TOP News
Home » Sehat » Terlalu Banyak Minum Kopi Tingkatkan Resiko Terkena Diabetes!

Terlalu Banyak Minum Kopi Tingkatkan Resiko Terkena Diabetes!

okein.com – Ternyata mengonsumsi kopi terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan. Seperti yang diungkap dari sebuah penelitian bahwa mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes tipe-2,trutama bagi penderita tekanan darah tinggi dan orang yang memiliki metabolism lambat.

Hal tersebut diungkap setelah peneliti mengamati 1.180 pasien berusia 18 hingga 45 tahun yang mengalami hipertensi tahap pertama, tetapi tdak mengalami diabetes. Sekitar 87 persen dari meraka minum satu sampai tiga cangkir kopi setiap harinya, sedangkan 13 persen lainnya minum lebih dari tiga cangkir kopi setiap hari.

Dikutip dari Daily Mail (02/09)., Bahwa 4 2 persen dari mereka memiliki metabolisme kopi yang tinggi sedangkan 58 persen lainnya memiliki metabolisme kopi yang lambat. Dalam 6 tahun penelitian,mereka menemukan 24 persen partisipan memiliki gejala pra-diabetes.

Pada partisipan yang memiliki metabolisme rendah, peminum kopi tingkat sedang diketahui memiliki risiko terkena diabetes 34 persen lebih tinggi, sedangkan peminum kopi berat memiliki risiko diabetes 50 persen lebih tinggi.

Dr Lucio Mos dari San Daniele Cardiology Hospital di Udine, Italia mengungkapkan. “Risiko tersbut akan lebih tinggi jika partisipan mengalami obesitas atau memiliki berat badan yang lebih,”

Menurut Dr Lucio Mos, peningkatan risiko tersebut juga dipengaruhi oleh dua hal, yaitu jumlah kopi yang diminum setiap hari dan faktor genetik orang tersebut. Sebaiknya orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan metabolisme tubuh yang lambat tidak mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Olah Raga Yoga, Bantu Atasi Depresi

Olah Raga Yoga, Bantu Atasi Depresi

geoklik.com – Olah raga yoga merupakan sebuah bentuk olah tubuh yang berasal dari India. Konsep olah raga ini adalah dengan menggabungkan antara unsur gerakan tubuh dengan pernafasan yang dipercaya mampu membantu mengatasi depresi. Dilansir dari laman App for Health (09/01/2014) bahwa olah raga yoga mampu meningkatkan mood, fokus dalam bekerja serta meredakan stres. Dengan mengandalkan Read More »

Ini Dia Rahasia Tidur Yang Bisa Mencegah Stroke

Ini Dia Rahasia Tidur Yang Bisa Mencegah Stroke

Stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, penyebab strok pada umumnya semata-mata hanya gangguan pembuluh darah di otak, dan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Biasanya gejala awal stroke ditandai dengan timbulnya gangguan saraf (defisit neurologis) fokal atau global, yang berlangsung lebih dari 24 jam. Menurut ekahospital.com, di Indonesia, stroke merupakan Read More »

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

okein.com – Mungkin Anda sempat berpikir untuk menjadi penganut diet vegetarian dan takut akan kebutuhan protein Anda tidak terpenuhi? Mulai kini jangan takut! Pasalnya ternyata terdapat beberapa jenis sayuran yang kaya akan protein di dalamnya seperti sayuran berikut. Kacang-kacangan Kacang-kacangan adalah jenis sayuran yang kaya akan protein di baliknya. Di setiap 100 gram takaran saji, Read More »

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

okein.com – Tahukah Anda bahwa kualitas tidur memiliki hubungan yang erat terhadap kesehatan psikologi seseorang. Mereka yang memiliki jam tidur minim alias kurang yaitu hanya sekitar 5 jam tidur disetiap malamnya akan memiliki resiko depresi sekitar 53 persen. Lebih tinggi daripada mereka yang memiliki jam tidur selama 7-9 jam yang hanya memiliki resiko depresi sekitar Read More »