TOP News
Home » Sehat » Cara memutihkan gigi secara alami
Cara memutihkan gigi secara alami Gigi putih (img: tribunnews)

Cara memutihkan gigi secara alami

Gigi Anda masih berwarna kurang putih, meski telah rutin melakukan gosok gigi setiap hari? Mungkin dengan menyimak dan melakukan beberapa cara memutihkan gigi secara alami dengan bahan bahan berikut ini, masalah gigi Anda yang kurang putih dapat teratasi . berikut beberapa bahan alami tersebut:

1. Arang Kayu
Meski Arang kayu berwarna hitam, namun cara memutihkan gigi secara alami telah diterapkan secara tradisional sejak dahulu kala, dan ampuh menghilangkan warna kuning pada gigi. Akan tetapi pemakaian arang kayu harus berhati-hati dan tidak berlebihan, karena dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Jadi jangan terlalu sering dan digosokkan dengan perlahan.

2. Kayu Siwak
Penggunaan Siwak atau miswak yang merupakan dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut banyak dikenal digunakan awalnya oleh orang dari bangsa arab. Cara ini sudah dilakukan kaum muslim sejak jaman rosullulloh SAW, untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi.

Semua dahan atau akar pohon prinsipnya dapat digunakan untuk bersiwak, asalkan memenuhi syarat, lembut dan harus terjaga kebersihannya. Penggunaanya dapat dengan langsung menggosok gosokkan kayu siwak ke gigi atau dilembutkan lebih dahulu, kemudian di gosokkan ke gigi dengan sikat gigi secara perlahan. Bersiwak sangat aman dilakukan setiap hari.

3. Biji buah pinang
Sejak lama masyarakat Indonesia mengenal bahwa biji buah pinang berkhasiat untuk merawat gigi, memperkuat gigi dan memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan membakar biji buah pinang hingga hangus, kemudian dihaluskan hingga lembut. Biji buah pinang yang telah halus tersebut digunakan sebagai bahan menggosok gigi dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Hal ini dapat dilakukan 2 minggu sekali.

4. Kulit Jeruk
Kulit jeruk dapat digunakan untuk merawat gigi. Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning anda. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat. Akan tetapi cara ini tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, karena kandungan vitamin C yang terkandung di kulit jeruk tidak cocok untuk jenis gigi sensitif.

5. Daun salam dan kulit jeruk
daun salam serta kulit jeruk terlebih dahulu di jemur sampai kering. Kemudian tumbuk kedua bahan hingga halus, kemudian tambahkan air dan aduk sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta gigi alami tersebut untuk menggosok gigi, ramuan ini ampuh membuat gigi terlihat lebih putih.

6. Lemon dan Garam
Butlah pasta gigi yang dibuat dari bahan alami, yaitu dari jus lemon yang ditambah sedikit garam. Pasta gigi alami yang satu ini dipercaya membantu memutihkan gigi Anda. penggunaannya jangan terlalu sering, karena garam dapat merusak lapisan email gigi.

7. Mengonsumsi buah Strawberi
strawberi adalah buah yang berkhasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Cukup dengan mengkonsumsi buah strawberi ini gigi anda akan terlihat sehat dan putih. Selain itu buah apel, wortel, dan seledri jika dikonsumsi juga bermanfaat sebagai bahan alami pemutih gigi.

8. Mengonsumsi produk susu
Beberapa produk susu seperti keju dan yogurt mengandung kalsium yang tinggi, akan sangat baik dikonsumsi guna membantu memutihkan dan menguatkan gigi Anda. (Tao)

Comments

Related Post

7 khasiat mengonsumsi jus apel secara rutin

7 khasiat mengonsumsi jus apel secara rutin

7 khasiat mengonsumsi jus apel secara rutin – Buah apel adalah buah yang terkenal di seluruh dunia dan bahkan hampir semua orang menyukainya. Apel juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan ada ungkapan yang menyebutkan bahwa ‘an apple a day, keeps the doctor away’. Maksud dari ungkapan ini adalah apabila Anda mengonsumsi sebutir apel Read More »

Beginilah Cara Termudah Menghilangkan Varises

Beginilah Cara Termudah Menghilangkan Varises

okein.com – Varises merupakan sebuah kelainan otot yang disebabkan membengkak dan membesarnya vena, yang mengakibatkan pengumpulan darah di pembuluh darah. Varises biasanya muncul di pergelangan kaki, betis, dan paha. Para Wanita lebih rentan terhadap varises dibandingkan para pria. Lebih lanjut dikutip dari viva.co.id, Varises juga disebabkan oleh pembuluh darah dan katup yang rusak. kerusakan ini Read More »

Hindari Keguguran, Dengan Membatasi Kafein Saat Hamil

Hindari Keguguran, Dengan Membatasi Kafein Saat Hamil

okein.com – Kehamilan adalah kejadian yang sangat luar biasa bagi setiap wanita. Kita harus bisa menjaga dan mewat kandungan agar bayi lahir sehat sempurna. Salah satu hal yang perlu kita lakukan adalah dengan membatasi konsumsi kafein. Karena kafein bisa memperbesar kemungkinan anda untuk keguguran bila dikonsumsi secara berlebihan. Seperti dilansir dari dalam webmd.com, Selain dapat Read More »

Makan kuaci, Bantu Mencegah Kanker

Makan kuaci, Bantu Mencegah Kanker

okein.com – Kuaci adalah camilan yang terbuat dari biji bunga matahari. Kini, kuaci banyak dicari guna mendapatkan manfaat kesehatan. Tak hanya mempunyai rasa yang gurih saka, namun kuaci juga jadi camilan sehat yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak esensial. Manfaat kuaci yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam membantu mencegah kanker. Seperti diketahui Read More »