TOP News
Home » Tekno » Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius Dari Bumi

Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Misterius Dari Bumi

CALIFORNIA – Ilmuwan sudah lama melakukan penelitian terhadap suara misterius dari Bumi sejak 1990-an yang akhirnya berhasil menguak alasan dibalik suara dengung misterius dari Bumi.

Dikabarkan dari Independent, Jumat (17/4/2015), pada tahun 1990-an, ilmuwan berhasil menemukan bahwa bumi mengeluarkan getaran secara berkelanjutan pada frekuensi yang sangat rendah. Bahkan, getaran tersebut terdeteksi meski tidak ada gempa bumi.

Ilmuwan menamai getaran tersebut dengan aktivitas microseismic, yang biasanya terlalu lemah untuk dideteksi manusia. Dalam teori sebelumnya aktivitas microseismic tersebut merupakan bagian radiasi elektromagnetik, aktivitas militer rahasia dan komunikasi kapas selam.

Akan tetapi dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa getaran yang paling mendekati kebenaran adalah akibat gelombang laut. Dengan menggunakan model komputer yang menunjukkan laut, angin dan dasar laut, tim ilmuwan yang dipimpin Oceanographer Fabrice Ardhuin menemukan jika gelombang laut mampu menghasilkan gelombang seismik rendah ketika bertabrakan.

Gelombang laut yang lambat dapat menghasilkan gelombang seismik pada frekuensi 13 sampai 300 detik dan sebagian besar suara dengung misterius yang seperti lonceng ini dihasilkan dari gelombang laut yang panjang.

Gelombang seismik mampu menembus mantel Bumi dan bahkan bisa menembus bagian terdalam dari inti Bumi. Analisa ini juga membantu ilmuwan dalam memetakan bumi lebih komprehensif terkait struktur planet Bumi.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Misterius, Cahaya Di Alam Semesta Hampir Hilang Seluruhnya

Misterius, Cahaya Di Alam Semesta Hampir Hilang Seluruhnya

okein.com – Jika bumi dipenuhi oleh cahaya dari matahari, maka alam semesta penuh dengan cahaya dari berbagai galaksi dan bintang. Akan tetapi saat ini terdapat fakta jika hampir seluruh cahaya tersebut hilang entah ke mana. Seperti dikabarkan dari Daily Mail (11/07), antariksawan dibuat bingung dengan fakta yang menunjukkan defisit cahaya yang masif di alam semesta, Read More »

Fotografer Ini Sesali Telah Jual Fotonya Ke Microsoft

Fotografer Ini Sesali Telah Jual Fotonya Ke Microsoft

okein.com – Tak lama lagi, Windows XP segera dinonaktifkan oleh Microsoft. Akan tetapi sepertinya masih ada beberapa masalah yang muncul, salah satunya adalah terkait dengan wallpaper default OS tersebut. Mungkin Anda masih ingat dengan wallpaper asli Windows XP yang fenomenal. Yang mana wallpaper ini adalah gambar tentang dua bukit yang seluruhnya dipenuhi rumput hijau serta Read More »

Nokia, Diam-diam Kerjakan Proyek Android Misterius

Nokia, Diam-diam Kerjakan Proyek Android Misterius

okein.com – Walaupun kini bisnis mobile Nokia sudah resmi milik Microsoft, namun masih terdapat sebagian tim dalam perusahaan asal Finlandia tersebut yang berencana menyematkan kembali Android dalam perangkat Nokia. Dalam kabar sebelumnya, Satya Nadella selaku CEO Microsoft yang baru sudah menegaskan tidak melanjutkan varian Nokia X dan bakal menggantinya dengan ponsel Lumia entry-level guna mengisi Read More »

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

okein.com – Belum lama Google membangun kabel fiber-optik terpanjang di samudra Pasifik kini telah mendapat gangguan. Uniknya, kali ini gangguan tersebut berasal dari ikan hiu. Seperti yang diwartakan dari The Verge (15/08/2014), Google terpaksa harus menambahkan lapisan kevlar di seluruh kabel-kabel internet super cepat tersebut. Tentunya hal ini tidak murah, pasalnya kabel fiber-optik yang berada Read More »