9 Khasiat Ajaib Tanaman Kersen Yang Jarang Diketahui

Advertisement

Tumbuhan kersen atau talok miliki nama latin Muntingia calabura. Pohon kersen tergolong pohon yang mengalami pertumbuhan sangat cepat dan tingginya bisa lima hingga sepuluh meter.

Dengan daun berbulu dan lengket, pohon kersen memiliki buah warna merah ketika matang. Pada umumnya buah kersen memiliki diameter sekitar 1,5 cm. Rasa buah ini sangat manis dan memiliki tekstur daging buah yang halus.

Pohon kersen yang dapat tumbuh liar dimana saja ini ternyata memiliki khasiat dan manfaat terhadap kesehatan yang luar biasa.

Seperti yang dirangkum dari laman stuartxchange.org, berikut ini merupakan khasiat dan manfaat kesehatan kersen.

1. Antibakteri
Dalam beberapa penelitian, buah kersen mempunyai sifat antibakteri sebanding dengan zat antibiotik standar dalam dunia medis. Menurut para peneliti, dalam kersen juga tersimpan senyawa antibakteri yang kuat.

2. Antioksidan
Kersen juga diketahui kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini bertugas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dipercaya ampuh melawan radikal bebas penyebab kanker.

3. Antiseptik
Senyawa yang terkandung dalam daun kersen seperti tanin, flavonoid dan saponin dapat digunakan sebagai Antiseptik yang ampuh membunuh mikroba. Daun kersen dipercaya mampu membunuh beberapa jenis bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil.

4. Anti-inflamasi
Menariknya, rebusan daun kersen dapat digunakan sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

5. Anti-tumor
Daun kersen juga diketahui memiliki kemampuan sebagai anti-tumor. Hal tersebut dikarenakan kandungan flavonoid yang ada pada daun kersen dapat menjadi penghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

6. Mengobati asam urat
Tak sedikit orang Indonesia yang mengkonsumsi buah kersen untuk mendapatkan manfaat kesehatan, salah satunya sebagai obat asam urat. Buah kersen terbukti mampu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat.

7. Menyehatkan jantung
Ekstrak daun kersen dapat digunakan seabgai pelindung jantung. Kandungan miokardiumnya berdampak pada penurunan yang signifikan terkait pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut
Bunga kersen mampu menjadi zat antiseptik dan mengobati kram perut. Caranya adalah dengan merebus bunga kersen dan meminum airnya.

9. Anti-kanker
Salah satu penelitian menunjukkan bahwa sifat anti-kanker ditemukan pada pada pohon kersen. Dimana flavonoid sitotoksik baru diketahui terdapat pada akar kersen.

Inilah 9 manfaat ajaib pohon kersen yang terdapat pada buah, batang, daun, bunga dan akarnya. Karena pohon kersen termasuk pohon yang mudah dibudidayakan, maka cobalah untuk memilikinya.

Advertisement

9 Khasiat Ajaib Tanaman Kersen Yang Jarang Diketahui | Suci Wulandari | 4.5

Leave a Reply