TOP News
Home » Tekno » Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

okein.com – Belum lama Google membangun kabel fiber-optik terpanjang di samudra Pasifik kini telah mendapat gangguan. Uniknya, kali ini gangguan tersebut berasal dari ikan hiu.

Seperti yang diwartakan dari The Verge (15/08/2014), Google terpaksa harus menambahkan lapisan kevlar di seluruh kabel-kabel internet super cepat tersebut. Tentunya hal ini tidak murah, pasalnya kabel fiber-optik yang berada di dasar samudra pasifik tersebut memiliki panjang mencapai 8000 kilometer. Kevlar didesain tidak hanya ampuh untuk bertahan dari serangan peluru, namun juga dari suhu beku samudra Pasifik.

Keputusan ini disampaikan oleh manajer proyek kabel ‘Faster’, Dan Belcher. Belcher mengungkapkan jiika penambahan kevlar sangat dibutuhkan untuk melindungi infrastruktur yang tengah dibangun di daerah trans-Pasifik dari serangan hiu.

Gigitan hiu mampu dengan mudah merusak kabel fiber-optik bawah laut, hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan untuk kabel tersebut terbuat dari kaca yang rawan pecah. Oleh karenanya, lapisan luarnya harus dilindungi oleh plastik, kemudian kevlar dan diakhiri dengan lapisan karet berbasis silikon.

Hiu sudah lama diketahui suka menggigiti kabel internet bawah laut dengan mengandalkan gigi mereka yang tajam. Pada tahun 1987 saja serangan hiu sudah mengakibatkan empat titik kerusakan pada sebuah jaringan kabel baru. Padahal, kabel tersebut baru selesai dipasang tahun 1985.

Gigitan ikan hiu terhadap kabel fiber-optik kembali ditemukan pada tahun 2010 lalu dan berhasil terkeam melalui sebuah video yang diunggah ke YouTube. Dalam video tersebut, diketahui hiu berukuran besar berusaha menancapkan giginya ke kabel fiber-optik sebelum akhirnya berenang menjauh.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Misterius, Cahaya Di Alam Semesta Hampir Hilang Seluruhnya

Misterius, Cahaya Di Alam Semesta Hampir Hilang Seluruhnya

okein.com – Jika bumi dipenuhi oleh cahaya dari matahari, maka alam semesta penuh dengan cahaya dari berbagai galaksi dan bintang. Akan tetapi saat ini terdapat fakta jika hampir seluruh cahaya tersebut hilang entah ke mana. Seperti dikabarkan dari Daily Mail (11/07), antariksawan dibuat bingung dengan fakta yang menunjukkan defisit cahaya yang masif di alam semesta, Read More »

Menarik! Mungkin Ini Planet Pengganti Bumi?

Menarik! Mungkin Ini Planet Pengganti Bumi?

okein.com – Belum lama ini tim ilmuwan dari para astronom Universitas Pennsylvania bersama lembaga terkait telah mempublikasikan jika terdapat sebuah planet yang mempunyai kandungan air layaknya di bumi. Tau Bootes, merupakan planet tersebut. Planet ini diketahui memiliki kandungan air yang bisa terdeteksi melalui atmosfer dari planet tersebut. Dengan ukuran planet sebesar Jupiter, Tau Bootes diketahui Read More »

Kotak-kotak, Bukan Lagi Jadi Gaya Windows 9

Kotak-kotak, Bukan Lagi Jadi Gaya Windows 9

okein.com – Windows 8 memang jadi kebanggaan Microsoft saat pertama kali hadir dengan mengusung tampilan modern UI yang bergaya kotak-kotak. Namun sepertinya gaya tersebut malah bakal disingkirkan pada Windows selanjutnya. Itulah isu terbaru yang santer jadi perbincangan di jagat maya. Konon, Windows 9 sang penerus Windows 8.1 bakal kembali ke tampilan desktop seperti pada Windows Read More »

Huawei Rilis Smartphone Murah Rasa Premium

Huawei Rilis Smartphone Murah Rasa Premium

smartphone – Huawei luncurkan Huawei Honor 3C yang bakal di bandrol dengan harga murah. Perusahaan smartphone asal China ini, sukses menggandeng Lazada sebagai patner penjualan mereka. Huwaei Honor 3C dipercaya jadi smartphone terkini dengan harga terjangkau. Handset ini juga telah dibalut dengan teknologi layar LTPS LCD display yang dapat menghemat penggunaan daya hingga 30 persen. Read More »