TOP News
Home » Tekno » Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar
Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

okein.com – Belum lama Google membangun kabel fiber-optik terpanjang di samudra Pasifik kini telah mendapat gangguan. Uniknya, kali ini gangguan tersebut berasal dari ikan hiu.

Seperti yang diwartakan dari The Verge (15/08/2014), Google terpaksa harus menambahkan lapisan kevlar di seluruh kabel-kabel internet super cepat tersebut. Tentunya hal ini tidak murah, pasalnya kabel fiber-optik yang berada di dasar samudra pasifik tersebut memiliki panjang mencapai 8000 kilometer. Kevlar didesain tidak hanya ampuh untuk bertahan dari serangan peluru, namun juga dari suhu beku samudra Pasifik.

Keputusan ini disampaikan oleh manajer proyek kabel ‘Faster’, Dan Belcher. Belcher mengungkapkan jiika penambahan kevlar sangat dibutuhkan untuk melindungi infrastruktur yang tengah dibangun di daerah trans-Pasifik dari serangan hiu.

Gigitan hiu mampu dengan mudah merusak kabel fiber-optik bawah laut, hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan untuk kabel tersebut terbuat dari kaca yang rawan pecah. Oleh karenanya, lapisan luarnya harus dilindungi oleh plastik, kemudian kevlar dan diakhiri dengan lapisan karet berbasis silikon.

Hiu sudah lama diketahui suka menggigiti kabel internet bawah laut dengan mengandalkan gigi mereka yang tajam. Pada tahun 1987 saja serangan hiu sudah mengakibatkan empat titik kerusakan pada sebuah jaringan kabel baru. Padahal, kabel tersebut baru selesai dipasang tahun 1985.

Gigitan ikan hiu terhadap kabel fiber-optik kembali ditemukan pada tahun 2010 lalu dan berhasil terkeam melalui sebuah video yang diunggah ke YouTube. Dalam video tersebut, diketahui hiu berukuran besar berusaha menancapkan giginya ke kabel fiber-optik sebelum akhirnya berenang menjauh.

Comments

Related Post

Apacer C320 Punya Interface USB Ganda

Apacer C320 Punya Interface USB Ganda

okein.com – Belum lama ini Apacer telah merilis sebuah produk baru, yakni Charger USB Ganda C320. Apacer menjelaskan jika perangkat ini mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk Anda dalam mengisi gadget ketika kehabisan baterai habis di tengah perjalanan. Fitur Apacer C320 untuk kendaraan ini sendiri telah didesain khusus untuk mengisi baterai secara cepat dan portabilitas, Read More »

Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

okein.com – Ketika dalam format beta, layanan ini masih disebut Project1709. Tentu saja nama ini tidak enak didengar. Kini, Canon meluncurkannya secara resmi dan dinamai dengan Irista. Seperti dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (7/6/2014), ini merupakan sebuah layanan penyimpanan file sejenis Dropbox dan Box, hanya saja khusus untuk menyimpan foto. Dengan adanya media ini, para fotografer Read More »

Fotografer ini Sesali Telah Jual Fotonya ke Microsoft

Fotografer ini Sesali Telah Jual Fotonya ke Microsoft

okein.com – Tak lama lagi, Windows XP segera dinonaktifkan oleh Microsoft. Akan tetapi sepertinya masih ada beberapa masalah yang muncul, salah satunya adalah terkait dengan wallpaper default OS tersebut. Mungkin Anda masih ingat dengan wallpaper asli Windows XP yang fenomenal. Yang mana wallpaper ini adalah gambar tentang dua bukit yang seluruhnya dipenuhi rumput hijau serta Read More »

NVIDIA Shield, Tablet gaming harga murah

NVIDIA Shield, Tablet gaming harga murah

okein.com – Tertarik dengan tablet gaming canggih berlayar super dan harga nyaman di kantong? Mungkin NVIDIA Shield jadi salah satu pilihan terbaik untuk saat ini. Tablet Android berjalan diatas sistem operasi Android yang hadir dengan menawarkan performa serta grafis unggulan berkat dukungan prosesor NVIDIA Tegra K1 plus layar IPS LCD dengan bentang 8 inci. Alhasil, Read More »