Ini Dampak Buruk Minum Kopi Di Malam Hari

Advertisement

Okein.com – Menikmati kopi hangat di malam hari memang sangat nikmat, terlebih lagi saat cuaca dingin dan ditemani denga cemilan ringan. Namun, ternyata meminum kopi di malam hari sangat tidak dianjurkan oleh beberapa ahli kesehatan, karena dapat merubah jam biologis normal melebihi perkiraan Anda.

Para Peneliti dari beberapa universitas di Amerika sebagaimana dikutip dari bisnis.com, telah melakukan tes untuk mengetahui dampak nyata dari kafein saat tidur. Mereka mengambil sejumlah partisipan eksperimental yang diberi kafein (dosis dua kali espresso) tiga jam sebelum tidur dan yang lainnya diberi plasebo. Partisipan juga dijauhkan dari sinar matahari, selama satu setengah bulan.

Hasil penelitian yang telah dipubikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine menunjukkan, bahwa jam biologis di siang hari seseorang yang mengonsumsi kafein sebelum tidur bisa menjadi lebih panjang.

Ritme sirkadian orang-orang tersebut dapat tertunda selama 40 menit setelah mengonsumsi kafein tiga jam sebelum tidur, karena melatonin (hormon yang menyebabkan kantuk) juga tertunda pengeluarannya. Efek ini dua kali lebih kuat dibandingkan seseorang terpapar cahaya terang sebelum tidur.

Meskipun tertunda selama 40 menit, namun dampaknya akan terasa di kemudian hari dan beberapa hari berikutnya, jika Anda masih mengonsumsi kopi di malam hari. Anda pun akan merasa lebih segar di malam hari, tetapi merasa terlalu lelah untuk melakukan sesuatu atau pekerjaan lain diwaktu yang lain. Dengan kata lain waktu segar tubuh Anda terbuang percuma dan Anda hanya menunda waktu tidur Anda dengan begadang atau tidur lebih malam. (Tao)

Advertisement

Ini Dampak Buruk Minum Kopi Di Malam Hari | Moh Nurrofiq | 4.5

Leave a Reply