TOP News
Home » Tekno » Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius dari Bumi
Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius dari Bumi

Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius dari Bumi

CALIFORNIA – Ilmuwan sudah lama melakukan penelitian terhadap suara misterius dari Bumi sejak 1990-an yang akhirnya berhasil menguak alasan dibalik suara dengung misterius dari Bumi.

Dikabarkan dari Independent, Jumat (17/4/2015), pada tahun 1990-an, ilmuwan berhasil menemukan bahwa bumi mengeluarkan getaran secara berkelanjutan pada frekuensi yang sangat rendah. Bahkan, getaran tersebut terdeteksi meski tidak ada gempa bumi.

Ilmuwan menamai getaran tersebut dengan aktivitas microseismic, yang biasanya terlalu lemah untuk dideteksi manusia. Dalam teori sebelumnya aktivitas microseismic tersebut merupakan bagian radiasi elektromagnetik, aktivitas militer rahasia dan komunikasi kapas selam.

Akan tetapi dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa getaran yang paling mendekati kebenaran adalah akibat gelombang laut. Dengan menggunakan model komputer yang menunjukkan laut, angin dan dasar laut, tim ilmuwan yang dipimpin Oceanographer Fabrice Ardhuin menemukan jika gelombang laut mampu menghasilkan gelombang seismik rendah ketika bertabrakan.

Gelombang laut yang lambat dapat menghasilkan gelombang seismik pada frekuensi 13 sampai 300 detik dan sebagian besar suara dengung misterius yang seperti lonceng ini dihasilkan dari gelombang laut yang panjang.

Gelombang seismik mampu menembus mantel Bumi dan bahkan bisa menembus bagian terdalam dari inti Bumi. Analisa ini juga membantu ilmuwan dalam memetakan bumi lebih komprehensif terkait struktur planet Bumi.

Comments

Related Post

Samsung Galaxy Duos 3 penerus Galaxy S Duos 2

Samsung Galaxy Duos 3 penerus Galaxy S Duos 2

okein.com – Hanya berselang sekitar 10 bulan dari peluncuran Galaxy S Duos 2, kini Samsung kembali akan menghadirkan generasi penerus dari Galaxy S Duos 2 yaitu Galaxy S Duos 3. Smartphone ini kemungkinan akan dipasarkan dikawasan Asia khususnya Asia bagian selatan dengan Galaxy S Duos 2. Dikutip dari Android Community (02/09), Pada dasrnya Samsung Galaxy Read More »

Di Kutub Utara Ternyata Pernah Hidup T-Rex mini

Di Kutub Utara Ternyata Pernah Hidup T-Rex mini

okein.com – T-Rex atau yang biasa kita kenal dengan Tyrannosaurus Rex adalah predator mengerikan yang sempat ada di zaman dinosaurus, hewan ganas yang satu ini ternyata tidak hanya hidup di daerah beriklim hangat saja. Namun T-Rex ini (T-rex mini) juga hidup di Kutub Utara. Seperti dikabarkan dari Guardian LV (13/3), dinosaurus spesies pygmy atau cebol Read More »

Ini Dia Bocoran Spesifikasi BlackBerry Passport

Ini Dia Bocoran Spesifikasi BlackBerry Passport

okein.com – John Chen selaku CEO BlackBerry, sudah memamerkan BlackBerry Passport. Saat ini spesifikasi smartphone dengan tampilan unik ini pun juga sudah terungkap dan tak jauh berbeda dari dugaan sebelumnya. Dalam kabar sebelumnya diketahui BlackBerry Passport kemungkinan akan memiliki prosesor quad core besutan Qualcomm bertipe MSM8974 atau yang dikenal sebagai Snapdragon 800 dan penggunaan RAM Read More »

Bumi, Berhasil Lolos Dari Hantaman 2 Asteroid Sekaligus

Bumi, Berhasil Lolos Dari Hantaman 2 Asteroid Sekaligus

okein.com – Ternyata, tidak cuma satu asteroid saja yang melesat melewati bumi. Namun ada satu asteroid lagi yang memiliki ukuran 10 meter ikut win product key menerobos di antara bumi dan bulan di tanggal 06 Maret lalu. Kemarin (06/03), sebuah asteroid yang diketahui bernama Asteroid 2014 DX110 berukuran sebesar 3 kali bus tingkat di Inggris Read More »