TOP News
Home » Tekno » Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya
Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya

Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya

okein.com – Jika bumi dipenuhi oleh cahaya dari matahari, maka alam semesta penuh dengan cahaya dari berbagai galaksi dan bintang. Akan tetapi saat ini terdapat fakta jika hampir seluruh cahaya tersebut hilang entah ke mana.

Seperti dikabarkan dari Daily Mail (11/07), antariksawan dibuat bingung dengan fakta yang menunjukkan defisit cahaya yang masif di alam semesta, bahkan mencapai 80 persen. Hilangnya cahaya tersebut berhasil diketahui melalui salah satu teleskop terkuat saat ini, yakni Telescope Hubble.

Tim peneliti sudah menganalisis untaian hidrogen yang diyakini menjadi pengisi luar angkasa yang kosong. Tingkat kepadatan cahaya dapat diketahui jika untaian atom hidrogen yang melayang di alam semesta berubah menjadi ion hidrogen ketika dihantam oleh pancaran sinar ultraviolet.

Mereka mendapati jika jumlah hidrogen yang berubah jadi ion terlalu besar jika dibandingkan dengan jumlah cahaya yang ada. Bahkan perbedaan antara jumlah ion hidrogen serta cahaya yang ada terpaut mencapai 400 persen. Hasilnyapun tim tersebut menyimpulkan apabila cahaya-cahaya yang dulunya merubah atom hidrogen menjadi ion diperkirakan menghilang dari alam semesta.

Sumber cahaya yang dapat merubah atom hidrogen menjadi ion hidrogen diduga tidak hanya dari bintang atau quasar (objek mirip bintang) namun dari sumber lain yang kini masih belum diketahui.

Comments

Related Post

Penampakan Smartwatch Motorola mulai terlihat

Penampakan Smartwatch Motorola mulai terlihat

okein.com – Sebelumnya telah beredar kabar jika Motorola ingin mengembangkan sebuah jam tangan pintar yang nantinya akan ikut bersaing dengan para vendor besar. Belum lama ini muncul sebuah bocoran terkait perangkat smartwatch tersebut yang cukup menggemparkan. Dikabarkan dari Android Police (26/2), smartwatch Motorola ini telah menampakkan diri di jagat maya dengan konsep yang cukup sederhana. Read More »

Wow, Smartphone ini Bisa Isi Baterai Sendiri

Wow, Smartphone ini Bisa Isi Baterai Sendiri

okein.com – Pada umumnya smartphone memiliki baterai yang cenderung boros jika dibandingkan feature phone. Namun, smartphone Meridiist Infinite buatan perusahaan Swiss ini hadir menjawab kekurangan tersebut. Seperti dilansir Dailystar, Minggu (6/4/2014), Anda tak perlu jadi seorang jenius untuk mengetahui jika teknologi baterai smartphone yang ada saat ini, dinilai lebih boros. Smartphone Meridiist Infinite memiliki kemampuan Read More »

Tayyip Erdogan: Ancam blokir Facebook dan Youtube

Tayyip Erdogan: Ancam blokir Facebook dan Youtube

okein.com – Terkait munculnya video dan publikasi miring tentang pejabat-pejabat pemerintahan turki membuat Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan geram dan mengancam akan memblokir Facebook dan YouTube. Sebelumnya pemerintah setempat telah melakukan pemblokiran terhadap situs microbloging Twitter lebih dulu, dan tak lama lagi bakal disusul oleh Facebook dan YouTube Dikabarkan dari laman Mashable (20/03/2014) bahwa Erdogan Read More »

Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya

Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya

okein.com – Jika bumi dipenuhi oleh cahaya dari matahari, maka alam semesta penuh dengan cahaya dari berbagai galaksi dan bintang. Akan tetapi saat ini terdapat fakta jika hampir seluruh cahaya tersebut hilang entah ke mana. Seperti dikabarkan dari Daily Mail (11/07), antariksawan dibuat bingung dengan fakta yang menunjukkan defisit cahaya yang masif di alam semesta, Read More »