TOP News
Home » Tekno » 106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi
106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

okein.com – 30 Juni di 106 tahun yang lalu, jadi hari yang paling bersejarah. Pasalnya, pada hari itu, bumi dihantam salah satu meteor terbesar yang tercatat dalam sejarah modern.

Di tanggal 30 Juni tahun 1908 pagi, sebuah meteor dengan ukuran sangat besar jatuh dan menghantam sebuah daerah di Tunguska, Siberia. Alhasil, dari jatunya meteor tersebut berdampak sangat dahsyat, hingga terasa di 64 kilometer dari tempat tubrukan meteor di Tunguska.

Sampai saat ini hampir 1000 peneliti terjun langsung untuk meneliti tabrakan meteor tersebut. Bahkan, mereka juga belum bisa memastikan ukuran pasti dari meteor Tunguska. Namun mereka memperkirakan lebar dari meteor sekitar 60 hingga 190 meter.

Dengan perkiran lebar minimal yang hampir mencapai lapangan sepak bola, tak heran jika ledakan yang dihasilkan mencapai 30 megaton. Tingkat ledakan sebesar itu diperkirakan sama dengan dahsyatnya ledakan 1000 kali bom nuklir yang pernah dijatuhkan oleh Amerika Serikat di kota Hiroshima pada tahun 1945.

Ledakan meteor Tunguska juga telah membakar sekitar 80 juta pohon di area seluas 2.150 kilometer persegi dan terasa layaknya gempa bumi dengan berkekuatan 5 skala Richter. Jika saja Siberia adalah sebuah kota metropolitan, meteor Tunguska diklaim mampu meruntuhkan kota itu dalam waktu yang singkat.

Beberapa peneliti lain meyakini apabila ledakan Tunguska adalah dampak dari ledakan sebuah asteroid berukuran 6 sampai 10 kilometer yang lebih dulu jatuh ke bumi.

Menariknya, warga setempat percaya jika ledakan tersebut dikarenakan ‘kunjungan’ dewa Ogdy yang telah mengutuk daerah Tunguska dengan menghancurkan hutan dan membunuh berbagai binatang.

Comments

Related Post

Akhir 2014, Apple rilis Macbook dan monitor 4K

Akhir 2014, Apple rilis Macbook dan monitor 4K

okein.com – Akhir tahun 2014 nampaknya bakal jadi akhir tahun yang sibuk untuk Apple. Dimana, setelah dikabarkan segera merilis iPhone 6 dan iPad Air terbaru, kini Apple tengah mempersiapkan rencananya untuk menambahkan daftar rilis laptop andalan mereka. Walaupun mempunyai jadwal padat, Apple tetap melanjutkan usaha dalam menciptakan versi tipis dari Macbook Pro, yakni versi 12 Read More »

Ini Dia Bocoran Spesifikasi BlackBerry Passport

Ini Dia Bocoran Spesifikasi BlackBerry Passport

okein.com – John Chen selaku CEO BlackBerry, sudah memamerkan BlackBerry Passport. Saat ini spesifikasi smartphone dengan tampilan unik ini pun juga sudah terungkap dan tak jauh berbeda dari dugaan sebelumnya. Dalam kabar sebelumnya diketahui BlackBerry Passport kemungkinan akan memiliki prosesor quad core besutan Qualcomm bertipe MSM8974 atau yang dikenal sebagai Snapdragon 800 dan penggunaan RAM Read More »

Microsoft Tingkatkan Teknologi Baterai Smartphone

Microsoft Tingkatkan Teknologi Baterai Smartphone

okein.com – Microsoft mengklaim jika masa hidup baterai smartphone dapat diperpanjang dengan pengembangan software. Baterai smartphone ini kedepan diharapkan mampu bertahan hingga sepekan. Pada event MIT Technology Review’s Digital Summit minggu ini, peneliti Microsoft, Ranveer Chandra mengungkapkan jika dibutuhkan 15 tahun untuk meningkatkan kepadatan baterai. Daripada menanti lamanya pengembangan pada hardware, perusahaan tersebut berpikir untuk Read More »

Microsoft ingin membuat jam tangan digital

Microsoft ingin membuat jam tangan digital

okein.com – Sepertinya, jam tangan digital kini semakin ngetrend dan mulai banyak digemari oleh para vendor dan perusahaan pembuat barang-barang elektronik khususnya mobile. Kabarnya, Microsoft juga tertarik ke medan persaingan ini. Kabar terbaru diketahui bahwa Microsoft juga ingin memproduksi jam tangan digital seperti yang dibuat oleh para pesaingnya yakni LG, Google, Sony, Samsung dan banyak Read More »