TOP News
Home » Sehat » Selain Susu, Beberapa Makanan Berikut Jadi Sumber Kalsium

Selain Susu, Beberapa Makanan Berikut Jadi Sumber Kalsium

Makanan sumber kalsium selain susu – Kalsium adalah mineral yang sangat banyak ditemukan pada tubuh manusia. Zat yang satu ini sangat diperlukan tubuh guna menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan pembuluh darah, serta produksi hormon.

Jika berbicara tentang kalsium, tentu selama ini pikiran orang hanya terpaku dalam susu dan produk susu. Hal ini tentu saja menyulitkan bagi mereka yang tak menyukai rasa susu atau memiliki alergi laktosa serta tak bisa mengonsumsi susu.

Padahal kalsium juga dapat diperoleh dari makanan lainnya selain susu. Beberapa makanan seperti berikut ini kaya akan kandungan kalsium dan dapat membantu Anda menguatkan tulang dan gigi, seperti yang dikaparkan dari laman Health Me Up (26/10).

Kacang Almond
Almond merupakan salah satu jenis kacang yang banyak mengandung nutrisi. Disamping mengandung banyak kalsium, almond juga memiliki kandungan potasium dan zat besi. Almond dapat dikonsumsi sebagai camilan, diolah menjadi selai, maupun dicampur dalam salad.

Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau, terlebih yang berdaun hijau gelap kaya akan kalsium. Beberapa di antaranya adalah pok choy, sayuran lobak, kale, dan brokoli. Sayuran tersebut memiliki zat penting yang dinamakan kalsium serta mudah diserap tubuh. Sementara sayuran seperti rumput laut dan bayam, walaupun mengandung banyak kalsium, akan tetapi sulit untuk diserap tubuh.

Yang tidak kalah mudah dicari adalah Tahu. Dimana, tahu juga salah satu makanan yang banyak memiliki kalsium dan cocok bagi para vegetarian untuk dikonsumsi guna memenuhi asupan protein serta kalsium untuk tubuh.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Air Tebu Mampu Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Air Tebu Mampu Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Rendahnya kandungan indeks glikemik dalam air tebu, menjadikan minuman yang satu ini diburu berbagai kalangan untuk melepaskan dahaga. Air tebu diketahui mampu memberikan energi instan untuk ibu hamil. Air tebu juga dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan meredakan rasa haus. Disamping sebagai bahan penghasil gula, kandungan yang terdapat dalam sari tebu ini ternyata bermanfaat untuk Read More »

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

okein.com – Tahukah Anda bahwa kualitas tidur memiliki hubungan yang erat terhadap kesehatan psikologi seseorang. Mereka yang memiliki jam tidur minim alias kurang yaitu hanya sekitar 5 jam tidur disetiap malamnya akan memiliki resiko depresi sekitar 53 persen. Lebih tinggi daripada mereka yang memiliki jam tidur selama 7-9 jam yang hanya memiliki resiko depresi sekitar Read More »

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Nutrisi – Manfaat buah mentimun ternyata tidak hanya sekedar untuk menambah menu hidangan dalam masakan saja, namun juga untuk membantu meningkatkan kesehatan. Meski sudah terbiasa dengan buah yang satu ini, tak sedikit orang yang tidak mengetahui jika mentimun dapat mencegah serangan radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Seperti dilansir dari Health Me Up Read More »

Selai Kacang, Cara Mudah Menambah Berat Badan

Selai Kacang, Cara Mudah Menambah Berat Badan

Jika Anda adalah seseorang yang ingin menambah berat badan 1kg setiap minggu maka sedikitnya Anda harus mengkonsumsi 500 kalori. Masalahnya adalah tidak semua makanan yang kandungan kalori banyak itu menyehatkan ketika dimakan dalam porsi berlebih, memang benar berat badan dapat bertambah dengan cepat, namun kesehatan tubuh justru bertambah buruk. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan Read More »