TOP News
Home » Sehat » Cara Mudah Dan Benar Menangani Sayur Dan Buah, Agar Terhindar Dari Kuman Dan Bakteri Patogen

Cara Mudah Dan Benar Menangani Sayur Dan Buah, Agar Terhindar Dari Kuman Dan Bakteri Patogen

Mencuci sayur dan buah dengan air mengalir selama beberapa detik, ternyata belum cukup untuk menyingkirkan bakteri/kuman, debu, ataupun pestisida yang ada pada sayur dan buah.

Menyimpan bahan makanan dalam kulkas, ternyata juga dapat menjadi media penularan bakteri patogen/kuman pada bahan makanan, yang memicu keracunan makanan pengonsumsinya. Meskipun kita telah mencucinya sebelum menyimpan di dalam kulkas. Uniknya, ada beberapa jenis bakteri tertentu yang dapat bertahan hidup selama seminggu di dalam kulkas.

Menyikapi fenomena tersebut diatas, berikut ini uraian mengenai cara mudah dan benar menangani sayur dan buah sebelum dikonsumsi, agar terhindar dari kuman dan bakteri patogen, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com:

A. Cara menyimpan

Biarkanlah sayur dan buah tetap berada di plastik wadahnya, dari pada mengeluarkannya dan meletakknya langsung di kulkas. Akan tetapi sedikit longgarkanlah plastik wadahnya, agar kelembaban dapat keluar dan mencegah pertumbuhan jamur.

B. Cara membilas

Cucilah setiap jenis sayur dan buah di bawah air mengalir selama 30-60 detik. Sebenarnya dengan air keran tanpa sabun pun sudah cukup bersih, asalkan dibilas selama waktu tersebut.

C. Cara menggosok

Gunakanlah tangan untuk menggosok kulit sayur dan buah, agar kuman dan bakteri mudah untuk dihilangkan. Akan tetapi jangan menggosoknya terlalu keras.

Untuk sayur dan buah yang keras, Anda dapat memakai sikat khusus buah dan sayur, ataupun dapat menggunakan sikat gigi yang bersih. Penggunaan sikat itu terutama untuk sayuran yang memiliki celah kecil, seperti brokoli atau kembang kol.

Cucilah permukaan/bagian kulit luar dari buah jeruk, melon, atau semangka, meskipun jenis buah tersebut dapat dikupas kulitnya. Karena menurut Professor Sandria Godwin, di College of Agriculture, Human and Natural Science, Tennessee State University, AS. Mengutarakan bahwa saat kita memotong bahan pangan dengan pisau, bakteri di permukaan kulit dari bahan makanan dapat masuk ke dalam daging dari bahan makanan tersebut.

D. Cara merendam

Secara umum sayur dan buah tidak perlu untuk direndam, kecuali sayuran berdaun hijau seperti bayam, daun singkong, atau selada. Setelah direndam, bilaslah di bawah air mengalir.(tao)

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Cara Membersihkan Telinga Dengan Mudah

Cara Membersihkan Telinga Dengan Mudah

Telinga adalah organ vital dari sistem sensori tubuh manusia, yang merupakan organ sistem pendengaran dengan fungsi bertanggung jawab untuk indera pendengaran. Sering kali kita temui dalam telinga kita kotoran telinga yang berlebihan dan terkadang sulit dibersihkan. Menurut para ahli, kekurangan asam lemak Omega 3, seng, dan magnesium dapat menghasilkan kotoran telinga yang berlebih. Kotoran telinga Read More »

Buah Pisang Ini Bikin Cepat Sembuh Dari Sakit

Buah Pisang Ini Bikin Cepat Sembuh Dari Sakit

okein.com – Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang, hampir disetiap daerah terdapat buah pisang. Khasiat dan manfaat buah pisang sendiri telah lama diketahui, terlebih bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Untuk ibu hamil, buah pisang sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, hal tersebut dikarenakan dalam buah pisang terkandung nutrisi yang baik untuk janin Read More »

Ternyata, 7 Hal Ini Bikin Pilek Tak Sembuh-sembuh

Ternyata, 7 Hal Ini Bikin Pilek Tak Sembuh-sembuh

Jika kita bterserang pilek di musim penghujan, ini merupakan hal wajar yang kita alami. Namun, ketika pilek tak kunjung sembuh maka kita patut waspada. Selain infeksi bakteri atau virus, berikut adalah beberapa hal yang yang membuat pilekmu tak kunjung reda. Stres Ketika hormon kortisol dalam tubuh meningkat, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan membuat Read More »

Penyakit Ini Disebut-sebut Paling Mematikan Untuk Wanita

Penyakit Ini Disebut-sebut Paling Mematikan Untuk Wanita

okein.com – Tak sedikit orang yang mengira jika kanker adalah penyakit yang paling berbahaya dan mematikan untuk kaum hawa. Akan tetapi dalam sebuah penelitian di Inggris menunjukkan hal yang cukup mengejutkan. Dimana mereka telah menemukan penyakit yang jadi ancaman jiwa wanita yang sebenarnya bukan kanker. Dalam sebuah penelitian sebelumnya yang dilakukan terhadap wanita di Inggris Read More »