TOP News
Home » Sehat » Ciri Ciri atau Gejala Awal Demam Berdarah Yang Wajib Kamu Tahu
Ciri Ciri atau Gejala Awal Demam Berdarah Yang Wajib Kamu Tahu Nyamuk demam berdarah (img:kompasiana)

Ciri Ciri atau Gejala Awal Demam Berdarah Yang Wajib Kamu Tahu

Demam Berdarah adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue, virus ini pada umumnya disebarkan luaskan oleh nyamuk.

Demam berdarah disebut dibeberapa tempat juga dikenal dengan nama breakbone fever atau demam sendi, karena demam yang satu ini mampu membuat penderitanya mengalami nyeri hebat disemua tulang.

Bahanya adalah seseorang yang telah terkena virus dengue (demam berdarah) sistem kekebalan tubuhnya akan terus menurun jika tidak segera ditangani. Dan parahnya lagi virus ini dapat menyebabkan infeksi pada otak dan organ-organ vital tubuh lainnya.

Oleh sebab itu, setiap orang wajib mengetahui sejak ini ciri-ciri penderita demam berdarah. Seperti dilansir dari laman hariansehat.com bahwa berikut ini adalah gejala-gejala awal penyakit demam berdarah.

  • Panas tinggi yang datang tiba-tiba selama kurang lebih 2 hingga 7 hari dengan suhu mencapai 38-40 derajat celcius dan bahkan dapat lebih.
  • Pada kulit terdapat bintik-bintik merah
  • Beberapa penderita DBD mengalami mimisan
  • Penderita mengalami muntah darah atau berak darah
  • Terkadang ulu hati terasa nyeri akibat pendarahan pada lambung

Untuk mengatasi hal ini, penderita demam berdarah dapat diberikan pertolongan pertama seperti:

  • Memberikan minum sebanyak mungkin
  • Menurunkan panas dengan mengompres maupun obat penurun panas
  • Dalam 2 hari panas tidak turun, segera bawa ke klinik terdekat

Comments

Related Post

Ini Dia Penyebab Kerontokan Rambut Yang Jarang Diketahui

Ini Dia Penyebab Kerontokan Rambut Yang Jarang Diketahui

Stylista – Rambut disebut-sebut sebagai mahkota setiap wanita dan rambut rontok merupakan salah satu kejadian yang paling tak disukai wanita maupun pria. Banyaknya rambut yang rontok bisa merusak penampilan dan menyebabkan seseorang jadi kurang percaya diri. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok. Seperti tidak seimbangnya hormon, menopause, kehamilan, anemia, menjalankan diet yang salah Read More »

Ingin Punya Tubuh Langsing Sepanjang Masa? Simak Rahasianya

Ingin Punya Tubuh Langsing Sepanjang Masa? Simak Rahasianya

Bagi sebagian wanita tentu tak sedikit yang menginginkan postur tubuh langsing sepanjang usia. Tentunya memiliki tubuh langsing bukan hanya sekedar dengan berolah raga namun ada rahasia-rahasia lain yang jarang diketahui. Seperti dikabarkan dari laman Timesofindia, Rabu (6/5/2015) berikut ini merupakan empat rahasia langsing langsing sepanjang usia. Mengkonsumsi makanan dengan banyak warna Keanekaragaman warna dalam sayur Read More »

7 Khasiat Teh Hijau Yang Belum Kamu Ketahui

7 Khasiat Teh Hijau Yang Belum Kamu Ketahui

okein.com – Manfaat dan khasiat teh hijau sudah sejak dulu diketahui, namun tak jarang yang mengetahui 7 khasiat teh hijau terhadap kesehatan berikut ini. Teh hijau kaya akan berbagai zat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh misalnya saja seperti polifenol. Polifenol adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tubuh terkena efek radikal bebas, radikal bebas sendiri Read More »

Cara Mudah Menambah Berat Badan dengan Minyak Zaitun

Cara Mudah Menambah Berat Badan dengan Minyak Zaitun

geoklik.com – Memiliki tubuh langsing dan ramping terkadang mampu jadi kebahagiaan tersendiri, terlebih bagi kaum hawa dan tak sedikit orang mencari cara merampingkan tubuh dengan mudah, namun terlalu kurus juga tidak enak dipandang. Banyak cara yang mungkin dapat dilakukan dalam menambah berat badan, seperti menjaga pola makan. Namun, mengasup beberapa nutrisi dan protein yang tepat Read More »