TOP News
Home » Tekno » 106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi
106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

okein.com – 30 Juni di 106 tahun yang lalu, jadi hari yang paling bersejarah. Pasalnya, pada hari itu, bumi dihantam salah satu meteor terbesar yang tercatat dalam sejarah modern.

Di tanggal 30 Juni tahun 1908 pagi, sebuah meteor dengan ukuran sangat besar jatuh dan menghantam sebuah daerah di Tunguska, Siberia. Alhasil, dari jatunya meteor tersebut berdampak sangat dahsyat, hingga terasa di 64 kilometer dari tempat tubrukan meteor di Tunguska.

Sampai saat ini hampir 1000 peneliti terjun langsung untuk meneliti tabrakan meteor tersebut. Bahkan, mereka juga belum bisa memastikan ukuran pasti dari meteor Tunguska. Namun mereka memperkirakan lebar dari meteor sekitar 60 hingga 190 meter.

Dengan perkiran lebar minimal yang hampir mencapai lapangan sepak bola, tak heran jika ledakan yang dihasilkan mencapai 30 megaton. Tingkat ledakan sebesar itu diperkirakan sama dengan dahsyatnya ledakan 1000 kali bom nuklir yang pernah dijatuhkan oleh Amerika Serikat di kota Hiroshima pada tahun 1945.

Ledakan meteor Tunguska juga telah membakar sekitar 80 juta pohon di area seluas 2.150 kilometer persegi dan terasa layaknya gempa bumi dengan berkekuatan 5 skala Richter. Jika saja Siberia adalah sebuah kota metropolitan, meteor Tunguska diklaim mampu meruntuhkan kota itu dalam waktu yang singkat.

Beberapa peneliti lain meyakini apabila ledakan Tunguska adalah dampak dari ledakan sebuah asteroid berukuran 6 sampai 10 kilometer yang lebih dulu jatuh ke bumi.

Menariknya, warga setempat percaya jika ledakan tersebut dikarenakan ‘kunjungan’ dewa Ogdy yang telah mengutuk daerah Tunguska dengan menghancurkan hutan dan membunuh berbagai binatang.

Comments

Related Post

Instagram, Hadirkan Layanan Bolt, One-tap Messaging

Instagram, Hadirkan Layanan Bolt, One-tap Messaging

okein.com – Tren one-tap messaging nampaknya kini mulai merambah ke Instagram. Layanan jejaring sosial untuk berbagi foto tersebut telah meluncurkan aplikasi yang disebut dengan Bolt ke beberapa pengguna secara terbatas. Bolt memang sengaja diciptakan untuk menyaingi aplikasi sejenis seperti Yo, TapTalk dan Snapchat. Dengan aplikasi Bolt, pengguna dimungkinkan untuk berbagi foto atau video dengan cepat Read More »

Tak Lama Lagi, Smartphone Android anti sadap segera beredar

Tak Lama Lagi, Smartphone Android anti sadap segera beredar

okein.com – Maraknya penyadapan dalam dunia telekomunikasi, memaksa produsen pesawat terbang komersial asal Amerika Serikat, Boeing membuat ponsel anti penyadapan. Ponsel tersebut diklaim aman dari pantauan para agensi mata-mata pemerintahan. Seperti yang dikabarkan oleh Reuters (27/2), ponsel yang berjalan diatas sistem operasi Android ini didesain khusus bahan berwarna hitam dan anti rusak yang mampu mengakses Read More »

Mawar Merah Diangkasa Jadi Bukti Kebenaran Al-Qur’an

Mawar Merah Diangkasa Jadi Bukti Kebenaran Al-Qur’an

Sekitar 14 abad yang lalu Allah telah berfirman dalam surat Ar-Rahman, jauh sebelum para ilmuwan NASA menemukan fenomena mawar merah diangkasa. Ketika sebuah bintang sudah habis masanya, maka akan meledak dan mati. Sisa ledakan bintang yang telah habis masanya tersebut berevolusi jadi kumpulan gas yang orang-orang moderen menyebutnya nebula. NASA, Badan Antariksa Amerika Serikat belum Read More »

Heboh, Ada Gubuk dan Kalajengking Raksasa di Planet Mars

Heboh, Ada Gubuk dan Kalajengking Raksasa di Planet Mars

okein.com – Planet Mars yang sering disebut juga Planet merah, memang kerap dikaitkan dengan keberadaan mahluk luar angkasa alien. Akhir akhir ini seorang pakar alien/ahli UFO, bernama Scott C. Waring yang berbasis di Taiwan, mengklaim terlihat adanya kalajengking raksasa berwarna merah di planet Mars. Hal tersebut diperkuat dengan bukti yang diyakininya sebagai foto asli dari Read More »