Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka

Advertisement

Siapa yang tidak tahu buah Semangka, buah yang kaya air, enak dan menyegarkan ini sangat cocok dikonsumsi pada musim kemarau seperti saat ini. Daging buah semangka ada yang berwarna merah dan kuning dan berkhasiat sebagai antioksidan alami.

Semangka termasuk buah non klimaterik, sehingga tingkat kemanisannya tidak akan bertambah setelah dipetik. Buah semangka yang telah masak, terasa berat saat diangkat, tidak bernada nyaring saat diketuk dan bagian tengah bawah semangkanya berwarna kuning.
Ternyata daging buah dari semangka bermanfaat bagi kesehatan, dapat mengurangi kerusakan pada otot. Di samping itu, semangka juga berkhasiat menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, anti peradangan/inflamasi.

Warna buah semangka berwarna merah dan kuning. Perbedaan warna daging buah ini menentukan zat pigmen warna yang berfungsi ganda sebagai antioksidan alami. Daging buah semangka yang berwarna merah kaya akan likopen. Sementara, daging buah semangka yang berwarna kuning tidak mengandung likopen.

Meskipun begitu, semangka berwarna kuning memiliki tingkat kemanisan lebih tinggi dibanding semangka berwarna merah. Selain kandungan antioksidan, semangka dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi. Anda dapat memakan langsung irisan semangka atau mengolah semangka menjadi jus maupun sorbet. Meminum jus semangka seusai berolahraga secara ruti dapat mencegah terjadinya kerusakan otot secara permanen.

Advertisement

Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka | Imam Tauqit | 4.5

Leave a Reply