TOP News
Home » Tekno » Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar
Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

okein.com – Belum lama Google membangun kabel fiber-optik terpanjang di samudra Pasifik kini telah mendapat gangguan. Uniknya, kali ini gangguan tersebut berasal dari ikan hiu.

Seperti yang diwartakan dari The Verge (15/08/2014), Google terpaksa harus menambahkan lapisan kevlar di seluruh kabel-kabel internet super cepat tersebut. Tentunya hal ini tidak murah, pasalnya kabel fiber-optik yang berada di dasar samudra pasifik tersebut memiliki panjang mencapai 8000 kilometer. Kevlar didesain tidak hanya ampuh untuk bertahan dari serangan peluru, namun juga dari suhu beku samudra Pasifik.

Keputusan ini disampaikan oleh manajer proyek kabel ‘Faster’, Dan Belcher. Belcher mengungkapkan jiika penambahan kevlar sangat dibutuhkan untuk melindungi infrastruktur yang tengah dibangun di daerah trans-Pasifik dari serangan hiu.

Gigitan hiu mampu dengan mudah merusak kabel fiber-optik bawah laut, hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan untuk kabel tersebut terbuat dari kaca yang rawan pecah. Oleh karenanya, lapisan luarnya harus dilindungi oleh plastik, kemudian kevlar dan diakhiri dengan lapisan karet berbasis silikon.

Hiu sudah lama diketahui suka menggigiti kabel internet bawah laut dengan mengandalkan gigi mereka yang tajam. Pada tahun 1987 saja serangan hiu sudah mengakibatkan empat titik kerusakan pada sebuah jaringan kabel baru. Padahal, kabel tersebut baru selesai dipasang tahun 1985.

Gigitan ikan hiu terhadap kabel fiber-optik kembali ditemukan pada tahun 2010 lalu dan berhasil terkeam melalui sebuah video yang diunggah ke YouTube. Dalam video tersebut, diketahui hiu berukuran besar berusaha menancapkan giginya ke kabel fiber-optik sebelum akhirnya berenang menjauh.

Comments

Related Post

Waspada, Asteroid berukuran 3 kali ukuran bus bakal melintasi bumi

Waspada, Asteroid berukuran 3 kali ukuran bus bakal melintasi bumi

okein.com – Bumi, kembali mendapat ancaman dari benda langit yang ekstra besar. Dalam informasi terbaru diketahui terdapat sebuah asteroid yang tengah melesat dengan lintasan hampir sejajar dengan bumi. Asteroid yang memiliki kode nama 2014 DX110 ini konon memiliki ukuran sekitar 3 kali bus tingkat di Inggris atau dikenal dengan bus double decker yang diperkirakan bakal Read More »

Tak Lama Lagi, Smartphone Android anti sadap segera beredar

Tak Lama Lagi, Smartphone Android anti sadap segera beredar

okein.com – Maraknya penyadapan dalam dunia telekomunikasi, memaksa produsen pesawat terbang komersial asal Amerika Serikat, Boeing membuat ponsel anti penyadapan. Ponsel tersebut diklaim aman dari pantauan para agensi mata-mata pemerintahan. Seperti yang dikabarkan oleh Reuters (27/2), ponsel yang berjalan diatas sistem operasi Android ini didesain khusus bahan berwarna hitam dan anti rusak yang mampu mengakses Read More »

Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi dan Matahari

Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi dan Matahari

geoklik.com – Apabila Anda sempat merasakan ukuran matahari dalam beberapa hari yang mendekati tanggal 4 Januari 2013 ini melihat matahari nampak lebih besar mungkin ada benarnya. Karena pada hari Sabtu (4/1/2014) pukul 12:00 UTC merupakan masa di mana bumi dan matahari saling berdekatan. Seperti yang dikabarkan oleh Slate (4/1/2014), pada masa tersebut bumi berada pada Read More »

WhatsApp Punya Fitur Baru

WhatsApp Punya Fitur Baru

okein.com – Pengguna aplikasi WhatsApp tentu sudah tahu jika aplikasi chatting ini tidaklah gratis di tahun kedua. Supaya tetap bisa memakainya, terdapat fitur baru yang sudah dirilis oleh pihak WhatsApp bagi penggunanya. Untuk penggunaan dengan jangka waktu 1 tahun pertama, WhatsApp memang bisa digunakan secara gratis atau tidak dipungut biaya atas layanan miliknya. Akan tetapi, Read More »