TOP News
Home » Tekno » Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius dari Bumi
Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius dari Bumi

Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius dari Bumi

CALIFORNIA – Ilmuwan sudah lama melakukan penelitian terhadap suara misterius dari Bumi sejak 1990-an yang akhirnya berhasil menguak alasan dibalik suara dengung misterius dari Bumi.

Dikabarkan dari Independent, Jumat (17/4/2015), pada tahun 1990-an, ilmuwan berhasil menemukan bahwa bumi mengeluarkan getaran secara berkelanjutan pada frekuensi yang sangat rendah. Bahkan, getaran tersebut terdeteksi meski tidak ada gempa bumi.

Ilmuwan menamai getaran tersebut dengan aktivitas microseismic, yang biasanya terlalu lemah untuk dideteksi manusia. Dalam teori sebelumnya aktivitas microseismic tersebut merupakan bagian radiasi elektromagnetik, aktivitas militer rahasia dan komunikasi kapas selam.

Akan tetapi dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa getaran yang paling mendekati kebenaran adalah akibat gelombang laut. Dengan menggunakan model komputer yang menunjukkan laut, angin dan dasar laut, tim ilmuwan yang dipimpin Oceanographer Fabrice Ardhuin menemukan jika gelombang laut mampu menghasilkan gelombang seismik rendah ketika bertabrakan.

Gelombang laut yang lambat dapat menghasilkan gelombang seismik pada frekuensi 13 sampai 300 detik dan sebagian besar suara dengung misterius yang seperti lonceng ini dihasilkan dari gelombang laut yang panjang.

Gelombang seismik mampu menembus mantel Bumi dan bahkan bisa menembus bagian terdalam dari inti Bumi. Analisa ini juga membantu ilmuwan dalam memetakan bumi lebih komprehensif terkait struktur planet Bumi.

Comments

Related Post

Ini Dia Bocoran Spesifikasi BlackBerry Passport

Ini Dia Bocoran Spesifikasi BlackBerry Passport

okein.com – John Chen selaku CEO BlackBerry, sudah memamerkan BlackBerry Passport. Saat ini spesifikasi smartphone dengan tampilan unik ini pun juga sudah terungkap dan tak jauh berbeda dari dugaan sebelumnya. Dalam kabar sebelumnya diketahui BlackBerry Passport kemungkinan akan memiliki prosesor quad core besutan Qualcomm bertipe MSM8974 atau yang dikenal sebagai Snapdragon 800 dan penggunaan RAM Read More »

Kualitas audio dan video Masih Jadi Senjata HTC Desire 816

Kualitas audio dan video Masih Jadi Senjata HTC Desire 816

Nampaknya peluncuran HTC Desire 816 dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 juga dibarengi dengan diluncurkannya HTC Desire 610. Peter Chou selaku CEO HTC mengungkapkan, smartphone memiliki kemampuan menengah ini desain khusus untuk memberikan pengalaman maksimal khususnya bagi pengguna yang suka menikmati audio dan video berkualitas. Kemampuan HTC tersebut tak lepas dari fitur canggih lainnya, Read More »

106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

okein.com – 30 Juni di 106 tahun yang lalu, jadi hari yang paling bersejarah. Pasalnya, pada hari itu, bumi dihantam salah satu meteor terbesar yang tercatat dalam sejarah modern. Di tanggal 30 Juni tahun 1908 pagi, sebuah meteor dengan ukuran sangat besar jatuh dan menghantam sebuah daerah di Tunguska, Siberia. Alhasil, dari jatunya meteor tersebut Read More »

Menarik, kamera depan HTC One lebih ampuh dari kamera belakang

Menarik, kamera depan HTC One lebih ampuh dari kamera belakang

okein.com – Banyak yang mengira jika kamera depan dalam smartphone tentu tidak lebih baik dari kamera belakang yang notabene memiliki fungsi sebagai kamera utama. Hal ini lah yang diputarbalikkan oleh pengembang smartphone HTC melalui smartphone andalannya, yakni HTC One M8. Apabila smartphone dengan kamera yang handal lain seperti Lumia 1020 mempunyai kamera depan berkekuatan 20 Read More »