TOP News
Home » Sehat » Ini Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Yang Paling Diburu
Cara alami mengobati sakit-gigi (img:infokesehatantub)uh

Ini Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Yang Paling Diburu

Cara menyembuhkan dan meredakan sakit gigi secara alami – Sakit gigi banyak di sebabkan karena gigi berlubang karena adanya bakteri penyebab gigi berlubang. Bahan alami disekitar kita ternyata dapat digunakan untuk mengobati, menyembuhkan, dan meredakan sakit gigi Anda. Berikut beberapa bahan alami tersebut:

A. Teh Hangat (Teh Hitam Celup) tawar
Bahannya: 1 gelas teh hitam hangat tanpa gula/tawar.
Cara pengobatan: Gunakan air the tersebut untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelahnya letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.

B. Bawang Putih
Bahan: Bawang putih (1 siung).
Cara pengobatan:
1. Cara Pertama : Kupaslah kulit luar bawang putih, kemudian haluskan dengan ditumbuk. Setelah itu tempelkan bawang putih yang telah di haluskan pada bagian gigi luar yang sakit.
2. Cara Kedua : Cuci bawang putih dengan air hangat, kemudian kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bersihkan mulut Anda, dengan begitu memungkinkan bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

C. Asam Jawa
Bahan: Biji asam jawa secukupnya.
Cara pengobatan: biji asam jawa di sangria terlebih dahulu, kemudian ditumbuk sampai halus dan lembut. Masukkan biji asam jawa yang telah dihaluskan pada selembar kain bersih, kemudian gosok-gosokkan perlahan pada gigi yang berlubang.

D. Cabe Rawit.
Bahan: Cabe rawit hijau atau cabe rawit merah secukupnya.
Cara pengobatan: Tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dalam air panas. Celupkan/basahi kapas bersih dengan air seduhan cabai rawit tersebut, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Dapat juga digunakan untuk berkumur.

E. Campuran Jahe dan Bunga Matahari
Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air jernih (600 cc).
Cara pengobatan: Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air sampai mendidih hingga air tersisa 300 cc. kemudian Saring air rebusan tersebut dan minumlah selagi hangat.

F. Batang Serai
Bahan: Sereh atau sirih (40 gram), air matang (2 gelas).
Cara pengobatan: Rebus sereh dalam 2 gelas air sampai mendidih hingga air tersisa satu gelas. Gunakan obat ini untuk berkumur.

G. Biji Jarak Cina dan Getah Jarak
1. Bahan: 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas.
Cara pengobatan: haluskan/tumbuk biji jarak cina sampai halus, seduh dengan air panas pada satu gelas dan aduk. Saring airnya, tunggu dingin, terakhir gunakan air tersebut untuk berkumur.
2. Bahan: Getah tanaman jarak secukupnya.
Cara pengobatan: Teteskan sedikit demi sedikit getah jarak pada gigi yang berlubang, atau dapat juga dengan menggunakan kapas, untuk diselipkan pada gigi yang berlubang.

H. Daun Inggu Kering
Bahan: 2 – 4 gram daun inggu kering dan 2 cangkir air bersih.
Cara pengobatan: Rebus daun inggu kering ke dalam panci yang terisi 2 cangkir air sampai mendidih. Saring air dari daunnya, setelah tidak panas/ hangat gunakan ramuan untuk berkumur beberapa kali.

I. Daun Cengkeh
Bahan: Daun cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Cuci daun cengkeh, seduh dalam gelas dengan air panas, kemudian lumatkan dan haluskan daun cengkeh tersebut. Kemudian, daun cengkeh yang halus diperas dengan kain. Air perasannya ditampung. Ambil kapas, basahi atau celupkan kapas pada air hasil perasan. Kemudian tempel dan gosokkan kapas tersebut pada gigi yang sakit (berlubang) secara perlahan.

J. Daun Sirih dan biji Cengkeh
Bahan: Daun sirih dan cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Rebus kedua bahan, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali.

K. Minyak Batok Kelapa
Bahan: Batok kelapa yang telah terbagi dua dan kapas secukupnya.
Cara pengobatan: Ambil satu bagian batok kelapa, kemudian bakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa menggunakan kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

L. Minyak Cengkeh
Bahan: Minyak cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau dapat juga dengan ditempel-tempelkan. Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), silahkan berkumur dengan air hangat.

M. Akar Meniran
Bahan: Akar meniran (5 gram).
Cara pengobatan: Bersihkan akar meniran, kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dengan air bersih.

N. Akar Kangkung dan cuka
Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka.
Cara pengobatan: bersihkan akar kangkung dengan air bersih yang mengalir, kemudian rebus dengan segelas air dan ditambahkan 1/2 sdt cuka. Kemudian setelah agak dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur.

Source Finder: Tao

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Gula Bikin Kecanduan Seperti Kokain

Gula Bikin Kecanduan Seperti Kokain

okein.com – Semua orang tentu telah mengenal yang manamanya gula, rasanya yang manis menjadikan gula biasa digunakan untuk bahan tambahan menu masakan atau minuman. Walaupun hanya digunakan sebagai pemanis, akan tetapi mengonsumsi gula dalam jumlah banyak mampu memicu munculnya serangan diabetes. Disamping itu, terlalu banyak mengonsumsi gula juga jadi salah satu penyebab bertambahnya berat badan Read More »

Kesalahan Fatal Yang Memperburuk Program Diet

Kesalahan Fatal Yang Memperburuk Program Diet

okein.com – Diet itu identic dengan menekan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tapi perlu diketahui kalau aturan diet itu harus diperhatikan agar tetap aman dan tidak memperburuk kesehatan. Berikut beberapa hal yang harus disimak agar diet yang dijalani tidak menyebabkan efek buruk yang mengacaukan kesehatan. Cukupi nutrisi dengan menu yang seimbang Menghitung berapa kalori Read More »

9 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi Ini Wajib Kamu Ketahui

9 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi Ini Wajib Kamu Ketahui

Mengetahui penyebab utama kadar kolesterol tinggi merupakan cara efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Supaya organ-organ penting dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik, maka sebaiknya kita harus tetap menjaga kolesterol selalu seimbang. Karena jika tubuh memiliki kadar kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penyumbatan pada bagian pembuluh darah tubuh dan meningkatnya resiko terserang penyakit kardiovaskular. Salahsatu penyebab Read More »

7 Khasiat Air Mata Yang Jarang Diketahui

7 Khasiat Air Mata Yang Jarang Diketahui

Kebaikan air mata yang jarang disadari manusia. Sebagian besar manusia pasti beranggapan bahwa air mata hanya berfungsi untuk mengekspresikan rasa sedih, kecewa, terharu, dan bahagia. Namun siapa yang menyangka jika ternyata air mata memiliki beberapa manfaat yang ampuh untuk kesehatan dan menentukan sikap seseorang. Berikut ini beberapa contoh kegunaan air mata: 1. Mengurangi Stres Menurut Read More »