TOP News
Home » Sehat » Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka

Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka

Siapa yang tidak tahu buah Semangka, buah yang kaya air, enak dan menyegarkan ini sangat cocok dikonsumsi pada musim kemarau seperti saat ini. Daging buah semangka ada yang berwarna merah dan kuning dan berkhasiat sebagai antioksidan alami.

Semangka termasuk buah non klimaterik, sehingga tingkat kemanisannya tidak akan bertambah setelah dipetik. Buah semangka yang telah masak, terasa berat saat diangkat, tidak bernada nyaring saat diketuk dan bagian tengah bawah semangkanya berwarna kuning.
Ternyata daging buah dari semangka bermanfaat bagi kesehatan, dapat mengurangi kerusakan pada otot. Di samping itu, semangka juga berkhasiat menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, anti peradangan/inflamasi.

Warna buah semangka berwarna merah dan kuning. Perbedaan warna daging buah ini menentukan zat pigmen warna yang berfungsi ganda sebagai antioksidan alami. Daging buah semangka yang berwarna merah kaya akan likopen. Sementara, daging buah semangka yang berwarna kuning tidak mengandung likopen.

Meskipun begitu, semangka berwarna kuning memiliki tingkat kemanisan lebih tinggi dibanding semangka berwarna merah. Selain kandungan antioksidan, semangka dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi. Anda dapat memakan langsung irisan semangka atau mengolah semangka menjadi jus maupun sorbet. Meminum jus semangka seusai berolahraga secara ruti dapat mencegah terjadinya kerusakan otot secara permanen.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

7 Khasiat Mengonsumsi Jus Apel Secara Rutin

7 Khasiat Mengonsumsi Jus Apel Secara Rutin

7 khasiat mengonsumsi jus apel secara rutin – Buah apel adalah buah yang terkenal di seluruh dunia dan bahkan hampir semua orang menyukainya. Apel juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan ada ungkapan yang menyebutkan bahwa ‘an apple a day, keeps the doctor away’. Maksud dari ungkapan ini adalah apabila Anda mengonsumsi sebutir apel Read More »

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Nutrisi – Manfaat buah mentimun ternyata tidak hanya sekedar untuk menambah menu hidangan dalam masakan saja, namun juga untuk membantu meningkatkan kesehatan. Meski sudah terbiasa dengan buah yang satu ini, tak sedikit orang yang tidak mengetahui jika mentimun dapat mencegah serangan radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Seperti dilansir dari Health Me Up Read More »

Menakjubkan, Khasiat Buah Apel Ini Dapat Mencegah Kelelahan

Menakjubkan, Khasiat Buah Apel Ini Dapat Mencegah Kelelahan

okein.com – Tidak semua orang mengetahui dengan pasti apa khasiat dan manfaat buah apel untuk kesehatan. Seperti diketahui bahwa, buah apel menjadi salah satu makanan atau cemilan favorit bagi seseorang dan bahkan Anda adalah salah satunya. Ketika sudah matang, buah apel memiliki rasa yang manis, tekstur yang renyah, banyak mengandung serat dan vitamin. Jadi tidak Read More »

Kacang Hijau, Bantu Cegah Kanker Payudara

Kacang Hijau, Bantu Cegah Kanker Payudara

Kesehatan – Manfaat kacang hijau sangatlah banyak, baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan seperti menjadikan rambut dan kulit lebih berkilau, penyerap kolesterol jahat serta pembunuh sel kanker. Nutrisi yang terkandung dalamnya sangat baik untuk membantu menyerap kolesterol berlebihan dalam tubuh serta membersihkan usus. Jika usus sehat maka tentu saja tekanan darah juga jadi lebih stabil Read More »