TOP News
Home » Sehat » Cara Mudah dan Benar Menangani Sayur dan Buah, Agar Terhindar dari Kuman dan Bakteri Patogen
Cara Mudah dan Benar Menangani Sayur dan Buah, Agar Terhindar dari Kuman dan Bakteri Patogen

Cara Mudah dan Benar Menangani Sayur dan Buah, Agar Terhindar dari Kuman dan Bakteri Patogen

Mencuci sayur dan buah dengan air mengalir selama beberapa detik, ternyata belum cukup untuk menyingkirkan bakteri/kuman, debu, ataupun pestisida yang ada pada sayur dan buah.

Menyimpan bahan makanan dalam kulkas, ternyata juga dapat menjadi media penularan bakteri patogen/kuman pada bahan makanan, yang memicu keracunan makanan pengonsumsinya. Meskipun kita telah mencucinya sebelum menyimpan di dalam kulkas. Uniknya, ada beberapa jenis bakteri tertentu yang dapat bertahan hidup selama seminggu di dalam kulkas.

Menyikapi fenomena tersebut diatas, berikut ini uraian mengenai cara mudah dan benar menangani sayur dan buah sebelum dikonsumsi, agar terhindar dari kuman dan bakteri patogen, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com:

A. Cara menyimpan

Biarkanlah sayur dan buah tetap berada di plastik wadahnya, dari pada mengeluarkannya dan meletakknya langsung di kulkas. Akan tetapi sedikit longgarkanlah plastik wadahnya, agar kelembaban dapat keluar dan mencegah pertumbuhan jamur.

B. Cara membilas

Cucilah setiap jenis sayur dan buah di bawah air mengalir selama 30-60 detik. Sebenarnya dengan air keran tanpa sabun pun sudah cukup bersih, asalkan dibilas selama waktu tersebut.

C. Cara menggosok

Gunakanlah tangan untuk menggosok kulit sayur dan buah, agar kuman dan bakteri mudah untuk dihilangkan. Akan tetapi jangan menggosoknya terlalu keras.

Untuk sayur dan buah yang keras, Anda dapat memakai sikat khusus buah dan sayur, ataupun dapat menggunakan sikat gigi yang bersih. Penggunaan sikat itu terutama untuk sayuran yang memiliki celah kecil, seperti brokoli atau kembang kol.

Cucilah permukaan/bagian kulit luar dari buah jeruk, melon, atau semangka, meskipun jenis buah tersebut dapat dikupas kulitnya. Karena menurut Professor Sandria Godwin, di College of Agriculture, Human and Natural Science, Tennessee State University, AS. Mengutarakan bahwa saat kita memotong bahan pangan dengan pisau, bakteri di permukaan kulit dari bahan makanan dapat masuk ke dalam daging dari bahan makanan tersebut.

D. Cara merendam

Secara umum sayur dan buah tidak perlu untuk direndam, kecuali sayuran berdaun hijau seperti bayam, daun singkong, atau selada. Setelah direndam, bilaslah di bawah air mengalir.(tao)

Comments

Related Post

Ini Dia Nutrisi Yang Terkandung dalam Jus Tomat

Ini Dia Nutrisi Yang Terkandung dalam Jus Tomat

Tomat adalah jenis tumbuhan tropis yang pada umumnya tumbuh di daerah dengan kondisi udara lembab dan dingin. Buah ini memiliki bentuk bulat dan ketika sudah matang berwarna merah. Di Indonesia, tomat adalah makanan sehari hari bagi baik digunakan sebagai bahan campuran makanan maupun diolah jadi minuman menyegarkan yang dikenal dengan jus tomat. Rasanya yang asem Read More »

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Nutrisi – Manfaat buah mentimun ternyata tidak hanya sekedar untuk menambah menu hidangan dalam masakan saja, namun juga untuk membantu meningkatkan kesehatan. Meski sudah terbiasa dengan buah yang satu ini, tak sedikit orang yang tidak mengetahui jika mentimun dapat mencegah serangan radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Seperti dilansir dari Health Me Up Read More »

Minum Kopi, Bantu Bakar Lemak Dalam Tubuh

Minum Kopi, Bantu Bakar Lemak Dalam Tubuh

okein.com – Kopi ternyata tak hanya dikenal sebagai minuman penghilang rasa kantuk dan pembangkit tenaga di pagi hari saja. Namun, kopi diketahui juga mampu membantu menurunkan berat badan badan secara efektif, setidaknya demikian seperti yang dilansir dari care2.com. Kopi pada umumnya besar terdiri zat yang dikenal dengan nama kafein, zat ini diketahui baik untuk membakar Read More »

6 Macam sayuran berikut kaya akan protein

6 Macam sayuran berikut kaya akan protein

okein.com – Mungkin Anda sempat berpikir untuk menjadi penganut diet vegetarian dan takut akan kebutuhan protein Anda tidak terpenuhi? Mulai kini jangan takut! Pasalnya ternyata terdapat beberapa jenis sayuran yang kaya akan protein di dalamnya seperti sayuran berikut. Kacang-kacangan Kacang-kacangan adalah jenis sayuran yang kaya akan protein di baliknya. Di setiap 100 gram takaran saji, Read More »