TOP News
Home » Tekno » Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya
Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya

Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya

okein.com – Jika bumi dipenuhi oleh cahaya dari matahari, maka alam semesta penuh dengan cahaya dari berbagai galaksi dan bintang. Akan tetapi saat ini terdapat fakta jika hampir seluruh cahaya tersebut hilang entah ke mana.

Seperti dikabarkan dari Daily Mail (11/07), antariksawan dibuat bingung dengan fakta yang menunjukkan defisit cahaya yang masif di alam semesta, bahkan mencapai 80 persen. Hilangnya cahaya tersebut berhasil diketahui melalui salah satu teleskop terkuat saat ini, yakni Telescope Hubble.

Tim peneliti sudah menganalisis untaian hidrogen yang diyakini menjadi pengisi luar angkasa yang kosong. Tingkat kepadatan cahaya dapat diketahui jika untaian atom hidrogen yang melayang di alam semesta berubah menjadi ion hidrogen ketika dihantam oleh pancaran sinar ultraviolet.

Mereka mendapati jika jumlah hidrogen yang berubah jadi ion terlalu besar jika dibandingkan dengan jumlah cahaya yang ada. Bahkan perbedaan antara jumlah ion hidrogen serta cahaya yang ada terpaut mencapai 400 persen. Hasilnyapun tim tersebut menyimpulkan apabila cahaya-cahaya yang dulunya merubah atom hidrogen menjadi ion diperkirakan menghilang dari alam semesta.

Sumber cahaya yang dapat merubah atom hidrogen menjadi ion hidrogen diduga tidak hanya dari bintang atau quasar (objek mirip bintang) namun dari sumber lain yang kini masih belum diketahui.

Comments

Related Post

Terlalu Ramping, Produksi iPhone 6 Terkendala

Terlalu Ramping, Produksi iPhone 6 Terkendala

okein.com – iPhone 6 yang dikabarkan segera meluncur akhir tahun ini bisa jadi tertunda. Hal tersebut lantaran sejumlah kendala yang dialami oleh mitra produksi yang dipercaya Apple. Yang mana desain iPhone 6 dinilai terlalu ramping jika dibanding iPhone 5S yang memiliki ketebalan 7,6 mm, sedangkan untuk iPhone 6 hanya memiliki ketebalan 7 mm. Kondisi tersebut Read More »

Di Kutub Utara Ternyata Pernah Hidup T-Rex mini

Di Kutub Utara Ternyata Pernah Hidup T-Rex mini

okein.com – T-Rex atau yang biasa kita kenal dengan Tyrannosaurus Rex adalah predator mengerikan yang sempat ada di zaman dinosaurus, hewan ganas yang satu ini ternyata tidak hanya hidup di daerah beriklim hangat saja. Namun T-Rex ini (T-rex mini) juga hidup di Kutub Utara. Seperti dikabarkan dari Guardian LV (13/3), dinosaurus spesies pygmy atau cebol Read More »

Tak Lama Lagi, Smartphone Android anti sadap segera beredar

Tak Lama Lagi, Smartphone Android anti sadap segera beredar

okein.com – Maraknya penyadapan dalam dunia telekomunikasi, memaksa produsen pesawat terbang komersial asal Amerika Serikat, Boeing membuat ponsel anti penyadapan. Ponsel tersebut diklaim aman dari pantauan para agensi mata-mata pemerintahan. Seperti yang dikabarkan oleh Reuters (27/2), ponsel yang berjalan diatas sistem operasi Android ini didesain khusus bahan berwarna hitam dan anti rusak yang mampu mengakses Read More »

Waspada, Asteroid berukuran 3 kali ukuran bus bakal melintasi bumi

Waspada, Asteroid berukuran 3 kali ukuran bus bakal melintasi bumi

okein.com – Bumi, kembali mendapat ancaman dari benda langit yang ekstra besar. Dalam informasi terbaru diketahui terdapat sebuah asteroid yang tengah melesat dengan lintasan hampir sejajar dengan bumi. Asteroid yang memiliki kode nama 2014 DX110 ini konon memiliki ukuran sekitar 3 kali bus tingkat di Inggris atau dikenal dengan bus double decker yang diperkirakan bakal Read More »