TOP News
Home » Sehat » Ciri Ciri atau Gejala Awal Demam Berdarah Yang Wajib Kamu Tahu
Ciri Ciri atau Gejala Awal Demam Berdarah Yang Wajib Kamu Tahu Nyamuk demam berdarah (img:kompasiana)

Ciri Ciri atau Gejala Awal Demam Berdarah Yang Wajib Kamu Tahu

Demam Berdarah adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue, virus ini pada umumnya disebarkan luaskan oleh nyamuk.

Demam berdarah disebut dibeberapa tempat juga dikenal dengan nama breakbone fever atau demam sendi, karena demam yang satu ini mampu membuat penderitanya mengalami nyeri hebat disemua tulang.

Bahanya adalah seseorang yang telah terkena virus dengue (demam berdarah) sistem kekebalan tubuhnya akan terus menurun jika tidak segera ditangani. Dan parahnya lagi virus ini dapat menyebabkan infeksi pada otak dan organ-organ vital tubuh lainnya.

Oleh sebab itu, setiap orang wajib mengetahui sejak ini ciri-ciri penderita demam berdarah. Seperti dilansir dari laman hariansehat.com bahwa berikut ini adalah gejala-gejala awal penyakit demam berdarah.

  • Panas tinggi yang datang tiba-tiba selama kurang lebih 2 hingga 7 hari dengan suhu mencapai 38-40 derajat celcius dan bahkan dapat lebih.
  • Pada kulit terdapat bintik-bintik merah
  • Beberapa penderita DBD mengalami mimisan
  • Penderita mengalami muntah darah atau berak darah
  • Terkadang ulu hati terasa nyeri akibat pendarahan pada lambung

Untuk mengatasi hal ini, penderita demam berdarah dapat diberikan pertolongan pertama seperti:

  • Memberikan minum sebanyak mungkin
  • Menurunkan panas dengan mengompres maupun obat penurun panas
  • Dalam 2 hari panas tidak turun, segera bawa ke klinik terdekat

Comments

Related Post

Menakjubkan, Khasiat Buah Apel Ini Dapat Mencegah Kelelahan

Menakjubkan, Khasiat Buah Apel Ini Dapat Mencegah Kelelahan

okein.com – Tidak semua orang mengetahui dengan pasti apa khasiat dan manfaat buah apel untuk kesehatan. Seperti diketahui bahwa, buah apel menjadi salah satu makanan atau cemilan favorit bagi seseorang dan bahkan Anda adalah salah satunya. Ketika sudah matang, buah apel memiliki rasa yang manis, tekstur yang renyah, banyak mengandung serat dan vitamin. Jadi tidak Read More »

Olah raga Yoga, Bantu Atasi Depresi

Olah raga Yoga, Bantu Atasi Depresi

geoklik.com – Olah raga yoga merupakan sebuah bentuk olah tubuh yang berasal dari India. Konsep olah raga ini adalah dengan menggabungkan antara unsur gerakan tubuh dengan pernafasan yang dipercaya mampu membantu mengatasi depresi. Dilansir dari laman App for Health (09/01/2014) bahwa olah raga yoga mampu meningkatkan mood, fokus dalam bekerja serta meredakan stres. Dengan mengandalkan Read More »

Hanya Perlu Waktu Kurang Dari 15 Menit Untuk Test Kanker Payudara

Hanya Perlu Waktu Kurang Dari 15 Menit Untuk Test Kanker Payudara

okein.com – Kabar yang melegakan saat ini tentang tes kanker payudara adalah bahwa tidak perlu waktu lama untuk melakukan tes kanker payudara. Jika biasanya kita melakukan mammogram atau rontgen sinar X untuk menemukan kanker payudara. Ada cara yang lebih cepat dan mudah yaitu dengan melakukan tes napas. Hal ini dilakukan oleh sebuah penelitian dengan tujuan Read More »

Air Tebu, Aman Diminum oleh Ibu Hamil

Air Tebu, Aman Diminum oleh Ibu Hamil

Air tebu adalah jenis minuman yang banyak dijumpai di kalangan masyarakat Indonesia. Selain menyegarkan dan manis, jarang yang tahu jika air tebu memiliki manfaat untuk kesehatan untuk ibu hamil. Berdasarkan pendapat para ahli, mengonsumsi air tebu aman diminum untuk ibu hamil selama tak memiliki gejala atau penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena air tebu banyak Read More »