TOP News
Home » Sehat » Inilah 5 Masalah Kesehatan Serius yang Diakibatkan Oleh Merokok
Inilah 5 Masalah Kesehatan Serius yang Diakibatkan Oleh Merokok

Inilah 5 Masalah Kesehatan Serius yang Diakibatkan Oleh Merokok

Pastilah kita sering mendengar kampanye-kampanye yang mencegah orang untuk merokok. Getolnya pencegahan merokok ini tidak aneh mengingat bahaya yang diakibatkan olehnya sendiri bisa jadi sangat fatal bagi hampir seluruh organ tubuh manusia. Berikut merupakan dampak-dampak bahaya merokok yang sangat serius hingga nampaknya tidak sebanding dengan kenikmatan yang dapat diberikan pada pecandunya.

Gangguan Pada Sistem Pernapasan
Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan karena merusak saluran udara tubuh dan alveoli di dalam paru-paru. Perokok aktif memiliki resiko 12 hingga 13 kali lebih banyak untuk meninggal akibat ephysema dan bronkitis kronis dibandingkan dengan non-perokok. Lebih-lebih pada pemilik asma, merokok bisa berdampak sangat fatal.

Gangguan Kardiovaskular
Selain paru-paru, bahaya merokok bisa juga mengenai jantung dan pembuluh darah. Tidak hanya merokok bisa jadi penyebab utama pada kasus jantung koroner tetapi juga serangan jantung serta stroke. Hal ini karena merokok merusak pembuluh darah dengan membuatnya makin tebal dan sempit sehingga tekanan darah pun naik dan jantung berdetak lebih keras. Zat-zat karsinogenik pada rokok pun mampu memblokir oksigen yang diangkut darah sehingga dampaknya tidak hanya ke otot jantung tetapi juga otak.

Kanker
Memiliki komposisi zat-zat karsinogenik yang berbahaya bagi kesehatan, tak heran apabila merokok bisa sangat ampuh memicu munculnya sel-sel radikal bebas yang berevolusi menjadi tumor pada tubuh. Dengan demikian, merokok praktis turut andil dalam menimbulkan kanker pada tubuh. Tidak hanya kanker pernapasan seperti paru-paru, tenggorokan, trachea, dan laring saja, tetapi juga kanker darah, serviks, usus besar, ginjal, ureter, hati, perut, dan pankreas.

Masalah Janin dan Impotensi
Merokok memiliki dampak yang sangat fatal apabila dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini karena kebiasan merokok bisa berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi serta janin yang ada di kandungan. Bahaya merokok bagi kehamilan sendiri meliputi, potensi keguguran, kelahiran prematur, bayi yang lahir dengan berat badan kurang, bahkan sindrom mati mendadak pada bayi. Pun demikian apabila kebiasan merokok yang tidak terkontrol diidap oleh seorang pria. Perokok tersebut akan memiliki kecenderungan memiliki pembuluh darah dengan ukuran kecil sehingga bisa menyebabkan disfungsi impoten atau impotensi.

Kebutaan
Bahaya merokok pun ternyata meliputi dampak terhadap kesehatan penglihatan Anda. Hal ini termasuk meningkatkan resiko terjadinya degenerasi makula, atau penyebab kebutaan pada orang tua. Orang yang merokok dinilai 4 kali lebih beresiko mengalami kerusakan makula, pusat retina mata, serta kehancuran pada penglihatan sentral yang tajam.
Merokok memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan total kematian HIV, penggunakan alkohol, narkoba, kecelakan motor, dan kebakaran jadi satu. Mengingat bahayanya tersebut, sebaiknya perokok mulai memahami urgensinya untuk mulai mengurangi tingkat kecanduannya terhadap rokok demi hidup mereka yang lebih sehat.

Comments

Related Post

Penyakit Ini Disebut-sebut Paling Mematikan Untuk Wanita

Penyakit Ini Disebut-sebut Paling Mematikan Untuk Wanita

okein.com – Tak sedikit orang yang mengira jika kanker adalah penyakit yang paling berbahaya dan mematikan untuk kaum hawa. Akan tetapi dalam sebuah penelitian di Inggris menunjukkan hal yang cukup mengejutkan. Dimana mereka telah menemukan penyakit yang jadi ancaman jiwa wanita yang sebenarnya bukan kanker. Dalam sebuah penelitian sebelumnya yang dilakukan terhadap wanita di Inggris Read More »

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi Penting

Jus Mangga, Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi Penting

okein.com – Seperti diketahui bahwa, mangga adalah tanaman buah tahunan berupa pohon asal India kaya dengan vitamin. Tanaman ini menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mengonsumsi jus mangga segelas sehari dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 60-100%. Disamping itu kandungan vitamin A dalam buah ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Tidak hanya itu, Read More »

Mengonsumsi makanan berikut bisa meredakan nyeri tubuh

Mengonsumsi makanan berikut bisa meredakan nyeri tubuh

okein.com – Anda mungkin sering mengalami nyeri atau pegal di sekujur tubuh dan Anda obati dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Ada baiknya Anda jangan membiasakan hal tersebut, sebab efek samping dari mengonsumsi obat penghilang rasa sakit bisa membahayakan kesehatan Anda. Berikut ini merupakan makanan sehat yang ampuh menghilangkan rasa nyeri di tubuh seperti diwartakan Read More »

Ini Dia Cara Mengolah Wortel Supaya Vitaminnya Tidak Rusak

Ini Dia Cara Mengolah Wortel Supaya Vitaminnya Tidak Rusak

okein.com – Setiap orang tentu ingin mendapatkan manfaat dan khasiat dari setiap makanan yang diolahnya terlebih untuk kesehatan. Jika Anda adalah salah seorang penyuka wortel, maka cara mengolah wortel yang baik ini wajib Anda ketahui. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang biasa digunakan dalam berbagai jenis bahan tambahan masakan dan minuman, mulai dari acar, Read More »