Cara membuat kue bolu berbahan singkong

Advertisement

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang berpotensi untuk dijadikan olahan yang istimewa. Dengan harga singkong yang lebih murah dibanding bahan makanan lain, seperti beras dan sejenisnya, ternyata singkong dapat dijadikan olahan seperti kue bolu dengan cita rasa yang tidak kalah enak, jika dibandingkan dengan kue bolu berbahan dasar lainnya.

Berikut ini resep tentang cara membuat kue bolu dari singkong yang mudah dan murah, dimana Anda dapat mempraktekkannya di rumah:
Bahan:
Singkong 2 gelas belimbing
Tepung 2 sendok makan
Telur ayam 4 butir
Minyak sayur 70 ml
Gula pasir 200 gram
Vanili bubuk 1 sendok teh
Pandan pasta secukupnya
Bahan hiasan untuk mempercantik tampilan kue:
Mentega (blue band atau merk lainnya) 250 gram
Tepung gula secukupnya
Keju ecukupnya
Meses coklat secukupnya
Butter cream secukupnya
Buah cherry secukupnya

Cara membuatnya:
1. Singkong dikupas kulitnya dan dicuci bersih, kemudian di parut halus. Parutan singkong kemudian ditakar sebanyak 2 gelas belimbing.
2. Campurkan telur ayam dan gula pasir dan di mix hingga mengembang.
3. Masukkan singkong yang telah diparut dan ditakar (Tahap. 1) diatas ke campuran yang telah mengembang tersebut, sambil diaduk hingga rata. Lalu masukkan tepung terigu yang telah dicampur vanili dan minyak sayur. Setelah semua merata, campurkan dengan pandan pasta.
4. Adonan diatas kemudian dimasukkan ke dalam cetakan, kemudian dikukus selama ± 20 menit. Setelah itu diangkat dan didiamkan hingga dingin.
5. Tahap terakhir adalah menghiasnya dengan mengoleskan mentega dan butter cream pada kue, kemudian hias dengan keju, meses dan buah cherry.

(Sumber: muzakki, edisi 71) – (Tao)

Advertisement

Cara membuat kue bolu berbahan singkong | Moh Nurrofiq | 4.5

Leave a Reply