TOP News
Home » Sehat » 9 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi Ini Wajib Kamu Ketahui
ilustrasi penyakit kolesterol (img: tribunnews)

9 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi Ini Wajib Kamu Ketahui

Mengetahui penyebab utama kadar kolesterol tinggi merupakan cara efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Supaya organ-organ penting dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik, maka sebaiknya kita harus tetap menjaga kolesterol selalu seimbang. Karena jika tubuh memiliki kadar kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penyumbatan pada bagian pembuluh darah tubuh dan meningkatnya resiko terserang penyakit kardiovaskular.

Salahsatu penyebab kolesterol tinggi adalah pola makan yang kurang sehat sehingga dapat mempengaruhio kolesterol tubuh, misalnya sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak tinggi dan bergula. Oleh karena itu menjaga pola makan sebaik-baiknya merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya peningkatan kolesterol dalam tubuh.

Seperti dilansir dari laman healthMeUp, dibawah ini merupakan penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh.

1. Diet Tak Sehat
Sebaiknya Anda menghindari konsumsi lemak jenuh dalam porsi berlebih karena apabila kebiasaan ini terus dilakukan maka kadar kolesterol dapat meningkat dengan drastis. Jenis lemak jenuh ini pada umumnya dapat ditemukan pada makanan seperti daging, keju dan mentega.

Selain itu makanan-makanan junkfood juga biasanya memiliki kadar lemak jenuh yang cukup tinggi. Sebisa mungkin konsumsi lemak jenuh harus dibatasi agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap dalam keadaan seimbang.

2. Faktor Keturunan
Ternyata kadar kolesterol dalam tubuh dapat dipengaruhi dari keturunan. Maka dari itu, apabila ternyata diketahui keluarga Anda memiliki masalah kolesterol tinggi dalam tubuh, Anda harus lebih waspada dan lebih dianjurkan lagi untuk rutin memeriksakan diri ke dokter.

Seringkali, keturunan dari gen yang memiliki sejarah kolesterol tinggi memiliki tingkat resiko terserang penyakit kardiovaskular dan stroke yang lebih tinggi. Maka dari itu pemeriksaan rutin diperlukan.

3. Obesitas
Diketahui bahwa masalah obesitas merupakan masalah yang seringkali disebut sebagai penyebab munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh, termasuk juga dapat memicu kadar koleterol tinggi dalam tubuh.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, lebih danjurkan untuk bisa menurunkan berat badan. Karena apabila obesitas terus dibiarkan atau bahkan berat badan semakin naik dapat memicu berbagai penyakit lainnya pada tubuh.

4. Malas
Kadar kolesterol tinggi juga dapat dipicu karena kebiasaan malas. Misalnya seharian duduk-duduk bersantai menonton televisi atau komputer dan jarang melakukan olehraga.

Sebaiknya kebiasaan tersebut diubah karena kebiasaan malas terebu kurang baik, Anda harus mulai aktif bergerak dan melakukan olehraga secara rutin agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga selain itu kolesterol dalam tubuh juga dapat seimbang.

5. Merokok
Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang kurang baik, apabila seseorang merokok maka akan berakibat kolesterol baik dalam tubuh turun dan kolesterol jahat naik. Dan pada akhirnya macam-macam penyakit bisa mengancam tubuh Anda.

Jadi mulai sekarang Anda harus mulai menghilangkan kebiasaan merokok. Meskipun tidak mudah, Anda bisa mencoba program menghilangkan kebiasaan merokok ini dengan cara mengurangi sedikit demi-sedikit hingga akirnya Anda bisa berhenti merokok.

6. Usia dan Jenis Kelamin
Dengan semakin bertambahnya umur setidaknya sejak seseorang umur 20 tahun maka kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkat, dan peningkatan kolesterol hingga mencapai umur 60-65 tahun.

Namun, pada wanita kolesterol akan menurun sebelum terjadinya masa menopause. Tetapi setelah menopause kadar kolesterol tersebut dapat meningkat secara drastis kembali.

7. Obat-obatan
Konsumsi obat-obatan ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, maka dari itu sebelum Anda menggunakan obat-obat tertentu untuk dikonsumsi maka sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter. Karena bisa saja obat-obat tertentu dapat memicu kadar kolesterol meningkat drastis dalam tubuh.

8. Stress
Kadaan stress juga dapat memicu kolesterol tinggi, karena apabila seseorang terkena stress maka seseorang tersebut bisa saja mengkonsumsi makanan sembarangan (tidak sehat), merokok dan melakukan kebiasaan tidak sehat lainnya. Sehingga bisa memicu kadar kolesterol dalam tubuh meningkat.

Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menghindari stress atau apabila Anda terkena stress segera atasi agar kesalahan-kesalahan buruk tersebut tidak terjadi agar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

9. Penyakit
Ada beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi kolesterol dalam tubuh, misalnya saja penyakit diabetes. Maka dari itu Anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh Anda. Berkonsultasilah dengan dokter untuk tetap memastikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda seimbang agar tidak terpengaruh dan berpengaruh menimbulkan penyakit lainnya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab utama meningkatknya kadar kolesterol dalam tubuh diatas, mulai sekarang sebaiknya kita menjaga pola makan dan melakukan olah raga rutin supaya tubuh tetap sehat dan bugar.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Buah Jamblang, Ampuh Atasi Diabetes

Buah Jamblang, Ampuh Atasi Diabetes

Buah Jamblang atau duwet yang memiliki nama latin Syzygium cumini ini ternyata dapat dijadikan obat diabetes. Seperti dikabarkan dari laman merdeka.com (Jumat, 17 April 2015 05:35) bahwa salah satu khasiat buah Jamblang / duwet ini adalah dapat menjadi obat herbal diabetes. Buah ini diketahui memiliki indeks glikemik rendah, yang menjadikannya dapat jadi pilihan tepat untuk Read More »

Makan Kuaci, Bantu Mencegah Kanker

Makan Kuaci, Bantu Mencegah Kanker

okein.com – Kuaci adalah camilan yang terbuat dari biji bunga matahari. Kini, kuaci banyak dicari guna mendapatkan manfaat kesehatan. Tak hanya mempunyai rasa yang gurih saka, namun kuaci juga jadi camilan sehat yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak esensial. Manfaat kuaci yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam membantu mencegah kanker. Seperti diketahui Read More »

Wah, Otak Pria Ini Penuh Cacing Pita Setelah Minum Darah Babi Segar!

Wah, Otak Pria Ini Penuh Cacing Pita Setelah Minum Darah Babi Segar!

okein.com – Ketika mengonsumsi daging babi, pastikan mengolahnya dengan sangat hati-hati dan jeli, pasalnya Babi sangat banyak mengandung cacing pita. Meski bukan rahasia lagi jika babi banyak mengandung cacing pita, namun ketika Anda ingin mengonsumsinya, pastikan tidak terkontaminasi dengan cacing ini. Mengonsumsi daging babi maupun minum darahnya asal-asalan tentu dapat mendatangkan malapetaka, seperti yang dialami Read More »

Menu Sehat Ini Jadi Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

Menu Sehat Ini Jadi Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

okein.com – Sering mengkonsumsi daging asal ternak atau makanan lainnya yang tinggi akan kandungan kolesterol jahat, sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Momen Idul Adha, pesta pernikahan atau jamuan makan lainnya, yang banyak menyajikan makanan berkolesterol biasanya sulit kita hindari. Nah, berikut adalah enam makanan yang dapat membantu kita menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, Read More »