Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius dari Bumi

Advertisement

CALIFORNIA – Ilmuwan sudah lama melakukan penelitian terhadap suara misterius dari Bumi sejak 1990-an yang akhirnya berhasil menguak alasan dibalik suara dengung misterius dari Bumi.

Dikabarkan dari Independent, Jumat (17/4/2015), pada tahun 1990-an, ilmuwan berhasil menemukan bahwa bumi mengeluarkan getaran secara berkelanjutan pada frekuensi yang sangat rendah. Bahkan, getaran tersebut terdeteksi meski tidak ada gempa bumi.

Ilmuwan menamai getaran tersebut dengan aktivitas microseismic, yang biasanya terlalu lemah untuk dideteksi manusia. Dalam teori sebelumnya aktivitas microseismic tersebut merupakan bagian radiasi elektromagnetik, aktivitas militer rahasia dan komunikasi kapas selam.

Akan tetapi dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa getaran yang paling mendekati kebenaran adalah akibat gelombang laut. Dengan menggunakan model komputer yang menunjukkan laut, angin dan dasar laut, tim ilmuwan yang dipimpin Oceanographer Fabrice Ardhuin menemukan jika gelombang laut mampu menghasilkan gelombang seismik rendah ketika bertabrakan.

Gelombang laut yang lambat dapat menghasilkan gelombang seismik pada frekuensi 13 sampai 300 detik dan sebagian besar suara dengung misterius yang seperti lonceng ini dihasilkan dari gelombang laut yang panjang.

Gelombang seismik mampu menembus mantel Bumi dan bahkan bisa menembus bagian terdalam dari inti Bumi. Analisa ini juga membantu ilmuwan dalam memetakan bumi lebih komprehensif terkait struktur planet Bumi.

Advertisement

Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius dari Bumi | Suci Wulandari | 4.5

Leave a Reply