TOP News
Home » Sehat » Ini Dia Rahasia Tidur Yang Bisa Mencegah Stroke
ilustrasi penyakit stroke (img: life.viva.co.id)

Ini Dia Rahasia Tidur Yang Bisa Mencegah Stroke

Stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, penyebab strok pada umumnya semata-mata hanya gangguan pembuluh darah di otak, dan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

Biasanya gejala awal stroke ditandai dengan timbulnya gangguan saraf (defisit neurologis) fokal atau global, yang berlangsung lebih dari 24 jam. Menurut ekahospital.com, di Indonesia, stroke merupakan penyebab kematian hingga 15,4% dari total kasus kematian akibat penyakit. Tak kurang dari 2,5% pasien stroke meninggal dunia, dan sisanya mengalami kecacatan yang beratnya bervariasi.

Penyakit yang tergolong mematikan ini ternya dapat dicegah dengan hanya tidur, akan tetapi tidurnya selama 7 – 8 Jam sehari. Kenapa demikian?, seperti dikabarkan dari laman Prevention bahwa memiliki kebiasaan tidur malam terlalu larut kemudian bangun pagi untuk bekerja sehingga tidur menjadi kurang dari 7 jam dapat meningkatkan resiko stroke hingga mencapai 63%.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa seseorang akan memiliki 2 kali lebih tinggi memicu sindorm metabolik, yang merupakan keadaan dimana tubuh bisa mengingkatkan resiko terkena stroke, diabetes dan juga penyakit jantung jika tidurnya kurang dari 7 jam setiap harinya.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Selai Kacang, Cara Mudah Menambah Berat Badan

Selai Kacang, Cara Mudah Menambah Berat Badan

Jika Anda adalah seseorang yang ingin menambah berat badan 1kg setiap minggu maka sedikitnya Anda harus mengkonsumsi 500 kalori. Masalahnya adalah tidak semua makanan yang kandungan kalori banyak itu menyehatkan ketika dimakan dalam porsi berlebih, memang benar berat badan dapat bertambah dengan cepat, namun kesehatan tubuh justru bertambah buruk. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan Read More »

Minum Kopi, Bantu Bakar Lemak Dalam Tubuh

Minum Kopi, Bantu Bakar Lemak Dalam Tubuh

okein.com – Kopi ternyata tak hanya dikenal sebagai minuman penghilang rasa kantuk dan pembangkit tenaga di pagi hari saja. Namun, kopi diketahui juga mampu membantu menurunkan berat badan badan secara efektif, setidaknya demikian seperti yang dilansir dari care2.com. Kopi pada umumnya besar terdiri zat yang dikenal dengan nama kafein, zat ini diketahui baik untuk membakar Read More »

Air Tebu, Aman Diminum Oleh Ibu Hamil

Air Tebu, Aman Diminum Oleh Ibu Hamil

Air tebu adalah jenis minuman yang banyak dijumpai di kalangan masyarakat Indonesia. Selain menyegarkan dan manis, jarang yang tahu jika air tebu memiliki manfaat untuk kesehatan untuk ibu hamil. Berdasarkan pendapat para ahli, mengonsumsi air tebu aman diminum untuk ibu hamil selama tak memiliki gejala atau penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena air tebu banyak Read More »

5 Faktor Penyebab Sariawan

5 Faktor Penyebab Sariawan

Kesehatan – Sariawan bukanlah penyakit yang mematikan, akan tetapi jika kita mengalami gangguan kesehatan sariawan makanan enak jadi terasa tidak enak dan cenderung kehilangan nafsu makan. Sariwan yang tidak segera diobati pada umumnya akan semangkin membesar dan penyembuhanya jadi lebih sulit, alhasil kita akan menderita rasa sakit di bagian mulut sehingga akan menyulitkan kita untuk Read More »