TOP News
Home » Sehat » Menu Sehat Ini Jadi Cara Mudah Menurunkan Kolesterol
ilustrasi penyakit kolesterol (img: tribunnews)

Menu Sehat Ini Jadi Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

okein.com – Sering mengkonsumsi daging asal ternak atau makanan lainnya yang tinggi akan kandungan kolesterol jahat, sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Momen Idul Adha, pesta pernikahan atau jamuan makan lainnya, yang banyak menyajikan makanan berkolesterol biasanya sulit kita hindari. Nah, berikut adalah enam makanan yang dapat membantu kita menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sebagaimana dilansir dari Prevention.com.

1. Oatmeal/gandum
Jika Anda membutuhkan makanan penurun kolesterol, oatmeal adalah jawabannya. Oatmeal mengandung beta-glucan, zat dalam gandum yang mampu menyerap LDL (kolesterol jahat) dan kemudian mengeluarkannya dari tubuh.

2. Alpukat
Alpukat dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan juga menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Hal itu karena buah ini mengandung beta-sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

3. Bawang putih
Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri/pembuluh darah.

4. Apel
Apel adalah sumber serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan makan satu apel sehari (atau lebih) dapat memperlambat oksidasi LDL. Hal itu karena adanya kandungan polifenol pada buah Apel, terutama pada kulitnya.

5. Teh hijau
Teh hijau memberikan efek pada tubuh kita perasaan nyaman, santai, dan juga kaya akan antioksidan. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum teh hijau memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Kedelai
Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Senyawa ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga dapat membantu jantung mengurangi jumlah lemak jenuh/LDL dari makanan yang Anda konsumsi.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Minyak ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat/LDL dalam tubuh – tanpa menurunkan kadar kolesterol baik/HDL. (Tao)

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Penting

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Penting

okein.com – Seperti diketahui bahwa, mangga adalah tanaman buah tahunan berupa pohon asal India kaya dengan vitamin. Tanaman ini menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mengonsumsi jus mangga segelas sehari dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 60-100%. Disamping itu kandungan vitamin A dalam buah ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Tidak hanya itu, Read More »

7 Khasiat Buah Pir Yang Wajib Di Ketahui

7 Khasiat Buah Pir Yang Wajib Di Ketahui

Buah pir di Indonesia sama larisnya dengan buah apel. Mengkonsumsi buah ini setiap hari dipercaya dapat terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan terutama yang bisa menyebabkan penyakit kronis. Sebab buah pir banyak mengandung serat, zat antioksidan, dan flavonoid yang ampuh dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Khasiat buah pir memang luar biasa. Dikabarkan dari laman healthmeup.com, berikut Read More »

Selain Susu, Beberapa Makanan Berikut Jadi Sumber Kalsium

Selain Susu, Beberapa Makanan Berikut Jadi Sumber Kalsium

Makanan sumber kalsium selain susu – Kalsium adalah mineral yang sangat banyak ditemukan pada tubuh manusia. Zat yang satu ini sangat diperlukan tubuh guna menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan pembuluh darah, serta produksi hormon. Jika berbicara tentang kalsium, tentu selama ini pikiran orang hanya terpaku dalam susu dan produk susu. Hal ini tentu Read More »

Kacang-Kacangan Berikut, Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur

Kacang-Kacangan Berikut, Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur

okein.com – Mengonsumsi kacang-kacangan jenis tertentu dapat membuat Anda terbebas dari sejumlah penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Disamping itu, mengonsumsi jenis kacang-kacangan tertentu, seperti yang dilansir dari grandparents.com, mampu menjadikan Anda lebih panjang umur. Berikut kacang-kacangan yang dipercaya dapat menambah panjang umur: Kacang Walnut (Kenari) Kacang ini diperkaya dengan nutrisi omega 3 yang mampu Read More »