TOP News
Home » Tekno » Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

okein.com – Belum lama Google membangun kabel fiber-optik terpanjang di samudra Pasifik kini telah mendapat gangguan. Uniknya, kali ini gangguan tersebut berasal dari ikan hiu.

Seperti yang diwartakan dari The Verge (15/08/2014), Google terpaksa harus menambahkan lapisan kevlar di seluruh kabel-kabel internet super cepat tersebut. Tentunya hal ini tidak murah, pasalnya kabel fiber-optik yang berada di dasar samudra pasifik tersebut memiliki panjang mencapai 8000 kilometer. Kevlar didesain tidak hanya ampuh untuk bertahan dari serangan peluru, namun juga dari suhu beku samudra Pasifik.

Keputusan ini disampaikan oleh manajer proyek kabel ‘Faster’, Dan Belcher. Belcher mengungkapkan jiika penambahan kevlar sangat dibutuhkan untuk melindungi infrastruktur yang tengah dibangun di daerah trans-Pasifik dari serangan hiu.

Gigitan hiu mampu dengan mudah merusak kabel fiber-optik bawah laut, hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan untuk kabel tersebut terbuat dari kaca yang rawan pecah. Oleh karenanya, lapisan luarnya harus dilindungi oleh plastik, kemudian kevlar dan diakhiri dengan lapisan karet berbasis silikon.

Hiu sudah lama diketahui suka menggigiti kabel internet bawah laut dengan mengandalkan gigi mereka yang tajam. Pada tahun 1987 saja serangan hiu sudah mengakibatkan empat titik kerusakan pada sebuah jaringan kabel baru. Padahal, kabel tersebut baru selesai dipasang tahun 1985.

Gigitan ikan hiu terhadap kabel fiber-optik kembali ditemukan pada tahun 2010 lalu dan berhasil terkeam melalui sebuah video yang diunggah ke YouTube. Dalam video tersebut, diketahui hiu berukuran besar berusaha menancapkan giginya ke kabel fiber-optik sebelum akhirnya berenang menjauh.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

PNY Hadirkan SSD Drive Handal 480GB

PNY Hadirkan SSD Drive Handal 480GB

okein.com – Kini banyak pengguna perangkat dekstop atau laptop yang biasa dibuat pusing ketika media penyimpanan data internal miliknya sudah penuh. Untuk mengatasi hal tersebut PNY telah meluncurkan SSD Drive 480 GB dengan kualitas terbaik khas PNY. SSD (Solid State Drives) bergaya XLR8 milik PNY kali ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman komputasi yang tangguh Read More »

HTC One M8 Resmi Luncurkan Smartphone Duo Camera

HTC One M8 Resmi Luncurkan Smartphone Duo Camera

okein.com – HTC hari ini resmi mengumumkan peluncuran HTC One M8 terbaru, smartphone papan atas ini telah dipersenjatai berbagai fitur canggih, yakni Duo Camera. Diluncurkannya HTC One (M8) terbaru ternyata sebagai bentuk evolusi paripurna dari pendahulunya, yakni HTC One (M7), yang mampu meraih berbagai penghargaan kelas dunia. HTC One (M8) teranyar ini hadir dalam balutan Read More »

Robot Curiosity, Temukan Susunan Batu Aneh Di Mars

Robot Curiosity, Temukan Susunan Batu Aneh Di Mars

okein.com – Curiosity adalah robot andalan milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA) kini masih mengeksplorasi Planet Mars. Dalam kabar terbaru, robot canggih ini menemukan susunan batu unik yang ada di permukaan planet merah. Seperti dilansir dari Sciencedaily, Jumat (28/2/2014), penampakan susunan batu tak beraturan ini tertangkap kamera Navigation yang disematkan pada Curiosity. Dalam jepretan tersebut Read More »

2 Galaxy Note Dari Samsung Resmi Meluncur!

2 Galaxy Note Dari Samsung Resmi Meluncur!

okein.com – Kini Samsung telah menjawab kabar tentang kehadiran Galaxy Note 4, yang diluncurkan di Berlin Jerman. tidak hanya satu phablet saja, bahkan perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah meluncurkan dua versi Galaxy Note terbaru sekaligus, yakni Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge. Pada acara Samsung Unpacked yang juga dihadiri detikINET, di Berlin, Jerman, Read More »