Hebat! Telur matang ini bisa jadi mentah lagi

Advertisement

okein.com – Bagaimana mungkin bila telur yang telah dimasak/direbus dapat diubah kembali ke bentuk mentahnya? Ternyata hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan dan telah ditemukan caranya oleh Seorang ilmuwan Australia dari Universitas Flinder bernama Profesor Colin Raston.

Dilansir dari Metro.co.uk, belum lama ini professor Colin Raston telah melakukan dan menemukan penelitian menarik, mengenai protein telur. Dengan penemuannya itu, dia menerima penghargaan Ig Nobel. Ig Nobel adalah penghargaan untuk ilmuwan dengan penemuan yang dapat membuat orang tertawa dan penasaran untuk mencermatinya.

Ig Nobel diprakarsai oleh majalah Annals of Improbable Research. Nobel ini diberikan untuk karya imajinatif para ilmuwan di bidang sains, medis, serta tehknologi.
Saat acara penghargaan Ig Nobel tanggal 17 September lalu, Profesor Raston sukses menerima penghargaan Ig Nobel, karena temuannya yang dapat mengembalikan sebuah telur masak setelah di rebus ke bentuk mentahnya kembali.

Untuk mengembalikan telur yang telah masak menjadi mentah lagi, Prof. Raston memakai sebuah mesin, yang dia beri nama Vortex Fluidic Piranti (VFD). Alat ini mampu membuat protein putih telur yang telah mengeras, menjadi cair kembali.

Meskipun terkesan aneh dan tidak penting, alat VFD diprediksi akan membawa efek manfaat yang besar bagi dunia medis yang banyak bergelut dengan riset protein.

Menurut sang professor, saat ini Industri obat-obatan global dapat menghasilkan USD 160 miliar per th, dimana industry tersebut sangat tergantung pada riset pengolahan protein. VFD akan sangat bermanfaat pada industri obat-obatan tersebut. Selain itu alat ini juga dapat dipergunakan lebih lanjut dibidang sumber energy/sumber bahan bakar dan bidang pangan. Sehingga menurutnya, VFD adalah alat yang sangat berharga dan tak ternilai harganya. (Tao)

Advertisement

Hebat! Telur matang ini bisa jadi mentah lagi | Moh Nurrofiq | 4.5

Leave a Reply