TOP News
Home » Sehat » Ini Dampak Buruk Minum Kopi Di Malam Hari
Ini Dampak Buruk Minum Kopi Di Malam Hari ilustrasi minum kopi malam hari (img: mojealergie.pl)

Ini Dampak Buruk Minum Kopi Di Malam Hari

Okein.com – Menikmati kopi hangat di malam hari memang sangat nikmat, terlebih lagi saat cuaca dingin dan ditemani denga cemilan ringan. Namun, ternyata meminum kopi di malam hari sangat tidak dianjurkan oleh beberapa ahli kesehatan, karena dapat merubah jam biologis normal melebihi perkiraan Anda.

Para Peneliti dari beberapa universitas di Amerika sebagaimana dikutip dari bisnis.com, telah melakukan tes untuk mengetahui dampak nyata dari kafein saat tidur. Mereka mengambil sejumlah partisipan eksperimental yang diberi kafein (dosis dua kali espresso) tiga jam sebelum tidur dan yang lainnya diberi plasebo. Partisipan juga dijauhkan dari sinar matahari, selama satu setengah bulan.

Hasil penelitian yang telah dipubikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine menunjukkan, bahwa jam biologis di siang hari seseorang yang mengonsumsi kafein sebelum tidur bisa menjadi lebih panjang.

Ritme sirkadian orang-orang tersebut dapat tertunda selama 40 menit setelah mengonsumsi kafein tiga jam sebelum tidur, karena melatonin (hormon yang menyebabkan kantuk) juga tertunda pengeluarannya. Efek ini dua kali lebih kuat dibandingkan seseorang terpapar cahaya terang sebelum tidur.

Meskipun tertunda selama 40 menit, namun dampaknya akan terasa di kemudian hari dan beberapa hari berikutnya, jika Anda masih mengonsumsi kopi di malam hari. Anda pun akan merasa lebih segar di malam hari, tetapi merasa terlalu lelah untuk melakukan sesuatu atau pekerjaan lain diwaktu yang lain. Dengan kata lain waktu segar tubuh Anda terbuang percuma dan Anda hanya menunda waktu tidur Anda dengan begadang atau tidur lebih malam. (Tao)

Comments

Related Post

Kebahagiaan Pernikahan Mempengaruhi Kesehatan

Kebahagiaan Pernikahan Mempengaruhi Kesehatan

okein.com – Dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, ataukah sebaliknya dibalik tubuh yang kuat ada jiwa yang sehat. Kita tidak harus berdebat mengenai hal itu yang jelas kedua-duanya sangat berhubungan erat dan saling mempengaruhi. Salah satu contohnya adalah seperti yang dilansir oleh DailyMail.co.uk tekanan dalam pernikahan yang tidak bahagia bisa membuat Anda terkena Read More »

Ingin Otot Awet Muda? Simak rahasianya berikut ini

Ingin Otot Awet Muda? Simak rahasianya berikut ini

Setiap orang pasti akan mengalami tua seiring bertambahnya usia. Namun tak jarang pula orang yang ingin selalu tampil awet muda dan memiliki otot yang kuat. Jika Anda adalah seseorang yang ingin tetap awet muda, maka sebaiknya membiasakan diet rendah kalori. Hal tersebut disebabkan karena dengan melakukan diet rendah kalori secara rutin dipercaya dapat mencegah penuaan Read More »

Terlalu banyak minum kopi tingkatkan resiko terkena diabetes!

Terlalu banyak minum kopi tingkatkan resiko terkena diabetes!

okein.com – Ternyata mengonsumsi kopi terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan. Seperti yang diungkap dari sebuah penelitian bahwa mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes tipe-2,trutama bagi penderita tekanan darah tinggi dan orang yang memiliki metabolism lambat. Hal tersebut diungkap setelah peneliti mengamati 1.180 pasien berusia 18 hingga 45 tahun yang Read More »

Kacang Pikan, Bantu Cegah Terkena Serangan Prostat

Kacang Pikan, Bantu Cegah Terkena Serangan Prostat

okein.com – Kacang adalah salah satu jenis makanan super, dimana manfaat kacang untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan oleh Kacang Pistasio. Kacang yang satu ini memiliki I-arginine yang mampu menjadikan aliran pembuluh arteri lebih fleksibel. Sehingga, bisa mengurangi risiko serangan jantung maupun terkena penyakit stroke. Ternyata yang memiliki manfaat terhadap kesehatan dari Read More »