TOP News
Home » Sehat » Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka

Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka

Siapa yang tidak tahu buah Semangka, buah yang kaya air, enak dan menyegarkan ini sangat cocok dikonsumsi pada musim kemarau seperti saat ini. Daging buah semangka ada yang berwarna merah dan kuning dan berkhasiat sebagai antioksidan alami.

Semangka termasuk buah non klimaterik, sehingga tingkat kemanisannya tidak akan bertambah setelah dipetik. Buah semangka yang telah masak, terasa berat saat diangkat, tidak bernada nyaring saat diketuk dan bagian tengah bawah semangkanya berwarna kuning.
Ternyata daging buah dari semangka bermanfaat bagi kesehatan, dapat mengurangi kerusakan pada otot. Di samping itu, semangka juga berkhasiat menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, anti peradangan/inflamasi.

Warna buah semangka berwarna merah dan kuning. Perbedaan warna daging buah ini menentukan zat pigmen warna yang berfungsi ganda sebagai antioksidan alami. Daging buah semangka yang berwarna merah kaya akan likopen. Sementara, daging buah semangka yang berwarna kuning tidak mengandung likopen.

Meskipun begitu, semangka berwarna kuning memiliki tingkat kemanisan lebih tinggi dibanding semangka berwarna merah. Selain kandungan antioksidan, semangka dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi. Anda dapat memakan langsung irisan semangka atau mengolah semangka menjadi jus maupun sorbet. Meminum jus semangka seusai berolahraga secara ruti dapat mencegah terjadinya kerusakan otot secara permanen.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

okein.com – Siapa bilang kesehatan itu hanya milik orang-orang yang bekerja fisik. Tidak perlu kawatir bila saat ini ada diantara kita yang bekerja dengan pikiran dengan duduk berjam-jam. Aktivitas main game yang berlebihan, pekerja kantoran dengan aktivitas fisik yang sangat terbatas harus mengetahui cara duduk yang baik agar terhindar dari berbagai keluhan-keluhan kesehatan. Bila pekerjaan Read More »

Kacang-Kacangan Berikut, Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur

Kacang-Kacangan Berikut, Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur

okein.com – Mengonsumsi kacang-kacangan jenis tertentu dapat membuat Anda terbebas dari sejumlah penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Disamping itu, mengonsumsi jenis kacang-kacangan tertentu, seperti yang dilansir dari grandparents.com, mampu menjadikan Anda lebih panjang umur. Berikut kacang-kacangan yang dipercaya dapat menambah panjang umur: Kacang Walnut (Kenari) Kacang ini diperkaya dengan nutrisi omega 3 yang mampu Read More »

7 Khasiat Teh Hijau Yang Belum Kamu Ketahui

7 Khasiat Teh Hijau Yang Belum Kamu Ketahui

okein.com – Manfaat dan khasiat teh hijau sudah sejak dulu diketahui, namun tak jarang yang mengetahui 7 khasiat teh hijau terhadap kesehatan berikut ini. Teh hijau kaya akan berbagai zat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh misalnya saja seperti polifenol. Polifenol adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tubuh terkena efek radikal bebas, radikal bebas sendiri Read More »

Bakteri E-coli Picu Penyakit Lebih Parah

Bakteri E-coli Picu Penyakit Lebih Parah

okein.com – Bakteri E-coli (Escherichia coli) adalah sekelompok bakteri yang biasanya ditemukan dalam makanan dan air. Pada umumnya dari bakteri ini tidak berbahaya, namun beberapa jenis mampu menimbulkan berbagai penyakit. Disamping itu, Racun dari bakteri ini sering menyebabkan masalah perut dan usus, seperti diare dan muntah. Contoh beberapa makanan yang dapat menularkan bakteri E.coli adalah Read More »