7 Khasiat Air Mata yang Jarang Diketahui

Advertisement

Kebaikan air mata yang jarang disadari manusia. Sebagian besar manusia pasti beranggapan bahwa air mata hanya berfungsi untuk mengekspresikan rasa sedih, kecewa, terharu, dan bahagia.

Namun siapa yang menyangka jika ternyata air mata memiliki beberapa manfaat yang ampuh untuk kesehatan dan menentukan sikap seseorang.

Berikut ini beberapa contoh kegunaan air mata:
1. Mengurangi Stres
Menurut Dr. William Frey seorang ahli mata dari Ramsey Medical Center, air mata mampu mengurangi beban psikis yang ada pada diri manusia. Sekitar 98 persen air di dalamnya mengndung hormon stres. Oleh sebab itu jika hormon tersebut dikeluarkan, maka beban psikis akan berkurang.

2. Membuat Perasaan Lebih Lega
Setelah menangis seseorang akan cenderung merasa lebih tenang dan merasa apa yang menjadi beban pikirannya telah berkurang.

3. Membunuh Bakteri
Air mata kaya akan kandungan enzim lysosym, enzim yang satu ini dipercaya ampuh dalam membantu membunuh bakteri jika dibandingkan dengan obat tetes mata bisa.

4. Melembabkan Mata
Air mata berguna sebagai pelembab alami yang bisa membuat mata terhindar dari iritasi, kering, dan rasa perih.

5. Ekspresi Cinta
Terkadang seseorang sulit mengungkapkan perasaan yang berlebihan melalui kata – kata, apalagi yang berhubungan dengan masalah cinta. Dalam hal ini air mata dapat berfungsi untuk mengekspresikan rasa cinta orang tersebut.

6. Menghentikan Pertengkaran
Jika ada dua belah pihak yang bersengketa, maka tangisan dipercaya mampu mengendurkan suasana. Dengan demikian keadaan akan berangsur – angsur membaik.

7. Mencari Simpati
Dengan air mata, seseorang akan lebih mudah mengundang perhatian dan mendapatkan simpati dari orang lain.
Pada waktu – waktu tertentu kita memang perlu menangis agar pikiran, mata, suasana, dan keadaan di sekitar kita tetap stabil.

Sumber: wajahcantik1.blogspot.com

Advertisement

7 Khasiat Air Mata yang Jarang Diketahui | Sri Widayati | 4.5

Leave a Reply