TOP News
Home » Sehat » Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka
Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka

Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka

Siapa yang tidak tahu buah Semangka, buah yang kaya air, enak dan menyegarkan ini sangat cocok dikonsumsi pada musim kemarau seperti saat ini. Daging buah semangka ada yang berwarna merah dan kuning dan berkhasiat sebagai antioksidan alami.

Semangka termasuk buah non klimaterik, sehingga tingkat kemanisannya tidak akan bertambah setelah dipetik. Buah semangka yang telah masak, terasa berat saat diangkat, tidak bernada nyaring saat diketuk dan bagian tengah bawah semangkanya berwarna kuning.
Ternyata daging buah dari semangka bermanfaat bagi kesehatan, dapat mengurangi kerusakan pada otot. Di samping itu, semangka juga berkhasiat menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, anti peradangan/inflamasi.

Warna buah semangka berwarna merah dan kuning. Perbedaan warna daging buah ini menentukan zat pigmen warna yang berfungsi ganda sebagai antioksidan alami. Daging buah semangka yang berwarna merah kaya akan likopen. Sementara, daging buah semangka yang berwarna kuning tidak mengandung likopen.

Meskipun begitu, semangka berwarna kuning memiliki tingkat kemanisan lebih tinggi dibanding semangka berwarna merah. Selain kandungan antioksidan, semangka dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi. Anda dapat memakan langsung irisan semangka atau mengolah semangka menjadi jus maupun sorbet. Meminum jus semangka seusai berolahraga secara ruti dapat mencegah terjadinya kerusakan otot secara permanen.

Comments

Related Post

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi Penting

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi Penting

okein.com – Seperti diketahui bahwa, mangga adalah tanaman buah tahunan berupa pohon asal India kaya dengan vitamin. Tanaman ini menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mengonsumsi jus mangga segelas sehari dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 60-100%. Disamping itu kandungan vitamin A dalam buah ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Tidak hanya itu, Read More »

Kacang Pikan, Bantu Cegah Terkena Serangan Prostat

Kacang Pikan, Bantu Cegah Terkena Serangan Prostat

okein.com – Kacang adalah salah satu jenis makanan super, dimana manfaat kacang untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan oleh Kacang Pistasio. Kacang yang satu ini memiliki I-arginine yang mampu menjadikan aliran pembuluh arteri lebih fleksibel. Sehingga, bisa mengurangi risiko serangan jantung maupun terkena penyakit stroke. Ternyata yang memiliki manfaat terhadap kesehatan dari Read More »

Ingin Punya Tubuh Langsing Sepanjang Masa? Simak Rahasianya

Ingin Punya Tubuh Langsing Sepanjang Masa? Simak Rahasianya

Bagi sebagian wanita tentu tak sedikit yang menginginkan postur tubuh langsing sepanjang usia. Tentunya memiliki tubuh langsing bukan hanya sekedar dengan berolah raga namun ada rahasia-rahasia lain yang jarang diketahui. Seperti dikabarkan dari laman Timesofindia, Rabu (6/5/2015) berikut ini merupakan empat rahasia langsing langsing sepanjang usia. Mengkonsumsi makanan dengan banyak warna Keanekaragaman warna dalam sayur Read More »

Ini Dia Nutrisi Yang Terkandung dalam Jus Tomat

Ini Dia Nutrisi Yang Terkandung dalam Jus Tomat

Tomat adalah jenis tumbuhan tropis yang pada umumnya tumbuh di daerah dengan kondisi udara lembab dan dingin. Buah ini memiliki bentuk bulat dan ketika sudah matang berwarna merah. Di Indonesia, tomat adalah makanan sehari hari bagi baik digunakan sebagai bahan campuran makanan maupun diolah jadi minuman menyegarkan yang dikenal dengan jus tomat. Rasanya yang asem Read More »