Pelaksanaan Kurikulum Baru di Kab. Blitar Terkendala

Advertisement

okein.com – Pelaksanaan kurikulum baru di KAB. Blitar terkendala ketersediaan buku pelajaran. Sudah selama 2 pekan terakhir kurikulum baru 2013 diberlakukan termasuk di sekolah-sekolah di Kab. Blitar. Namun kendati sudah berjalan, pelaksanaannya masih terkendala ketersediaan sarana-prasarana pendidikan utamanya buku pelajaran.

Hal tersebut diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Blitar Totok Subihandono. Menurutnya hingga kini semua sekolah di Kab. Blitar belum mendapatkan bantuan buku kurikulum baru dari pusat. Misalnya saja untuk SMA dari 7 lembaga belum satupun mendapatkan dropping buku. Padahal 3 diantaranya masing2 SMAN Garum, SMAN Talun dan SMAN Kesamben, sudah ditunjuk sebagai sekolah pilot project.

Demikian juga dengan SMK yang tercatat ada 5 lembaga dan SMP 50 lembaga, tidak satupun yang menerima bantuan buku dari pusat. Totok sendiri belum dapat memastikan kapan pihak Kementrian Pendidikan akan mensitribusikan buku pelajaran tsb kepada sekolah. Mengingat hingga kini pihak sekolah hanya menerima CD yang berisi materi pelajaran kurikulum baru 2013, yang sementara dijadikan acuan untuk proses belajar-mengajar.

Di sisi lain menurut Totok dari segi SDM guru hampir semuanya sudah mengikuti pelatihan untuk penguasaan kurikulum 2013. Dari 8000 lebih guru di Kab. Blitar sudah 90 persen diantaranya yang menjalani pelatihan. (IY/Blitar)

Advertisement

Pelaksanaan Kurikulum Baru di Kab. Blitar Terkendala | Suci Wulandari | 4.5

Leave a Reply