TOP News
Home » Sehat » Inilah Bahaya Minum Kopi Yang Belum Kamuu Ketahui
Gadis yang menikmati kopi hangat (img: Motaen.com)

Inilah Bahaya Minum Kopi Yang Belum Kamuu Ketahui

Bagi sebagian orang, kopi memang jadi minuman favorit. Selain dapat mengusir hawa dingin yang menusuk tubuh, minuman ini biasanya nikmat ketika diminum dipagi dan malam hari. Apalagi jika minum kopi bersama teman atau sahabat terdekat.

Manfaat dan khasiat kopi memang sudah tidak diragukan lagi, disamping dapat menjadi pengusir hawa dingin dalam tubuh, minum kopi juga menjadikan seseorang lebih fokus dalam bekerja dan lebih betah melek ketika dimalam hari. Meskipun demikian, pastikan Anda tidak mengkonsumsinya ketika mengalami Hipotermia.

Pengertian Hipotermia adalah kondisi mekanisme tubuh pengaturan suhu mengalami kesulitan untuk mengatasi tekanan suhu atau udara dingin yang berlebihan.

Seperti dilansir dari laman TribunNews (Rabu, 12 Agustus 2015 14:12 WIB) bahwa menurut Dokter Umum di PMI Cabang Surakarta, Dr Christina Roosarjani, MSi mengungkapkan jika seseorang yang mengalami hipotermi lebih disarankan minum yang manis, hangat dan mengasup makanan yang kaya akan energi.

Hal tersebut dikarenakan jika seseorang yang mengalami Hipotermia mengkonsumsi kopi, rokok, alkohol sangat beresiko mengalami kekurangan cairan tubuh, karena rokok, alkohol, kopi bersifat diuretik. Diuretik merupakan sebuah kondisi yang memungkinkan ginjal untuk mengekskresikan urin lebih banyak, yang pada gilirannya menghilangkan cairan dari tubuh.

Untuk mengatasi suhu tubuh yang semakin dingin, Christin mengungkapkan bahwa pasien harus segera menutupi kulitnya dengan baju ataupun penutup tubuh yang tebal dari ujung kaki sampai kepala dan pastikan untuk tidak berada diarea yang berangin. Karena angin dapat menyerap panas tubuh lebih cepat.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

okein.com – Tahukah Anda bahwa kualitas tidur memiliki hubungan yang erat terhadap kesehatan psikologi seseorang. Mereka yang memiliki jam tidur minim alias kurang yaitu hanya sekitar 5 jam tidur disetiap malamnya akan memiliki resiko depresi sekitar 53 persen. Lebih tinggi daripada mereka yang memiliki jam tidur selama 7-9 jam yang hanya memiliki resiko depresi sekitar Read More »

Vitamin D, Ampuh Lawan Penyakit Kanker Payudara

Vitamin D, Ampuh Lawan Penyakit Kanker Payudara

okein.com – Vitamin D adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu juga baik untuk kesehatan tulang serta efektif dalam membantu melawan penyakit kanker payudara. Seperti dilansir dari laman cbsnews.com, vitamin D mampu membantu wanita yang terkena penyakit kanker payudara untuk bertahan hidup. Hasil Read More »

Aneh, Menelepon Ibu Dapat Hilangkan Stres

Aneh, Menelepon Ibu Dapat Hilangkan Stres

okein.com – Seorang ibu pasti sangat istimewa dimata setiap insan, tak heran jika sebagian orang sering menelepon ibu ketika stres. Ketika mengalami stres, tubuh akan menghasilkan sebuah hormon yang disebut dengan kortisol. Salah satu hormon stres ini diproduksi oleh kelenjar adrenal, jika hal ini terus terjadi secara terus menerus dan masuk kedalam darah, maka dampaknya Read More »

Diabetes Datang Disaat Makan Nasi Putih

Diabetes Datang Disaat Makan Nasi Putih

Pengertian nasi Nasi adalah Padi yang digiling dan yang di dalamnya ada beras. Beras ada dua yaitu beras merah dan beras putih. Beras akan dimasak dan menjadi nasi. Nasi sangat berguna bagi manusia karna bisa membuat perut manusia kenyang dan menambah energi tubuh. Nasi putih juga bisa menyembuhkan penyakit diabetes dan rendah nutrisi. Penelitian menunjukkan Read More »