ABS Limited Edition telah adalah motor sport dengan kapasitas mesin 400cc. Model yang diusungnya ini sangat unik yang menjadi ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan model motor sport lainnya. Bodi motor Ninja 400 ABS Limited Edition ini memiliki tampilan sporty dan memiliki mesin silinder ganda untuk menghasilkan performa maksimal. Ninja 400 ABS Limited Read More »