106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

Advertisement

okein.com – 30 Juni di 106 tahun yang lalu, jadi hari yang paling bersejarah. Pasalnya, pada hari itu, bumi dihantam salah satu meteor terbesar yang tercatat dalam sejarah modern.

Di tanggal 30 Juni tahun 1908 pagi, sebuah meteor dengan ukuran sangat besar jatuh dan menghantam sebuah daerah di Tunguska, Siberia. Alhasil, dari jatunya meteor tersebut berdampak sangat dahsyat, hingga terasa di 64 kilometer dari tempat tubrukan meteor di Tunguska.

Sampai saat ini hampir 1000 peneliti terjun langsung untuk meneliti tabrakan meteor tersebut. Bahkan, mereka juga belum bisa memastikan ukuran pasti dari meteor Tunguska. Namun mereka memperkirakan lebar dari meteor sekitar 60 hingga 190 meter.

Dengan perkiran lebar minimal yang hampir mencapai lapangan sepak bola, tak heran jika ledakan yang dihasilkan mencapai 30 megaton. Tingkat ledakan sebesar itu diperkirakan sama dengan dahsyatnya ledakan 1000 kali bom nuklir yang pernah dijatuhkan oleh Amerika Serikat di kota Hiroshima pada tahun 1945.

Ledakan meteor Tunguska juga telah membakar sekitar 80 juta pohon di area seluas 2.150 kilometer persegi dan terasa layaknya gempa bumi dengan berkekuatan 5 skala Richter. Jika saja Siberia adalah sebuah kota metropolitan, meteor Tunguska diklaim mampu meruntuhkan kota itu dalam waktu yang singkat.

Beberapa peneliti lain meyakini apabila ledakan Tunguska adalah dampak dari ledakan sebuah asteroid berukuran 6 sampai 10 kilometer yang lebih dulu jatuh ke bumi.

Menariknya, warga setempat percaya jika ledakan tersebut dikarenakan ‘kunjungan’ dewa Ogdy yang telah mengutuk daerah Tunguska dengan menghancurkan hutan dan membunuh berbagai binatang.

Advertisement

106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi | Suci Wulandari | 4.5

Leave a Reply