TOP News
Home » Sehat » 6 Makanan Berikut Jadi Obat Asam Lambung Alami
Ilustrasi asam lambung (img: i2.bstatic.de)

6 Makanan Berikut Jadi Obat Asam Lambung Alami

okein.com – Bila ada yang mengalami gangguan kesehatan maag, pada umumnya akan bermasalah dengan asam lambung. Naiknya asam lambung dapat dipicu oleh berbagai alasan dan setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda. Untuk menanganinya, berikut merupakan enam makanan yang dapat meredakan asam lambung, seperti dilansir WebMD.

1. Pisang
Dalam buah pisang terdapat pH 5,6 yang sangat baik untuk penderita maag. Namun, sekitar 1% dari penderita maag menemukan jika kondisi mereka memburuk setelah makan buah pisang. Jadi perlu diketahui bahwa apa yang bermanfaat bagi orang lain, belum tentu memiliki dampak yang sama pada diri kita.

2. Oatmeal
Oatmeal dapat dijadikan sarapan yang baik untuk mengawali hari Anda. Oatmeal tidak menjadikan asam lambung naik dan oetmeal kaya akan serat sehat yang baik untuk pencernaan.

3. Sayuran hijau
Beberapa jenis sayuran hijau yang rendah asam dan dapat dijadikan obat penurun pereda asam lambung adalah brokoli, asparagus, seledri, dan kembang.

4. Putih telur
Dalam putih telur terdapat banyak protein yang baik dan rendah asam. Sebaiknya bagi penderita asam lambung meninggalkan kuning telur ketika mengonsumsi telur.

5. Jahe
Khasiat jahe memang sudah diketahui sejak dahulu kala. Jahe merupakan salah satu jenis makanan terbaik untuk menekan asam lambung. Bumbu dapur yang satu ini diketahui kaya akan sifat anti-inflamasi dan juga ampuh untuk mengobati gastrointestinal.

6. Melon, semangka, blewah
Melon, semangka, blewah memiliki pH 6,1 dan jika dikonsumsi dapat membantu meredakan gangguan kesehatan asam lambung. Namun, 1% sampai 2% penderita gangguan maag mengaku mengonsumsi melon dapat memperburuk keadaan mereka.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Nutrisi – Manfaat buah mentimun ternyata tidak hanya sekedar untuk menambah menu hidangan dalam masakan saja, namun juga untuk membantu meningkatkan kesehatan. Meski sudah terbiasa dengan buah yang satu ini, tak sedikit orang yang tidak mengetahui jika mentimun dapat mencegah serangan radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Seperti dilansir dari Health Me Up Read More »

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Penting

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Penting

okein.com – Seperti diketahui bahwa, mangga adalah tanaman buah tahunan berupa pohon asal India kaya dengan vitamin. Tanaman ini menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mengonsumsi jus mangga segelas sehari dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 60-100%. Disamping itu kandungan vitamin A dalam buah ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Tidak hanya itu, Read More »

Inilah Khasiat Buah Pepaya Yang Belum Kamu Ketahui

Inilah Khasiat Buah Pepaya Yang Belum Kamu Ketahui

Mungkin tak sedikit orang yang mengetahui Khasiat dan Manfaat buah pepaya, dimana buah yang satu ini dipercaya ampuh untuk membantu melancarkan buang air besar. Tanaman pepaya termasuk dalam jenis tanaman yang mudah dipelihara dan dibudidayakan. Kandungan Gizi Buah Pepaya sendiri juga sangat luar biasa, dimana satu buah pepaya ukuran sedang terdapat kurang lebih 120 kalori, Read More »

Resep Diet Alami Dengan Buah Pisang

Resep Diet Alami Dengan Buah Pisang

Khasiat buah pisang tidak hanya sekedar untuk membantu penyembuhan atau pemulihan setelah sakit saja, namun manfaat buah pisang juga sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Seperti diketahui bahwa dalam buah pisang banyak terkandung nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa vitamin dan nutrisi penting yang terdapat dalam buah pisang diantaranya adalah Read More »