TOP News
Home » Sehat » Ini Dampak Buruk Minum Kopi Di Malam Hari
Ini Dampak Buruk Minum Kopi Di Malam Hari ilustrasi minum kopi malam hari (img: mojealergie.pl)

Ini Dampak Buruk Minum Kopi Di Malam Hari

Okein.com – Menikmati kopi hangat di malam hari memang sangat nikmat, terlebih lagi saat cuaca dingin dan ditemani denga cemilan ringan. Namun, ternyata meminum kopi di malam hari sangat tidak dianjurkan oleh beberapa ahli kesehatan, karena dapat merubah jam biologis normal melebihi perkiraan Anda.

Para Peneliti dari beberapa universitas di Amerika sebagaimana dikutip dari bisnis.com, telah melakukan tes untuk mengetahui dampak nyata dari kafein saat tidur. Mereka mengambil sejumlah partisipan eksperimental yang diberi kafein (dosis dua kali espresso) tiga jam sebelum tidur dan yang lainnya diberi plasebo. Partisipan juga dijauhkan dari sinar matahari, selama satu setengah bulan.

Hasil penelitian yang telah dipubikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine menunjukkan, bahwa jam biologis di siang hari seseorang yang mengonsumsi kafein sebelum tidur bisa menjadi lebih panjang.

Ritme sirkadian orang-orang tersebut dapat tertunda selama 40 menit setelah mengonsumsi kafein tiga jam sebelum tidur, karena melatonin (hormon yang menyebabkan kantuk) juga tertunda pengeluarannya. Efek ini dua kali lebih kuat dibandingkan seseorang terpapar cahaya terang sebelum tidur.

Meskipun tertunda selama 40 menit, namun dampaknya akan terasa di kemudian hari dan beberapa hari berikutnya, jika Anda masih mengonsumsi kopi di malam hari. Anda pun akan merasa lebih segar di malam hari, tetapi merasa terlalu lelah untuk melakukan sesuatu atau pekerjaan lain diwaktu yang lain. Dengan kata lain waktu segar tubuh Anda terbuang percuma dan Anda hanya menunda waktu tidur Anda dengan begadang atau tidur lebih malam. (Tao)

Comments

Related Post

Jaga Kesehatan Ginjal Anda dengan Buah Ini

Jaga Kesehatan Ginjal Anda dengan Buah Ini

Minum jus buah segar tak hanya sekedar menghilangkan dahaga saja. Namun mengkonsumsi jus buah juga sangat menyehatkan tubuh manusia, seperti menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Berikut adalah daftar buah yang dapat dikonsumsi sebagai jus untuk menjaga kesehatan ginjal seperti dilansir dari laman Okezone, Sabtu (18/4/2015). Jus buah anggur Khasiat buah anggur memang sudah bukan rahasia Read More »

Buah Pisang Ini Bikin Cepat Sembuh dari Sakit

Buah Pisang Ini Bikin Cepat Sembuh dari Sakit

okein.com – Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang, hampir disetiap daerah terdapat buah pisang. Khasiat dan manfaat buah pisang sendiri telah lama diketahui, terlebih bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Untuk ibu hamil, buah pisang sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, hal tersebut dikarenakan dalam buah pisang terkandung nutrisi yang baik untuk janin Read More »

Kacang-Kacangan Berikut, Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur

Kacang-Kacangan Berikut, Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur

okein.com – Mengonsumsi kacang-kacangan jenis tertentu dapat membuat Anda terbebas dari sejumlah penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Disamping itu, mengonsumsi jenis kacang-kacangan tertentu, seperti yang dilansir dari grandparents.com, mampu menjadikan Anda lebih panjang umur. Berikut kacang-kacangan yang dipercaya dapat menambah panjang umur: Kacang Walnut (Kenari) Kacang ini diperkaya dengan nutrisi omega 3 yang mampu Read More »

7 Khasiat Teh Hijau Yang Belum Kamu Ketahui

7 Khasiat Teh Hijau Yang Belum Kamu Ketahui

okein.com – Manfaat dan khasiat teh hijau sudah sejak dulu diketahui, namun tak jarang yang mengetahui 7 khasiat teh hijau terhadap kesehatan berikut ini. Teh hijau kaya akan berbagai zat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh misalnya saja seperti polifenol. Polifenol adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tubuh terkena efek radikal bebas, radikal bebas sendiri Read More »