TOP News
Home » Sehat » Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka
Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka

Cara Mudah Mencegah Kerusakan Otot Dengan Mengkonsumsi Buah Semangka

Siapa yang tidak tahu buah Semangka, buah yang kaya air, enak dan menyegarkan ini sangat cocok dikonsumsi pada musim kemarau seperti saat ini. Daging buah semangka ada yang berwarna merah dan kuning dan berkhasiat sebagai antioksidan alami.

Semangka termasuk buah non klimaterik, sehingga tingkat kemanisannya tidak akan bertambah setelah dipetik. Buah semangka yang telah masak, terasa berat saat diangkat, tidak bernada nyaring saat diketuk dan bagian tengah bawah semangkanya berwarna kuning.
Ternyata daging buah dari semangka bermanfaat bagi kesehatan, dapat mengurangi kerusakan pada otot. Di samping itu, semangka juga berkhasiat menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, anti peradangan/inflamasi.

Warna buah semangka berwarna merah dan kuning. Perbedaan warna daging buah ini menentukan zat pigmen warna yang berfungsi ganda sebagai antioksidan alami. Daging buah semangka yang berwarna merah kaya akan likopen. Sementara, daging buah semangka yang berwarna kuning tidak mengandung likopen.

Meskipun begitu, semangka berwarna kuning memiliki tingkat kemanisan lebih tinggi dibanding semangka berwarna merah. Selain kandungan antioksidan, semangka dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi. Anda dapat memakan langsung irisan semangka atau mengolah semangka menjadi jus maupun sorbet. Meminum jus semangka seusai berolahraga secara ruti dapat mencegah terjadinya kerusakan otot secara permanen.

Comments

Related Post

Jeruk Nipis, Bikin Pencernaan Lebih Sehat

Jeruk Nipis, Bikin Pencernaan Lebih Sehat

Manfaat Jeruk nipis – Masyarakat Indonesia pada umumnya mengenal jeruk nipis hanya digunakan sebagai bahan minuman atau bahan pelengkap hidangan. Disamping, bisa menguatkan rasa makanan, buah ini juga memiliki banyak sekali nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti flavanoids. Kandungan flavanoids dalam jeruk nipis mampu meningkatkan produksi empedu serta cairan pencernaan yang mampu mengeluarkan Read More »

9 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi ini Wajib Kamu Ketahui

9 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi ini Wajib Kamu Ketahui

Mengetahui penyebab utama kadar kolesterol tinggi merupakan cara efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Supaya organ-organ penting dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik, maka sebaiknya kita harus tetap menjaga kolesterol selalu seimbang. Karena jika tubuh memiliki kadar kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penyumbatan pada bagian pembuluh darah tubuh dan meningkatnya resiko terserang penyakit kardiovaskular. Salahsatu penyebab Read More »

Ini Dia Obat Sariawan Alami Yang Paling Dicari

Ini Dia Obat Sariawan Alami Yang Paling Dicari

Cara mudah mengobati sariawan dengan bahan alami – Siapa yang tidak pernah mengalami sakit sariawan. Meski sariawan biasanya berbentuk luka kecil di mulut Anda, rasanya menyakitkan dan sangat menganggu mood aktifitas kita. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengobati sariawan dengan menggunakan bahan alami: 1. Mengkonsumsi Buah-buahan Read More »

Ini Dia Penyebab Kerontokan Rambut Yang Jarang Diketahui

Ini Dia Penyebab Kerontokan Rambut Yang Jarang Diketahui

Stylista – Rambut disebut-sebut sebagai mahkota setiap wanita dan rambut rontok merupakan salah satu kejadian yang paling tak disukai wanita maupun pria. Banyaknya rambut yang rontok bisa merusak penampilan dan menyebabkan seseorang jadi kurang percaya diri. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok. Seperti tidak seimbangnya hormon, menopause, kehamilan, anemia, menjalankan diet yang salah Read More »