TOP News
Home » Khas » Cara Praktis Membuat Yoghurt Yang Wajib Anda Ketahui
Yoghurt (img: disehat)

Cara Praktis Membuat Yoghurt Yang Wajib Anda Ketahui

Yoghurt atau juga biasa disebut sebagai susu asam, merupakan salah satu ragam olahan dari susu sapi segar atau kambing yang pembuatannya melalui proses fermentasi oleh bakteri Lactobacillus sp dan Streptococcus sp. Yoghurt mempunyai rasa asam, beraroma khas dan bertekstur kental.
Yoghurt sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan kesehatan tubuh secara umum, serta bagi Anda yang alergi pada susu sapi atau biasa disebut lactose intolerant. Yoghurt dapat disajikan dalam berbagai ragam rasa dan bentuk atau dikombinasikan dengan bahan lain seperti jus yoghurt buah, es krim yoghurt hingga kue lapis yoghurt. Berikut ini cara membuat yoghurt yang praktis dan mudah Anda lakukan sendiri di rumah:
Bahan dasar untuk membuat yoghurt :
1. 1 liter susu sapi segar. Untuk hasil terbaik gunakan susu sapi segar yang murni dan tidak mengandung sedikitpun antibiotik.
2. Starter/Bibit yoghurt sebanyak 5% dari jumlah susu segar yang digunakan sebagai bahan baku. Misal 1 liter susu cukup dengan sekitar 50 mL bibit yoghurt. Bibit yoghurt dapat dibeli di toko kue atau supermarket terdekat.
Cara membuat yoghurt :
A. Susu segar di pasteurisasi yaitu dipanaskan di atas api kecil, sambil terus diaduk selama 20 – 30 menit pada suhu panas maksimal 70ºC dan susu tidak sampai mendidih, agar bakteri patogen dalam susu mati dan protein susu tidak rusak.
B. Setelah itu angkat susu dan di dinginkan hingga hangat kuku dalam suhu ruangan.
C. Kemudian bibit yoghurt dimasukan ke susu tersebut, lalu aduk sampai rata dengan menggunakan alat pengaduk yang steril.
D. Setelah kedua bahan tercampur rata, masukan ke wadah dapat ditutup rapat dan taruhlah pada ruangan steril selama 20-24 jam agar terjadi proses fermentasi. Untuk hasil sempurna wadah dapat dibungkus dengan aluminium foil ataupun kain hitam/gelap agar fermentasi dapat berlangsung maksimal. setelah 20-24 jam akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaannya yang menandakan yoghurt telah jadi. Apabila dirasa masih kurang kental atau kurang asam, dapat dilebihkan lagi waktu fermentasinya.
E. Yoghurt sudah siap disajikan dengan dikombinasikan atau ditambahkan buah-buahan dan sirup sesuai selera.
F. Yoghurt yang telah jadi pada poin D tadi, dapat juga digunakan sebagai starter/bibit jika suatu saat membuat yoghurt lagi. Sehingga bisa lebih hemat, tanpa membeli starter dari toko. Cara cukup dengan memindah beberapa sendok yoghurt ke dalam wadah steril kecil yang dapat ditutup rapat dan disimpan di lemari es. Untuk menjaga rasa dan sterilitasnya disarankan maksimal umur yohurt 1 minggu. (Tao)

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Sibuk Kerja Uang Banyak, Mati Cepat!!

Sibuk Kerja Uang Banyak, Mati Cepat!!

Pengertian Hidup Hidup adalah manusia yang masih bernyawa yang berada di dunia. Hidup itu ada yang mudah dan ada yang susah. Kita menjalani hidup di dunia itu seperti Ban Motor yang selalu berputar. Kita hidup kadang berada di masa sulit dan ada juga yang hidup yang banyak uang. Kita akan memperoleh kehidupan sibuk jika bekerja Read More »

Cara Membuat Sambal Pecel Agar Awet Alami

Cara Membuat Sambal Pecel Agar Awet Alami

Sambal Pecel Semua orang pasti mengenal yang namanya sambal pecel. Sambal pecel berasal dari jawa timur dan namanya sangat populer. Di jawa timur terkenal dengan Sambal pecel paling enak. Siapapun yang mencicipi sambal pecel jawa timur akan ketagihan. Blitar adalah Kota Tempat tinggal proklamator kemerdekaan RI yaitu Ir. Soekarno atau Bung Karno yang sangat terkenal Read More »

Bolehkan Beri Makan Bayi Sebelum Umur 6 Bulan?

Bolehkan Beri Makan Bayi Sebelum Umur 6 Bulan?

Boleh Atau Tidak? Untuk mama muda pasti pernah ada pertanyaan itu. Karna ingin Menjaga dan merawat Bayi tercinta dengan baik. Ada yang Bilang itu bahaya dan ada pula yang bilang tidak bahaya. Pasti mama muda akan bingung. Ternyata, penelitian membuktikan bahwa hal ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Jangan sampai bayi mama muda sampai Read More »

Mempererat Tali Persaudaraanku DenganMu

Mempererat Tali Persaudaraanku DenganMu

Pengertian Tradisi Rewang Rewang adalah kegiatan yang biasanya selalu ada di desa. Rewang dilakukan jika ada acara di sekitar tempat rumah. Tujuannya untuk mengumpulkan saudara dan teman. Rewang biasanya saat ada acara Penikahan atau Khitanan. Karna itu sangat membutuhkan tenaga banyak. Rewang juga tidak hanya duduk saja ada yang masak,penerima tamu. Dalam Tradisi rewang Penyelenggara Read More »