TOP News
Home » Tekno » 106 Tahun Yang Lalu Di Hari Ini, Meteor Tunguska Hantam Bumi

106 Tahun Yang Lalu Di Hari Ini, Meteor Tunguska Hantam Bumi

okein.com – 30 Juni di 106 tahun yang lalu, jadi hari yang paling bersejarah. Pasalnya, pada hari itu, bumi dihantam salah satu meteor terbesar yang tercatat dalam sejarah modern.

Di tanggal 30 Juni tahun 1908 pagi, sebuah meteor dengan ukuran sangat besar jatuh dan menghantam sebuah daerah di Tunguska, Siberia. Alhasil, dari jatunya meteor tersebut berdampak sangat dahsyat, hingga terasa di 64 kilometer dari tempat tubrukan meteor di Tunguska.

Sampai saat ini hampir 1000 peneliti terjun langsung untuk meneliti tabrakan meteor tersebut. Bahkan, mereka juga belum bisa memastikan ukuran pasti dari meteor Tunguska. Namun mereka memperkirakan lebar dari meteor sekitar 60 hingga 190 meter.

Dengan perkiran lebar minimal yang hampir mencapai lapangan sepak bola, tak heran jika ledakan yang dihasilkan mencapai 30 megaton. Tingkat ledakan sebesar itu diperkirakan sama dengan dahsyatnya ledakan 1000 kali bom nuklir yang pernah dijatuhkan oleh Amerika Serikat di kota Hiroshima pada tahun 1945.

Ledakan meteor Tunguska juga telah membakar sekitar 80 juta pohon di area seluas 2.150 kilometer persegi dan terasa layaknya gempa bumi dengan berkekuatan 5 skala Richter. Jika saja Siberia adalah sebuah kota metropolitan, meteor Tunguska diklaim mampu meruntuhkan kota itu dalam waktu yang singkat.

Beberapa peneliti lain meyakini apabila ledakan Tunguska adalah dampak dari ledakan sebuah asteroid berukuran 6 sampai 10 kilometer yang lebih dulu jatuh ke bumi.

Menariknya, warga setempat percaya jika ledakan tersebut dikarenakan ‘kunjungan’ dewa Ogdy yang telah mengutuk daerah Tunguska dengan menghancurkan hutan dan membunuh berbagai binatang.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Fitur Dan Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Terbaru

Fitur Dan Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Terbaru

Kabar terbaru hadir dari Sammobile terkait Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy A8. Menurutnya, Samsung segera merilis smartphone anyar yang diperkirakan Samsung Galaxy A8 (SM-A800F). Dikabarkan dari laman Phonearena, Selasa (14/4/2015), layaknya tiga ponsel pintar seri Galaxy A (Galaxy A3, Galaxy A5, dan Galaxy A7), Galaxy A8 ini dibalut dengan bahan logam. Galaxy A8 dikabarkan juga Read More »

Ini Dia Bocoran Spesifikasi BlackBerry Passport

Ini Dia Bocoran Spesifikasi BlackBerry Passport

okein.com – John Chen selaku CEO BlackBerry, sudah memamerkan BlackBerry Passport. Saat ini spesifikasi smartphone dengan tampilan unik ini pun juga sudah terungkap dan tak jauh berbeda dari dugaan sebelumnya. Dalam kabar sebelumnya diketahui BlackBerry Passport kemungkinan akan memiliki prosesor quad core besutan Qualcomm bertipe MSM8974 atau yang dikenal sebagai Snapdragon 800 dan penggunaan RAM Read More »

Ini Dia Bahaya Gadget Untuk Anak-anak

Ini Dia Bahaya Gadget Untuk Anak-anak

okein.com – Anak-anak masa kini lebih cenderung menyukai smartphone atau tablet ketimbang interaksi secara langsung. Kecenderungan terbawa arus kehidupan modern alih-alih ingin memberikan kesenangan pada anak, menghadirkan fasilitas lebih berupa barang-barang keren tetapi malah menjerumuskan mereka kedalam permasalahan baru. Menurut penelitian dari The American Academy of Pediatrics, dilansir oleh nydailynews.com. Dijamin jika Anda memiliki anak Read More »

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

okein.com – Belum lama Google membangun kabel fiber-optik terpanjang di samudra Pasifik kini telah mendapat gangguan. Uniknya, kali ini gangguan tersebut berasal dari ikan hiu. Seperti yang diwartakan dari The Verge (15/08/2014), Google terpaksa harus menambahkan lapisan kevlar di seluruh kabel-kabel internet super cepat tersebut. Tentunya hal ini tidak murah, pasalnya kabel fiber-optik yang berada Read More »