TOP News
Home » Sehat » Inilah Bahaya Minum Kopi Yang Belum Kamuu Ketahui
Gadis yang menikmati kopi hangat (img: Motaen.com)

Inilah Bahaya Minum Kopi Yang Belum Kamuu Ketahui

Bagi sebagian orang, kopi memang jadi minuman favorit. Selain dapat mengusir hawa dingin yang menusuk tubuh, minuman ini biasanya nikmat ketika diminum dipagi dan malam hari. Apalagi jika minum kopi bersama teman atau sahabat terdekat.

Manfaat dan khasiat kopi memang sudah tidak diragukan lagi, disamping dapat menjadi pengusir hawa dingin dalam tubuh, minum kopi juga menjadikan seseorang lebih fokus dalam bekerja dan lebih betah melek ketika dimalam hari. Meskipun demikian, pastikan Anda tidak mengkonsumsinya ketika mengalami Hipotermia.

Pengertian Hipotermia adalah kondisi mekanisme tubuh pengaturan suhu mengalami kesulitan untuk mengatasi tekanan suhu atau udara dingin yang berlebihan.

Seperti dilansir dari laman TribunNews (Rabu, 12 Agustus 2015 14:12 WIB) bahwa menurut Dokter Umum di PMI Cabang Surakarta, Dr Christina Roosarjani, MSi mengungkapkan jika seseorang yang mengalami hipotermi lebih disarankan minum yang manis, hangat dan mengasup makanan yang kaya akan energi.

Hal tersebut dikarenakan jika seseorang yang mengalami Hipotermia mengkonsumsi kopi, rokok, alkohol sangat beresiko mengalami kekurangan cairan tubuh, karena rokok, alkohol, kopi bersifat diuretik. Diuretik merupakan sebuah kondisi yang memungkinkan ginjal untuk mengekskresikan urin lebih banyak, yang pada gilirannya menghilangkan cairan dari tubuh.

Untuk mengatasi suhu tubuh yang semakin dingin, Christin mengungkapkan bahwa pasien harus segera menutupi kulitnya dengan baju ataupun penutup tubuh yang tebal dari ujung kaki sampai kepala dan pastikan untuk tidak berada diarea yang berangin. Karena angin dapat menyerap panas tubuh lebih cepat.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Inilah Khasiat Buah Pepaya Yang Belum Kamu Ketahui

Inilah Khasiat Buah Pepaya Yang Belum Kamu Ketahui

Mungkin tak sedikit orang yang mengetahui Khasiat dan Manfaat buah pepaya, dimana buah yang satu ini dipercaya ampuh untuk membantu melancarkan buang air besar. Tanaman pepaya termasuk dalam jenis tanaman yang mudah dipelihara dan dibudidayakan. Kandungan Gizi Buah Pepaya sendiri juga sangat luar biasa, dimana satu buah pepaya ukuran sedang terdapat kurang lebih 120 kalori, Read More »

7 Khasiat Mengonsumsi Jus Apel Secara Rutin

7 Khasiat Mengonsumsi Jus Apel Secara Rutin

7 khasiat mengonsumsi jus apel secara rutin – Buah apel adalah buah yang terkenal di seluruh dunia dan bahkan hampir semua orang menyukainya. Apel juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan ada ungkapan yang menyebutkan bahwa ‘an apple a day, keeps the doctor away’. Maksud dari ungkapan ini adalah apabila Anda mengonsumsi sebutir apel Read More »

Jeruk Nipis, Bikin Pencernaan Lebih Sehat

Jeruk Nipis, Bikin Pencernaan Lebih Sehat

Manfaat Jeruk nipis – Masyarakat Indonesia pada umumnya mengenal jeruk nipis hanya digunakan sebagai bahan minuman atau bahan pelengkap hidangan. Disamping, bisa menguatkan rasa makanan, buah ini juga memiliki banyak sekali nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti flavanoids. Kandungan flavanoids dalam jeruk nipis mampu meningkatkan produksi empedu serta cairan pencernaan yang mampu mengeluarkan Read More »

Hanya Perlu Waktu Kurang Dari 15 Menit Untuk Test Kanker Payudara

Hanya Perlu Waktu Kurang Dari 15 Menit Untuk Test Kanker Payudara

okein.com – Kabar yang melegakan saat ini tentang tes kanker payudara adalah bahwa tidak perlu waktu lama untuk melakukan tes kanker payudara. Jika biasanya kita melakukan mammogram atau rontgen sinar X untuk menemukan kanker payudara. Ada cara yang lebih cepat dan mudah yaitu dengan melakukan tes napas. Hal ini dilakukan oleh sebuah penelitian dengan tujuan Read More »