TOP News
Home » Otomotif » Cara Mudah dan Aman Mengemudi di Jalan
Cara Mudah dan Aman Mengemudi di Jalan

Cara Mudah dan Aman Mengemudi di Jalan

Di manapun Anda berada, teknik dan aturan mengemudi adalah hampir sama. Yang paling susah adalah bagaimana seorang pengemudi harus bersikap dan menyesuaikan diri pada kondisi lalu intas yang berbeda. Mampukah seorang pengemudi dapat konsisten bersikap benar, tidak terprovokasi, tidak agresif dan tidak bosan saat berkendara.

Kondisi lalu lintas sangat komplek dan bervariatif sekali keadaannya, contohnya di jalan tol rata-rata kendaraan bergerak dan melaju dengan kecepatan tinggi, dijalan raya umum yang jenis penggunanya beragam, berbeda-beda tingkat kecepatannya, atau bahkan kadang orang menyeberang tidak pada tempatnya. Hal inilah yang menuntut para pengemudi, agar lebih paham dan menguasai teknik defensive dalam mengemudi dengan benar.

Berikut ini Cara Mudah dan Aman Mengemudi di Jalan, dengan lima panduan yang wajib dilakukan pengemudi saat berkendara, sebagaimana penuturan Sony Susmana (Instruktur Safety Defensive Consultant Indonesia) yang dikutip dari autocarindonesia.com:

1. Melihat obyek dengan metode SEE ( Search Evaluate Execute)

Biasakan bagi pengemudi untuk melihat potensi bahaya di sekelilingnya, dengan urutan yang terjauh dahulu, pilah mana yang berpotensi bahaya. Setelah obyek mulai mendekat dengan kita, evaluasi obyek tersebut. Lihat resiko bahayanya. Bereaksi (execute) dengan menghindar yang benar untuk keselamatan. Teknik ini membantu pengemudi selalu bersikap proaktif.

2. Mata terus bergerak

Dengan mata yang terus bergerak saat mengemudi, tingkat kewaspadaan pengemudi akan terjaga. Tekniknya adalah: melihat obyek di depan spion kiri/kanan dua detik, obyek depan dan spion tengah satu detik, obyek depan dan indicator dashboard satu detik dan terus dilakukan berulang-ulang selama mengemudi.

3. Commentary driving

Mengemudi sambil berbicara dan melihat potensi bahaya. Mengidentifikasikan semua hal yang berpotensi bahaya dari bentuk visual ke dalam bentuk bahasa. Tujuannya agar pengemudi lebih fokus. Teknik ini juga membantu pengemudi tidak bosan dalam mengemudi, sehingga gejala mengantuk dapat terhindar.

4. Jaga jarak aman agar mendapat ruang dalam menghindar

Semakin cepat kendaraan bergerak, semakin besar resiko bahayanya. Lakukan metode “ 4 second rules” atau pedoman empat detik . Sebagai penjelasannya adalah kita ambil asumsi reaksi yang timbul (reaksi manusia satu detik, reaksi kendaraan satu detik, reaksi rem/slip satu detik, dan reaksi keselamatan satu detik).

Cara pengaplikasiannya: sesuaikan kecepatan kendaraan dengan kendaraan yang ada di depan Anda. Kemudian ambil satu patokan obyek statis (contoh obyek: tiang listrik, tiang rambu, atau pohon) di depan, ketika patokan tersebut sejajar dengan kendaraan didepan Anda, mulailah menghitung satu detik dan seterusnya. Pada saat kendaraan Anda sejajar dengan patokan tersebut, usahakan Anda berada dihitungan detik ke-4.

Dengan metode tersebut, jika semakin cepat kendaraan bergerak, maka jarak Anda dengan kendaraan didepannya akan semakin jauh dan pasti akan semakin aman, biasakanlah selalu berfikir mencari ruang aman.

5. Komunikasi dengan sesama pengguna jalan

Ada beberapa alat komunikasi pada kendaraan yang efektif bekerja secara otomatis. Jangan gunakan alat komunikasi yang tidak biasa digunakan antar para pengemudi, yang dapat membuat proses komunikasi tidak menyambung dengan baik.
Contoh dari komunikasi tersebut adalah pada saat Anda mengerem dengan panik, lampu belakang yang menyala di kendaraan Anda berwarna merah. Jika jarak pandang yang terbatas karena cuaca buruk, maka nyalakanlah lampu dekat/jauh. Kendaraan Anda sedang bermasalah dan berada di bahu jalan, maka nyalakanlah lampu hazard. Jika Anda ingin pindah lajur atau berbelok, maka gunakan lampu sign. Bergerak maju/mundur di persimpangan tanpa rambu, maka gunakanlah klakson.

Banyak pengemudi pada kondisi merasa tidak yakin (seperti diatas), hanya mengandalkan lampu hazard, bukannya tidak boleh akan tetapi lebih baik Anda fokus pada tindakan keselamatan terlebih dahulu, apakah langkah Anda sudah benar dan selamat.

Lima panduan diatas adalah tindakan proaktif yang harus terus dilatih secara rutin bagi para pengemudi, sehingga nantinya menjadikan para pengemudi dapat memiliki kebiasaan berfikir positif dan bertindak positif saat mengemudi di jalan.

Comments

Related Post

Ini Dia Bentuk Monster Sedan Mewah dari Nissan

Ini Dia Bentuk Monster Sedan Mewah dari Nissan

okein.com – Apa jadinya jika mobil mewah Nissan dirubah jadi Mutan. Mutan adalah gambaran makhluk mengerikan bak alien dari luar angkasa. Seorang penggila otomotif yang sekaligus memiliki skill dan software khusus telah mendesain mobil sedan mewah Nissan Maxima jadi mobil ‘Mutan’. Dikabarkan dari laman englishrusia, Selasa (04/03/2014), pria yang tak dikatakan namanya itu telah menggunakan Read More »

Suzuki Luncurkan Yoshimura GSX-R750 2014 Limited Edition

Suzuki Luncurkan Yoshimura GSX-R750 2014 Limited Edition

okein.com – Suzuki kembali menghadirkan superbike jagoannya yakni Suzuki GSX-R750 2014 Yoshimura. Dengan mengusung warna cat two-tone – perpaduan gahar antara merah dan hitam menjadikannya lebih berkarakter gagah. Superbike Suzuki GSX-R750 2014 kali ini didesain khusus lengkap dengan aksesoris berkualitas tinggi asal pabrikan Yoshimura. Adapun beberapa bagian yang ada di Suzuki GSX-R750 2014 adalah, knalpot Read More »

Xenia diharapkan hingga 40 Tahun, Layaknya Kijang

Xenia diharapkan hingga 40 Tahun, Layaknya Kijang

okein.com – Diluncurkannya kijang memang menjadi keunikan tersendiri di Indonesia. Penjualan yang tak ada hentinya menunjukkan jika Toyota telah menjawab keinginan masyarakat terhadap mobil yang mereka inginkan. Kini kendaraan Kijang ini sudah hampir berumur 40 tahun, dan saat ini level Kijang naik yang hadir dalam sosok Innova, yang saat ini harganya tidak lagi murah seperti Read More »

Wow, Inikah Motor Teraman Dunia?

Wow, Inikah Motor Teraman Dunia?

okein.com – Chak Motors, produsen otomotif asal Rusia, kini tengah mengembangkan Molot motor. Motor ini nantinya bakal mengusung tag line ‘Motor teraman di dunia’ yang telah dibekali teknologi radar. Dengan teknologi radar ini, pengendara dimungkinkan untuk dapat mendeteksi jikalau ada kendaraan yang terlalu dekat dengan motor yang dikendarai. Seperti dilansir dari Visordown, Sabtu (28/02/2014), Molot Read More »